Inilah Menu Buka Puasa Khas Orang Minang Selalu Dicari Perantau Anak Nagari Lokal Di Seluruh Dunia - JagoMarketing | Jasa Whatsapp Blast

Inilah Menu Buka Puasa Khas Orang Minang Selalu Dicari Perantau Anak Nagari Lokal Di Seluruh Dunia

Olahan hidangan orang Minang akan selalu terdepan lantaran banyaknya perantau anak nagari yang tersebar ke semua dunia, spesifik dalam ketika buka puasa akan selalu melihat apakah hidangan ini tersedia pada pasar buat melengkapi keseruan berpuasa di bulan suci Ramadhan ini. Menu buka puasa ini sangat disenangi sang penduduk lokal secara eksklusif akan mensugesti perantau buat mencari dimana penjual berada, walaupun terbatas pada belahan negara eksklusif terpaksa harus membuatnya sendiri demi memuaskan selera kuliner bundo kanduang yg nir akan pernah lekang memakai waktu. Apa saja sajian buka puasa khas orang Minang yang selalu tersedia pada kampung halaman sebagai surganya masakan orang Padang yang sebagai pilihan terbaik buat bersantap malam beserta famili, Plesirankotatua berasil menghimpunnya buat sanak urang awak semuanya.

I. Menu Ringan Buka Puasa.

Biasanya sajian ringan ini dalam waktu berbuka puasa selesainya meneguk air hangat pada bentuk air putih ataupun teh. Setelah ditambah memakai dua butir kurma menjadi awal berbuka bisa ditambah salah satu hidangan favorit lainnya orang Minang waktu berbuka.

LAMANG TAPAI KHAS MINANG.

Poto oleh: kopisenja.com

Menu sangat trandisional telah terdapat sejak dulu sebagai sajian yg telah melegenda bahkan termasuk hidangan terbaik dipilih di bulan puasa ini. Rasa manis adanya sedikit asam berdasarkan tapai ini sangat segar bila kondisi dingin menambah suasana berbuka waktu disantap menjadi nir sama. Bahan primer terbuat berdasarkan ketan hitam ini memang proses fermentasi secara alami menghasilkan kuah yang rasa spesial bercampur menggunakan lamang yg sudah dibuat beserta santan dimasak pada bambu. Paduan yg sangat harmonis ini sebagai destinasi kuliner bulan puasa berdasarkan generasi ke generasi sebagai akibatnya akan selalu dicara walaupun pada syarat pada perantauan.

KOLAK PISANG BIJI SALAK.

Poto oleh: cookpad.com

Olahan pisang kepok atau penduduk lokal menyebutnya pisang batu sebagai pilihan terbaik bercampur menggunakan gula aren beraroma pandan. Biasanya tambahan pelengkap buat satu porsi merupakan bulatan dari jenis umbi putih atau orange yg diklaim dengan biji salak menjadi paduan harmonis buat sebuah saajian panis saat berbuka puasa. Jangan hingga terlupakan jenis kolak khas Minang menjadi pelengkap buka puasa ini juga sanggup dibentuk menggunakan bahan sederhana contohnya santan kental, daun pandan, kayu cantik, gula aren, diaduk rata. Setelah merata dan matang siap tersaji.

BUBUR KAMPIUN.

Poto oleh: winnetnews.com

Jajanan olahan anak nagari asli Minang ini disajikan menggunakan adonan kolak pisang, bubur beras putih, ketan putih atau ketan hitam, disiram pergi menggunakan gula aren cair tersaji satu porsi bubur kampiun. Penjual masakan ini setiap hari memang tidak terlalu banyak lantaran masalah harga tetapi dalam bulan puasa Ramadhan ini banyak hadir penjual yang menjual menjadi hidangan berbuka. Rasa cantik

SARABI KHAS MINANG.

Poto oleh: kompasiana.com

Olahan dari tepung beras dengan santan ini mampu memberikan menu pilihan buka puasa dengan rasa manis dan gurih. Mirip dengan serabi Solo, Yogyakarta, ataupun Bandung hanya mirip bentuk Sarabi tetapi beda dengan tambahan siraman kuah santan dengan gula aren. Sebutan penduduk lokal Minang Sarabi ini telah hadir dari ide bundo kanduang zaman dulu membuat menu yang murah dibuat dan lezat rasanya. Di luar bulan puasa cocok sebagai menu sarapan pagi dan cocok pula untuk menu berbuka puasa.

GORENGAN KHAS MINANG.

Poto oleh: zonasedap.blogspot.co.id

Urang awak Minang juga dikenal gorengan khas nya yaitu perkedel kentang, perkedel jagung, pisang goreng, hingga olahan tepung terigu lainnya seperti bakwan, dan tahu tepung serta tahu berontak. Cocok sekali untuk menu buka puasa rasa pedas guring siraman saus sambal tentu pas sekali. Gurih dari bumbu dan krispi dari tepung ini telah menjadi pilihan terbanyak karena harganya terjangkau dan cukup banyak penjual yang menyediakan panganan ini.

JAJANAN KUE BASAH PASAR.

Poto oleh: kidalnarsis.blogspot.co.id

Jajanan pasar yang khas Minang yang diburu oleh perantauan adalah Lapek Sagan yang berbahan dasar pisang batu atau kepok bercampur dengan beras ketan, potongan kelapa muda, garam, dan bumbu rahasia lainnya dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus sampai matang. Di bulan puasa Ramadhan ini tentu bermunculan menu tradisional ini dengan banyaknya permintaan terutama untuk acara berbuka bersama. Ada juga jajanan pasar terkenal di Miang: lapek bugih, sala laluak, risoles, kue mangkuak manis, dan lainnya.

SEGARNYA MINUMAN AIA AKA.

Poto oleh: saribundo.biz

Sudah sangat dikenal bahkan banyak digunakan sebagai cara untuk menyingkirkan panas dalam selama berpuasa minum Aia Aka. Minuman segar yang khas Minang ini terbuat dari bahan dasar cincau yang dibuat secara tradisional ini dicampur dengan kuah santan serta perasa jeruk nipis siap memanjakan menu buka puasa anda di bulan Ramadhan ini. Walupun tidak banyak penjual Aia Aka ini di kota Padang tetapi penjual yang terkenal berlokasi di pertigaan Jalan Andaleh dan Jalan ke Kampus Unand Limau Manih.

ES BUAH SEGAR.

Poto oleh: pojokbisnis.com

Setiap daerah sudah tentu pasti ada menu es buah segar yang terdiri dari nanas, bengkoang, pepaya, kolang kaling, hingga tambahan potongan nangka tentu segar menyehatkan saat berbuka puasa. Menu seperti ini sudah pasti kesegarannya bahkan ada penjual di kota Padang memberikan tambahan sirup merek terkenal dengan rasa melon, cocopandan, hingga jeruk. Sajian ini pasti diincar sangat praktis serta harga sangat terjangkau untuk seluruh keluarga.

II. Menu Berat Makan Malam.

Menu berat khas Minang ini tentu tidak terlepas dari olahan santan dan hebatnya bumbu dapur untuk olahan masakan kampung halaman. Bumbu dapaur yang dipersiapkan ini bisa menjadi olahan masakan tumisan, balado, hingga gulai yang akan menggoyang lidah anda. Jenis masakan ini telah ada dari setiap generasi bahkan wajib terhidang di meja makan.

GULAI TAMBUSU.

Poto oleh: cookpad.com

Nama lain dari usus sapi yang dimasak dengan bumbu khas Padang terisi dengan kocokan telur bebek atau telur ayam yang telah dibumbui pula seperti bawang, kemiri, garam, serta santan. Setelah bahan ini siap maka usus sapi tersebut diisi dengan kocokan telur dan masing-masing ujung usus diikat dengan benang. Saat olahan ini lengkap siap dimasak dengan merebus terlebih dahulu agar usus dan telur menjadi matang. Setelah matang sempurna kemudian diceburkan ke kuah santan yang telah dimasak terpisah mirip gulai ini menjadi menu buka puasa yang gurih lezat dan bergizi tinggi.

GULAI GAJEBOH.

Poto oleh: saribundo.biz

Masakan ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga urang awak Minang, berbahan dasar daging sapi dan lemaknya ini tersaji berminyak memang lezat menyapu seluruh permukaan nasi panas. Daging sapi yang dipilih banyak lemak sebagai ciri khas bahkan perbandingan lemak lebih banyak daripada daging. Hasil olahan menu ini bisa tercipta dua variasi jenis seperti asam padeh gajeboh atau gulai gajeboh. Sama-sama lezat ingat jangan terlalu banyak santap jenis masakan ini karena kandungan lemak sangat tinggi, memang sangat lezat tetap akan mempercepat tingginya kolesterol dalam darah.

KALIO DAGIANG.

Poto oleh: selerasa.com

Penduduk lokal Minang membuat rendang yang masih dalam keadaan kecoklatan disebut dengan Kalio. Apabila Kalio ini dimasak terus sampai berubah warna agak kehitaman akan menjadi Rendang. Kalio masih terlihat seperti gulai yang mengental dan adanya sajian bumbu rempah yang masih basah telah bisa dinikmati dengan rasa yang khas. Tetapi di Pulau Jawa jenis menu Kalio ini juga disebut dengan rendang karena kesamaan bentuk tetapi sebernanya ada perbedaan dalam olahan masakan. Kalio tidak butuh waktu yang terlalu lama untuk tersaji sebagai menu berbuka puasa, beda dengan Rendang yang harus dimasak sampai bumbu dan santan mengering sehingga tidak ada lagi bumbu basah pada saat tersaji di meja makan.

SOTO PADANG.

Poto oleh: masakandapurku.com

Jenis menu ini juga telah hadir sebagai menu yang diburu untuk dinikmati pada saat buka puasa Ramadhan. Cocok di daerah yang berhawa sejuk ditambah dengan makanan panas tersaji dengan isian potongan daging sapi ataupun daging dendeng kering, perkedel kentang, bihun, serta diguyur dengan kuah kaldu sapi kaya rempah. Seporsi soto ini akan ditaburi dengan bawang goreng serta sambal balado merah sebagai toping pedas yang siang disantap.

SATE PADANG.

Poto oleh: foody.id

Siapa sangka menu yang sangat melegenda ini juga termasuk menu untuk berbuka puasa pasti menjadi masakan yang digemari berbagai usia. Tidak hanya di hari biasa sate dinikmati, di bulan yang penuh hikmah ini juga pas sebagai santapan buka puasa dengan jenis potongan daging sapi, jeroan, lidah, hingga kerang disiram kuah berbumbu tentu siap menggoyang lidah anda. Jenis sate Padang ini setiap daerah di Sumatera Barat tentu berbeda dalam kuah sate yang tersaji seperti kuahnya warna kuning dari kunyit, warna merah dari cabe dan kacang, serta warna kuah kehijauan dari rempah daun.

Dapatkan Info Produk Terbaru Kami

Masukan Alamat Email Kamu Disini

Gabung bersama media kami.