Tips Mudah Cara Hidup Irit Hemat Di Jerman - RAJANGIKLAN.COM | Jasa Iklan Adwords Situs Judi Online | Jasa Whatsapp Broadcast

Tips Mudah Cara Hidup Irit Hemat Di Jerman

Merantau di negeri orang memang sangat jauh tidak selaras di negeri sendiri apalagi pada Jerman harus mengencangkan ikat pinggang buat cara hayati hemat dan ekonomis menjadi cara jitu buat mampu mengumpulkan uang buat mampu digunakan menjadi modal aktivitas lain dalam masa yg akan datang. Semua aktifitas yg anda lakukan di Jerman jika tidak bisa mengerem impian mampu kebablasan, bila cita rasanya nir perlu melakukan kegiatan pada luar usahakan anda melakukan aktifitas ini dalam loka tinggal atau kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Apalagi seorang pelajar ataupun seorang pekerja dari Indonesia yg berkesempatan tinggal ad interim disana harus pandai -pandai mengeluarkan uang supaya permanen bisa stabil kehidupan setiap bulan tanpa harus khawatir jumlah uang ditangan

Poto oleh: picturesofmoney.org

Sekilas Kehidupan Jerman.

Kehidupan di Jerman memang lebih mahal dibandingkan dengan kehidupan di DKI Jakarta karena biaya hidup per hari saja tentu sangat berbeda apalagi anda harus memikirkan uang sewa tempat tinggal, biaya makan, biaya kehidupan sehari-hari, hingga biaya transportasi. Setiap kota di Jerman tentu berbeda biaya hidupnya dengan kota lain, semakin padat suatu kota semakin tinggilah tingkat biaya yang akan anda keluarkan. Tetapi jika hal tersebut harus dilakukan anda memang harus melakukan ekstra hati-hati untuk memegang uang agar tetap safety selama tinggal di Jerman.

1. Anda Harus Bisa Memasak.

Kebutuhan pokok makan ini harus anda lakukan apalagi jenis menu masakan. Mungkin tidak semua menu masakan yang ada di Jerman bisa anda konsumsi dengan lahapnya seperti di Indonesia, jika menu tersebut tidak ada di Jerman mau tidak mau anda harus bisa memasak untuk mewujudkan sebuah menu yang anda sukai. Untuk makan diluar saja anda harus mengeluarkan biaya minmal Euro 4-6 untuk satu porsi saja misalnya olahan mie. Apabila anda memasak di rumah anda tidak mengeluarkan uang sebanyak itu, hanya dibutuhkan mie kering, sayur, dan bumbu lainnya tidak sampai Euro 2 itupun anda sudah mendapatkan stok yang sudah banyak dan bahkan bisa membuat hampir 3-4 porsi. Jadi pastikan anda harus bisa berkreasi dengan bahan yang tersedia di supermarket Jerman dan bisa membuat menu tersebut sesuai dengan selera anda.

Baca juga:

Tips Mudah Mencari Produk Dan Makanan Halal Di Jerman

2. Gabung Komunitas Gratis Jerman.

Anda harus selalu pintar-pintar untuk menyikapi uang keluar agar bisa tetapi hemat irit selama hidup di Jerman. Grup komunitas yang selalu memberikan barang secara cuma-cuma alias gratis bisa anda manfaatkan untuk melengkapi kehidupan anda. Anda tak usah gengsi atau malu karena hal ini banyak dilakukan oleh penduduk Indonesia yang berkesempatan hidup di Jerman seperti grup FB "Free Your Stuff Hamburg". Secara berkala mereka akan selalu memberikan informasi bahwa ada beberapa barang yang diberikan secara gratis seperti handphone, perabot, sofa, asesoris, fashion, dan lainnya. Tetapi yang harus diperhatikan adalah anda harus cepat tanggap untuk menyikapi informasi ini agar tidak didahulukan oleh member lain untuk mendapatkannya. Pastikan pola tata cara pengambilan bisa di kirim atau di jemput sendiri barang yang diberikan secara gratis.

3. Adanya Menu Gratis Institusi Jerman.

Hampir sama kasusnya di poin nomer dua, ada juga member memberikan informasi bahwa ada komunitas yang khusus membagikan makanan dan minuman yang berlebih pada suatu institusi di Jerman seperti Ibu Rumah Tangga yang memberikan makanan berlebih dari supermarket, kantin sekolah, ataupun sebuah cafe yang harus dibagikan secara gratis secepatnya. Anda bisa bergabung di grup FB "Food Sharing" dan pastikan lokasi tempat tinggal anda tidak terlalu jauh dari tempat mereka. Khusus bagi anda yang ingin mendapatkan makanan dan minuman yang halal pastikan food sharing tersebut sesuai dengan kriteria anda inginkan. Untuk kualitas makanan masih terjamin bagus dan masih layak dikonsumsi.

