News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Panduan Tata Cara Legkap Dan Tips Mendaki Gunung Sibuatan Sumatera Utara Indonesia

Panduan Tata Cara Legkap Dan Tips Mendaki Gunung Sibuatan Sumatera Utara Indonesia

Saat terjadinya erupsi Gunung Sinabung membuat para pecinta alam beralih ke Gunung Sibuatan Sumatera Utara Indonesia untuk menyalurkan ekspedisi mendaki gunung yang sudah masuk dalam musim cuti liburan kali ini. Memang Gunung Sibuatan tidak setenar dari Gunung Sinabung tetapi jangan salah ada pesona tersendiri yang tersimpan di gunung ini. Pesona ini lah yang menjadi fenomena yang telah menghipnotis para pendaki gunung ingin melakukan eksplor treking yang cukup unik tentunya anda calon pendaki gunung harus mempunyai informasi yang cukup sebelum anda membuat itinerary perjalanan pendakian gunung sangat mempesonakan mata serta ingin menyatu dengan alam. Tulisan plesirankotatua.blogspot.com ini menjelaskan bagaimana panduan tata cara lengkap,budget biaya per orang,  dan tips mendaki Gunung Sibuatan Sumatera Indonesia yang harus dilakukan oleh para pendaki untuk ekspedisi daki gunung.

Poto oleh: indonesiatravelmagazine.com

SEKILAS GUNUNG SIBUATAN SUMATERA UTARA.

Gunung Sibuatan terletak pada lokasi alamat kecamatan Merek, Kabupaten Karo Sumatera Utara yang tentu sebagian pendaki masih sedikit asing bila dibandingkan menggunakan Gunung Sinabung. Menurut penduduk lokal gunung ini terakhir erupsi lebih kurang tahun 2013.

PERJALANAN DIMULAI.

Untuk melakukan perjalanan mendaki Gunung Sibuatan diawali dengan melakukan perjalan dari Terminal Amplas dengan angkutan kota. Disinilah awal keberangkatan yang harus dilakukan oleh para pendaki dengan cara backpacker rombongan atau tim pecinta alam. Setelah sampai di Terminal Amplas Medan Sumut ini estafet menggunakan bus angkutan antar kota menuju ke Kabupaten Karo. Rute perjalanan Medan -> Brastagi -> Kabanjahe. Setelah perjalanan sampai di Terminan Kabanjahe estafet kembali menggunakan angkutan desa menuju ke Desa Nagalingga, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

FORMULA RUTE PERJALANAN KE GUNUNG SIBUATAN SUMUT INDONESIA.

Terminal Amplas Medan {menggunakan bus angkutan angtar kota} -> Brastagi -> Kabanjahe -> Desa Nagalingga Merek, Kabupaten Karo {menggunakan angkutan desa} -> Gunung Sibuatan.

Baca juga:

Cara Mendaki Gunung Agar Tidak Cepat Cape Lelah Letih

PENDAKIAN GUNUNG SIBATAN SUMUT DIMULAI.

Perjalanan sudah sampai di Merek tepatnya di Desa Nagalingga anda harus melapor ke Pos Registrasi Gunung Sibuatan dan wajib dilakukan. Semua aktifitas keluar masuk pendaki bermula di tempat ini dan semua peraturan  mengikat seluruh pendaki tanpa ada kecualinya. Lokasinya sangat mudah ditemukan tepat sekali di pinggir jalan utama lintas Medan-Sidikalang. Untuk biaya retribusi sebelum memasuki treking pendakian IDR10.000 per orang, dan setiap pendaki harus mengisi buku registrasi yang telah disediakan oleh petugas dan harus diisi dengan lengkap dan benar, pastikan anda harus mengisis nomer telepon minimal Hp keluarga. Dan kadang petugas mengharuskan pendaki untuk meninggalkan kartu identitas jika dirasa perlu.

Setelah semua lengkap semua persyaratan yang diminta telah anda serahkan semua makan perjalanan mendaki Gunun Sibuatan sudah siap dimulai. Saat anda melangkah menuju ke kaki gunung atau di pos pendakian menghabiskan waktu -/+ 30 menit. Perjalanan ini tentu sangat mempesona mata karena anda akan melewati pertanian masyarakat setempat khususnya sayuran, setelah terlihat pohon besar dan pertanian penduduk lokal ini ada sebuah pondok terlihat berada di sekitar pohon rindang, inilah pos pendakian Gunung Sibuatan.

Setelah memasuki pos pendakian ini anda dan rombongan akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas terutama tas ransel, carrier atau backpack serta semua perlengkapan yang dibawa akan dicatat dengan rinci. Pemeriksaan petugas ini agar para pendaki menjaga kelestarian kebersihan lingkungan untuk tidak membuang sampah di sekitar gunung dan saat setelah turun dari gunung anda akan diperiksa kembali. Jika kenyataannya anda dan rombongan tidak membawa sampah itu kembali maka petugas akan mengenakan denda yang cukup besar. Jadi jangan sekali-kali anda membuang sampah sembarangan dan saat pemeriksaan tidak ada ditemukan maka pemerintah akan menjatuhkan hukuman denda. Pemeriksaam ini petugas akan meneliti berapa lama anda melakukan perjalanan dan disesuaikan dengan barang bawaan yang dibawa terutama logistik yang menggunakan bahan plastik dan lainnya. Pastinya, saat pemberitahuan briefing dan peraturan disampaikan di pos pintu rimba. Jam berapa paling telat sampai di pos dan anda harus mengikutinya.

Baca juga:

Makanan Harga Murah Dan Sehat Sebagai Bekal Khusus Untuk Mendaki Gunung

Semua persyaratan untuk mendaki Gunung Sibuatan Sumut telah anda lengkapi dan patuhi saat menuju ke pintu rimba sebaiknya sebelum siang, lebih direkomendasikan sekitar pukul 07:00 - 08:00 pagi. Pastikan seluruh perlengkapan penting selama treking daki gunung telah anda siapkan sempurna tidak ada yang tertinggal seperti air minum untuk seluruh rombongan. FYI, sumber air di sepanjang treking perjalanan tidak ditemukan, jumlah cukup harus anda hitung disesuaikan dengan jumlah rombongan yang akan ikut melakukan ekspedisi pecinta alam daki Gunung Sibuatan.

Dari pintu rimba telah melakukan warming up tubuh agar tidak cedera. Shelter yang akan anda temukan sekitar 5 shelter dimana masing-masingnya keunikan masing-masing. Memulai perjalanan anda telah melihat pohon besar telah menyambut kedatangan anda ya seperti kaki gunung pada umumnya.

SHELTER 1 ke SHELTER 2.

Dari pintu rimba ke shelter 1 dibutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan, setelah istirahat sejenak anda harus segera sampai ke shelter 2 dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan. Di sekitar shelter ini para pendaki akan melihat pohon besar yang terlihat lumut bergelantungan cukup tebal ini yang merupakan ciri khas hutan tropis yang mirip dengan pohon yang ada di Gunung Singgalang Sumbar.

SHELTER 2 ke SHELTER 3.

Setelah sampai di shelter 2 akan menuju ke shelter 3 dan harus mempersiapkan fisik dan menempuh perjalanan treking selama 3 jam. Waktu ini sebenarnya disesuaikan dengan kondisi fisik para pendaki karena di treking ini sudah terlihat berat dan rutenya cukup menguj fisik. Perjalanan yang berat ini tentu saja sangat menguras tenaga dan rekomendasi terbaik adalah di shelter 3 ini lah tempat terbaik untuk makan siang. Anda dan rombongan dapat menikmati bekal makan siang bersama-sama.

SHELTER 3 ke SHELTER 4.

Makan siang telah selesai saatnya perjalanan harus dilanjutkan kembali. Jalur ini akan terlihat pesona hutan hujan tropis telah terasa sekali. Tanah yang banyak lumpur, lumut yang cukup tebal sampai dengan 50 cm terlihat. Jadi, walaupun udara terasa dingin akan terasa sejuk di kulit. Treking yang penuh dengan lumpur pastikan anda memakai sepatu yang mempunyai stamina khusus untuk daki gunung. Pakai jenis bahan yang non waterproof agar tidak terjadi basah dan akan mempengaruhi berat langkah dan pijakan. Suasana yang akan anda rasakan adalah ritme perjalanan yang berat dimulai dari merangkak, melompat, memanjat, hingga terjadi basah kuyub akan menjadi rintangan tambahan. Jika anggota rombongan dapat melangkah cepat maka anda akan bahu membahu untuk seret-seretan untuk sampai ke shelter terakhir. Ini lah nyali perjalanan daki Gunung Sibuatan yang dikangeni oleh para pendaki dengan kompak dan bersama-sama menghadapi rintangan.

