Apa Yang Harus Dilakukan Pilot Sebelum Menerbangkan Pesawat Terbang? - RAJANGIKLAN.COM

Apa Yang Harus Dilakukan Pilot Sebelum Menerbangkan Pesawat Terbang?

Apabila anda melihat seseorang pilot pesawat telah tentu niscaya profesi yg sangat banyak peminatnya khususnya anak muda yang memiliki ketertarikan bidang penerbangan & tentu pastinya mempunyai masa depan yg relatif cerah. Untuk mendapat hal itu semua butuh proses yang sangat panjang supaya bisa menjadi seorang kapten pesawat udara mempunyai kewenangan penuh terhadap seluruh yg berhubungan dengan pesawat yg akan akan sebagai tanggung jawabnya saat terbang nanti. Dengan pengalaman yg relatif dan skill yang memadai tentu saja menerbangkan pesawat ini akan menjadi sebuah prestasi yang diakui secara institusi & diakui pula dari segi akademisnya.

Poto oleh: republika.Mk

Oleh karenanya semua alur proses yang panjang itu akan selalui dilakukan test secara berkala buat mengukur kestabilan seseorang pilot untuk bertugas agar terlihat secara parameter memang mempunyai kapasitas baik & mempunyai nilai yang telah distandarkan oleh peraturan yg berlaku. Dengan cara contohnya inilah maka pilot sanggup melakukan seluruh aktifitas terbangnya waktu bertugas & wajib memperhatikan apa saja yang dilakukan sebelum pesawat ini akan take off menggunakan beberapa aktivitas krusial agar semua standar layak terbang sudah dilakukan sang seorang pilot yang berpengalaman.

Baca pula:

Daftar Rinci Sekolah Penerbangan Khusus Pilot: Alamat, Telepon, Website, Email, dan Biaya Masa Study

CEK KESEHATAN RUTIN DAN BERKALA.

Sebelum terbang pilot yg ditugaskan untuk melakukan penerbangan akan dilakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu dimana kesehatan adalah faktor yang terpenting buat mengetahui syarat seorang pilot dalam saat itu menggunakan output yg baik. Dengan hasil yang baik dan terukur ini maka dipengaruhi apakah seorang pilot ini akan layak buat terbang atau nir sama sekali. Apabila hasil yg terekam medisnya tidak sinkron menggunakan baku maka pilot yang ditunjuk nir boleh terbang

CEK JUMLAH TOTAL PENUMPANG PESAWAT.

Seorang pilot harus mengetahui berapa jumlah penumpang yang akan menaiki pesawat yang akan menjadi tanggung jawabnya saat take off nanti. Untuk pengecekan jumlah penumpang pesawat ini bisa didapatkan dari seorang awak kabin atau pramugari yang bertugas saat itu. Pastikan seluruh penumpang sudah di kursi masing-masing dan sudah dipastikan tidak ada di kamar kecil atau rest room pesawat. Seluruh proses penting lainnya untuk keselamatan pesawat telah dilakukan seperti seluruh smartphone sudah switch off selama penerbangan nanti.

CEK KONDISI PESAWAT SEBELUM TERBANG.

Pilot harus melakukan pengecekan kondisi pesawat sebelum terbang, saat sekarang ini memang sudah ada ground staff yang membantu tata laksana lapangan tetapi pilot harus memastikan selutuh pengecekan penting ini sudag terlaksana dengan sempurna. Untuk pengecekan ulang seorang pilot harus memastikan kondisi mesin pesawat, kedua sayap, kondisi bahan bakar, pintu pesawat, hingga seluruh alat keselamatan penumpang dan lainnya sudah ready dan kondisi siap terbang. Persiapan ini sudah tentu masuk dalam syarat penting dari masing-masing airline dengan beberapa dokumen hitam dan putih yang telah ditandatangani oleh seorang pilot dan pejabat yang berwenang saat penerbangan akan dimulai.

Ada beberapa dokumen yang harus masuk dalam pengecekan ulang oleh seorang pilot:

#1. Seorang pilot harus mendapatkan informasi cuaca dari staf penerbangan lainnya pastinya akan mendapat briefing dari pejabat terkait saat waktu keberangkatan. Apabila cuaca dalam kondisi baik makan pesawat layak terbang, jika tidak makan keputusan pesawat untuk walk around menjadi alternatif sampai suasana menjadi lebih baik.

#2. Pilot harus meneliti seluruh check list electrical power up pesawat.

#3. Pilot melakukan pre elemenary preflight sehingga mendapatkan informasi penting saat pesawat akan berangkat.

#4. Memasukan flight plan ke komputer atau CDU preflight.

#5. Pastikan semua tombol yang ada di kemudi sudah pada tempat yang semestinya.

#6. Pilot melakukan taxy and take off breafing.

#7. Sebelum pilot melakukan checklist sudah menyiapkan start mesin.

#8. Dan seterusnya.

KOMUNIKASI DENGAN MENARA PENGAWAS {ATC}.

Pilot harus melakukan komunikasi dengan petugas menara pengawas ATC karena dengan cara ini seorang pilot mengetahui bahwa pesawat sudah diizinkan take off setelah mendapatkan panduan untuk segera masuk ke landasan pacu.

Saat menerbangkan pesawat memang pilot dibantu oleh seorang co-pilot saat akan melakukan take off tetapi anda sebagai pilot atau kaptennya sudag tentu pasti harus memahami seluruh panel, tombol di kemudi dan memastikan seluruh panel tersebut sudah sepatutnya diketahui posisi yang sebenarnya. Semua dokumen resmi penerbangan yang dipersiapkan harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya agar seluruh dokumen penting ini sudah termasuk SOP internal dan eksternal terkait. Hal yang sangat penting adalah kesehatan pilot harus prima tidak ngantuk dan lelah dan akan memberikan kenyamanan perjalanan dan agar selamat selama perjalanan nanti.

Baca pula:

Profesi Pekerjaan Pilot Pesawat Komersial Sipil: Gaji Besar Hak Dan Tanggung Jawab Besar Untuk Sebuah Karir Cemerlang

Jasa Pasang Iklan Banner Situs Judi Online Tampil di 150 Domain dan Blog PBN Murah & Terpercaya

Dapatkan Info Produk Terbaru Kami

Masukan Alamat Email Kamu Disini

Gabung bersama media kami.