4. Nongkrong Tidak Selalu Mahal.

Banyak sekali spot menarik di Jerman yang bisa anda lakukan aktifitas murah irit dan hemat seperti taman kota serta alun alun yang sangat bisa anda manfaatkan. Tentu kegiatannya tidak seperti di cafe ada makanan dan minuman tetapi anda bisa mewujudkannya dengan membawa bekal selama melakukan nongkrong disana. Kegiatan yang bisa anda lakukan cukup banyak seperti menikmati suasana kota, duduk di taman sambil membaca buku, ataupun melakukan kegiatan olah raga. Tentunya kondisi tempat publik di Jerman sangat mumpuni untuk dilakukan karena rapi, tertata, bersih, dan pastinya aman.

5. Kunjungi Pasar Tradisional atau Pasar Loak.

Jangan salah, di Jerman ada pasar loak dan pasar tradisional untuk mendapatkan segala kebutuhan anda di sana bisa juga anda lakukan. Terkenal dengan nama Flohmarkt atau Flea Market yang tersebar di seluruh Jerman. Pasar ini banyak sekali dikunjungi oleh penduduk lokal bahkan traveler seluruh dunia untuk mencari benda yang mereka butuhkan dengan harga murah. Kondisi barang sudah pasti asli dan bermerek dengan harga yang bisa anda tawar sehingga hal ini sangat menarik. Untuk barang palsu tidak diijinkan masuk karena itulah peraturannya. Waktunya tidak setiap hari melainkan di hari tertentu saja seperti akhir pekan.

Baca juga:

Kunjungi 10 Pasar Di Jerman Kesukaan Traveler Indonesia

6. Manfaatkan Even Exibition Jerman.

Jika anda ingin mendapatkan acara umum penduduk lokal Jerman bisa anda lakukan bahkan ada yang gratis. Kegiatan ini bisa anda lakukan sendiri ataupun komunitas anda disana seperti “Lange Nacht der Museen”. Untuk harga Euro 10 anda bisa mengunjungi seluruh museum yang ada di Jerman terutama di Hamburg. FYI, satu museum saja fee masuk saja sudah Euro 10, jika anda ikut dalam program ini anda bisa menikmati keseluruhan museum yang ada disana. Pastikan kegiatan ini tidak luput dalam agenda anda nanti.

7. Acara Kegiatan Kampus.

Khusus pelajar yang pastinya sangat berhemat selama hidup di Jerman sudah sangat familiar dengan kegiatan ini. Secara berkala biasanya di Universitas ada informasi dilakukan makan gratis yang akan dilaksanakan oleh organisasi atau komunitas dari masing-masing negara. Komunitas ini biasanya dari mahasiswa yang melakukan studi di Jerman di Universitas yang tempat anda join. Kalau sebagian orang berpendapat kok segitunya, namanya hidup berhemat ya harus anda hilangkan malu sedikit dan pastikan anda memiliki teman dari seluruh negara agar bisa mengikuti acara ini selama anda melakukan studi.

8. Komunikasi, Internet, Listrik, Air, dan Gas.

Sebaiknya anda memperhatikan masalah komunikasi dan internet yang sudah mulai hal primer untuk seluruh kegiatan. Pastikan tempat tinggal anda adanya internet sharing inklusif yang termasuk dalam sewa setiap bulan. Cara ini sangat bisa menghemat anda untuk biaya sebulan. Hal yang sangat primer lainnya seperti listrik, gas, dan air sebaiknya mendapatkan inklusif atau termasuk dalam biaya sewa. Khusus mahasiswa memang harus mendapatkan informasi ini agar uang yang anda dapatkan sebulan itu cukup bahkan bisa berlebih selama anda hidup di Jerman.

9. Shopping Belanja Harian.

Anda sebaiknya mencari supermarket yang memiliki program belanja murah untuk produk pilihan tertentu. Biasanya program ini selalu ada untuk produk sayuran, buah, roti, dan lainnya. Untuk harga normal barang-barang ini cukup mahal dan anda jangan terlewatkan untuk membeli kebutuhan harian lainnya dalam harga khusus.

10. Jika Memungkinkan Part Time Job.

Memang inilah cara yang terbaik untuk mendapatkan uang tambahan selama hidup di Jerman. Anda harus melakukan part time job apapun bentuknya asalkan terhormat mendapatkan gaji. Kerja yang bisa anda lakukan kerja di restoran, tukang kebun, house keeping, pengasuh anak, dan lainnya. Kegiatan ini sudah banyak dilakukan oleh penduduk Indonesia yang tinggal sementara di Jerman dan bayarannya cukup lumayan per jam. Jika anda telaten dan rutin melakukan pekerjaan ini anda bisa menabung sekian tahun bisa mendapatkan modal uang sebelum kembali ke Indonesia. Kegiatan part time job ini biasanya anda mendapatkan fasilitas makan dan minum dari pemberi kerja dan bisa menjadi cara jitu anda untuk berhemat.

Want to get Attractive Offer Info?