Bagaimana Cara Merealisasikan Ide Usaha BUMDes?

shape image

Bagaimana Cara Merealisasikan Ide Usaha BUMDes?

Setelah BUMDes berasil menemukan wangsit usaha

Setelah BUMDes berasil menemukan wangsit usaha

Harus diakui memang dalam merealisasi sebuah ide usaha bukanlah suatu hal yang mudah. Maka tak mengherankan, jika sederetan ide usaha yang cermelang sering tak berguna karena tidak tahu cara mengembangkannya. Kondisi seperti ini tidak hanya dialami oleh bumdes pemula juga terjadi pada bumdes-bumdes yang sudah berkembang.

Untuk bumdes pemula, beberapa strategi usaha dibawah ini barangkali dapat menjadi referensi sebelum kegiatan usaha dilaksanakan di desa.

1. Review Ide Bisnis

Melakukan review ide bisnis adalah strategi pertama yang dapat ditempuh sebelum kegiatan usaha dijalankan. Buat riset pasar secara matang untuk mengetahui seberapa besar potensi keberasilan usaha dan seberapa besar omset yang bisa diraih dalam rentang waktu tertentu.

Hal lain yang perlu dilakukan review seperti seberapa besar resiko bisnis yang dijalankan, apakah pilihan ide usaha bumdes dapat mematikan usaha warga?

Kenapa ide bisnis bumdes perlu direview? karena ide yang didiskusikan bersama secara matang dan serius sering sukses saat dijalankan.

2. Penyusunan daftar kegiatan usaha

Menyusun daftar kegiatan pilihan usaha yang akan direalisasikan. Misalnya, jika pilihan usaha bumdes pengelolahan hasil paska panen. Rincikan fasilitas dan peralatan apa saja yang harus disediakan.

Berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk kegiatan pengolahan hasil paska panen, dimana tempat usaha yang strategis, dan apakah usaha ini didukung oleh sumber daya manusia yang ada di desa, dll.

3. Memperluas Jaringan Bisnis BUMDes

Setiap usaha yang dijalankan membutuhkan strategi pemasaran agar produk bumdes menjadi lebih besar. Karena itu, pikirkan siapa partner yang bisa dikerjasamakan dalam mengembangkan produk bumdes.

Sebab sehebat apapun sebuah desa, tetap memerlukan koneksi dan jaringan dengan pihak luar. Maka dari itu, Membangun Networking Desa tidak boleh disepelekan. Networking merupakan salah satu kekuatan bagi desa.

Penggunaan media daring (online) adalah pilihan strategi yang sangat jitu untuk mempromosikan potensi dan produk bumdes. Dengan fasilitas smart phone dan kecepatan akses internet yang begitu cepat, dalam hitungan detik produk desa sudah diketahui oleh masyarakat luar desa.

Demikian jawaban singkat atas pertanyaan, Bagaimana Cara Merealisasikan Ide Usaha BUMDes? Semoga bermanfaat.

© Copyright 2021 RAJANGIKLAN.COM

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang