Resiko Bisnis Sewa Rental Mobil Serta Cara Jitu Atasi Permasalahannya - RAJANGIKLAN.COM | Jasa Iklan Adwords Situs Judi Online | Jasa Whatsapp Broadcast

Resiko Bisnis Sewa Rental Mobil Serta Cara Jitu Atasi Permasalahannya

Setiap bisnis yg akan dilakukan telah tentu niscaya akan diiringi dengan resiko termasuk usaha rental sewa kendaraan beroda empat. Resiko yg mungkin ada masih ada cara buat mengatasi dengan jitu

Poto oleh: aytrips.com

Plesirankotatua berhasil melakukan beberapa pengamatan terhadap bisnis dari rekan sejawat yang tentu ingin membagi sharing pengalamannya dimulai dari struktur organisasi internal yang berkualitas serta profesional hingga faktor eksternal yang akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Penelitian yang dilakukan ini harus memperhatikan unsur pokok yang akan mempengaruhi bisnis rental mobil itu sendiri yang saling berkaitan sehingga kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang tetap terjamin.

Di artikel yang tertulis ini akan memberikan rincian resiko yang akan mungkin timbul dalam bisnis sewa kendaraan telah sudah dirasakan oleh pebisnis profesional yang bisa menjadi guru yang baik bagi rekan yang ingin membuka bisnis ini sebagai tulang punggung ekonomi, berikut penjelasannya.

PENTING! Teliti Oknum Konsumen Lari Dari Tanggung Jawab.

Semua konsumen adalah raja tetapi ada oknum konsumen yang ingin memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan mereka dengan lari dari tanggung jawab terhadap mobil rental sebagai target utama. Banyak sekali masalah yang ditimbulkan dari oknum yang tidak bertanggung-jawab ini dengan berbagai kasus yang ditemukan oleh rekan kami seperti:

a. Konsumen tidak mau membayar rental sewa kendaraan.

b. Melangggar kesepakatan perjanjian yang telah dibuat.

c. Kendaraan tidak diawasi keamanannya seperti ditinggal di sembarangan tempat.

d. Mobil rental hilang tercuri oleh pihak lain.

e. Kendaraan rental anda digunakan untuk tindak pidana atau kriminalitas.

f. Pelanggan anda merusak kendaraan seenaknya tanpa ada rasa memiliki.

g. Fasilitas mobil di catut atau di rusak bahkan diganti dengan spart part palsu.

h. Kendaran yang disewa terjadi kecelakaan lalu lintas.

i. dst.

Keseluruhan kasus ini tentu banyak dirasakan oleh rekan kita yang telah menekuni bisnis sewa kendaraan ini dari tahun ke tahun. Manisnya uang Rupiah tentu harus diiringi dengan kepahitan yang harus dihadapi terhadap resiko yang akan muncul. Pengalaman adalah guru yang baik sehingga terbentuklah cara untuk mengatasi itu semua dengan cara ampuh untuk meminimalisir kerugian dengan manajemen perusahaan yang baik sehingga tercipta good corporate governance oleh pebisnis ini. Berikut cara mengatasinya:

I. ADMINISTRASI LENGKAP DAN KOMPREHENSIF.

Bisnis yang terkonsep harus memiliki bagian administrasi yang mempunyai keahlian lengkap serta konsep komprehensif menyeluruh. Sistem administrasi hal yang sangat mutlak bahkan sangat menolong suatu lini bisnis atau organisasi menjadi profesional. Begitu juga dalam bisnis yang memberikan jasa sewa kendaraan seperti ini harus memiliki sebuah bagian yang menjalankan misinya untuk mendapatkan seluruh informasi yang lengkap dari calon konsumen akan melakukan sewa rental kendaraan dimulai dari KTP/SIM/Kart Keluarga, apabila perlu anda harus datang langsung ke lokasi rumah konsumen anda bertempat tinggal.

II. NETWORKING YANG TINGGI.

Bisnis ini merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang harus memiliki networking tingkat tinggi atau disebut dengan bisnis yang banyak teman dan  pertemanan. Anda tidak bisa berdiri sendiri dan harus ada partner bisnis lain yang bisa saling bekerjasama seperti sesama pengusaha rental mobil ataupun kolega lain yang ada dibeberapa instansi. Manfaatnya sangat besar sekali dengan tercipta komunitas dari bisnis sejenis sudah pasti anda memiliki informasi tambahan dari sesama pebisnis rental mobil konsumen yang membutuhkan jenis kendaraan tertentu yang ingin di sewa. Networking tidak selalu dengan sesama pengusaha anda juga harus memiliki networking ke pihak berwajib seperti Polri serta TNI AD.

III. INVESTIGASI CALON PELANGGAN SEWA KENDARAAN.

Sebelum meneria pelanggan anda harus meneliti latar belakang pelanggan. Dengan canggihnya teknologi IT sekarang ini perusahaan anda juga telah bisa melakukan sistem sewa mobil dengan sistem online dangn platfor booking. Sistem online dan offline harus disatukan agar anda mendapatkan informasi yang akurat serta mengetahui konsumen anda dengan konsep "know your costumer" harus tetap berlanjut. Anda bisa melakukan wawancara dengan konsumen secara langsung, tujuan menyewa, serta pertanyaan yang mungkin bisa menjebak konsumen setelah ada sesi interview beberapa saat. Karena dengan melihat langsung konsumen anda ada insting tertentu apakah anda layak memberikan kunci mobil kepada konsumen ini atau tidak. Biasanya, dengan interview seperti ini bagi anda pemilik rental sudah pasti mengetahui konsumen yang benar-benar sebagai penyewa atau oknum. Harus berhati-hati menyikapi paling utama keputusan terakhir memang harus dari owner sendiri untuk menentukan konsumen rental mobil anda ini.

IV. UPDATE TEKNOLOGI KEAMANAN TERHADAP MOBIL.

Kecanggilan penemuan teknologi keamanan mobil telah tercipta yaitu sistem keamanan yang akan ditanamam pada mobil. Sistem keamanan ini sebagai chip yang bisa terkoneksi dengan internet untuk melacak di mana lokasi aset kendaraan anda berada. Untuk harga pasar sekarang ini dimulai dari harga IDR2jt - IDR3jt per satu unit. Dari segi harga memang cukup mahal apalagi anda memiliki kendaraan sewa lebih dari 10 unit berarti telah keluar biaya sebesar IDR20jt untuk teknologi keamanan mobil. Lebih baik anda mempersiapkan teknologi lacak ini daripada aset anda hilang lebih dari IDR 1M. Sistem keamanan ini bisa terkoneksi dengan jaringan internet 24 jam penuh, jadi anda bisa melakukan monitoring seluruh aset mobil anda.

V. KETAT DALAM MEMILIH KONSUMEN.

Tahap ini banyak dimulai dari salah memilih konsumen. Resiko bisnis rental mobil kurang ketatnya memilih konsumen yang tepat serta jujur dalam kerjasama. Kadang syarat-syarat pokok terlewatkan dengan masuknya uang sewa. Anda sebagai pemilik kendaraan jangan pernah salah pilih konsumen harus ketat dalam menentukan konsumen agar mobil rental yang tersedia tidak dibawa kabur oleh pelanggan. Ketat dalam hal syarat yang harus dilengkapi tetapi jangan terlalu ribet pula serta merepotkan konsumen . Tetap bijak pilih dan pilah mana yang paling utama.

VI. LAYANAN KONSUMEN.

Anda harus terkoneksi dengan layanan konsumen setiap saat. Sevice ini digunakan untuk konsumen yang telah melakukan sewa rental mobil dari perusahaan anda harus bisa terhubung jika butuh layanan lain apabila keadaan mobil yang anda sediakan mengalami kerusakan saat berada di perjalanan. Untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan memang harus membuka sebuah jalur khusus seperti WhatsApp yang bisa ada bentuk. Layanan ini sudah pasti akan meningkatkan performa perusahaan jasa anda yang selalu siap membantu 24 jam penuh.

Baca juga:

Bisnis Rental Sewa Mobil Skala Menengah Kebawah Dalam Tips Serta Solusi Permasalahan

Want to get Attractive Offer Info?