Baca juga:

Tips Mudah Mencari Memilih Sepatu Trekking, Hiking, Camping, Mendaki Gunung Terbaik Sepanjang Masa

SHELTER 4 ke SHELTER 5.

Setelah istirahat sejenak melepas lelah yang menguras tenaga saatnya perjalanan menuju ke shelter 5 dimulai. Lama perjalanan +/- 1 jam perjalanan dengan treking menanjak dan rombongan harus awas untuk berpegangan dengan ranting dan pohon yang kuat. Stamina kuat dan sehat mulai lagi diuji di jalur ini. Tujuan ke shelter 5 ini merupakan tempat yang direkomendasikan untuk mendirikan tenda bermalam atau menginap. Lapangan luas ya mirip seperti puncak yang terdapat Tugu Satya.

PENTING! memang sebelum memasuki shelter 5 ini ada kawasan datar yang cukup luas bernama pintu angin lokasinya sekitar tugu penghormatan Mapragatwa. Tanah luas yang mempunyai pemandanan yang sangat fenomenal indahnya dengan bukit hijau, jangan terkecoh dengan lokasi ini dan jangan pula mendirikan tenda di area ini. Karena lokasi ini cukup beresiko karena pintu angin tentu hembusan angin sangat tinggi di area ini dakan memberikan efek fatal terhadap ekspedisi perjalanan nanti. Udara sangat dingin dan bisa saja tenda anda beterbangan saat angin berhembus kencang jadi direkomendasikan anda harus menuju ke shelter 5 jaraknya tidak terlalu jauh dari area cantik indah ini yang telah disediakan oleh petugas.

PILAR.

Setelah anda bermalam dan menginap di shelter 5 saatnya menuju ke Pilar. Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan. Jangan memaksakan diri jika tubuh terasa letih dan lelah menginap di shelter 5 dan keesokan paginya anda bisa melanjutkan ke pilar sebagai destinasi paling akhir untuk rute mendaki Gunung Sibuatan.

PUNCAK PILAR.

Ini lah keunikan dari Gunung Sibuatan Sumatera Utara, ada destinasi puncak pilar yang bisa dilakukan oleh para pendaki. Anda dan rombongan dapat melihat matahari terbit sunrise di sebelah timur dan melihat sunset matahari terbenam sebelah barat. Jika cuaca mendukung dan anda mempunyai kemampuan untuk mewujudkan keduanya menjadi lengkap sudah mendaki Gunung Subuatan sebagai perjalanan bersejarah dalam hidup anda. Untuk mendapatkan kedua pesona ini tentu cuaca yang mendukung, maklum hutan yang ada disekitar gunung termasuk jenis hutan tropis curah hujan cukup tinggi makan jangan salah tiba-tiba akan telihat kabut tebal datang untuk merintangi misi anda disana.

Waktu tempuh untuk sampai PILAR sekitar +/- 45 menit menjadi pesona fenomenal dengan keindahan alam pegunungan. Anda bisa melihat ke seluruh penjuru dan mata anda akan termanjakan pesonanya. Jika anda beruntung cuaca baik dan terang kejernihan ini bisa anda abadikan dengan kamera, hape smartphone, atau mereka vidio. Tentu saja waktu yang tepat menjadi pilihan terbaik untuk sebuah destinasi treking mendaki gunung.

Untuk menjadikan bukti bahwa anda telah sampai ke puncang gunung, siapkan waktu selama +/- 20 menit perjalanan untuk sampai ke tiang beton setinggi 1,5 meter sebagai records terbaik para pendaki gunung yang pernah menginjakan kaki di Gunung Sibuatan yaitu SEC TRIANG NO.191. Inilah PILAR yang menyebutkan bahwa Gunung Sibuatan berdiri dengan gagah dan tegar menjulang tinggi di 2.457 mdpl yang berada di Sumatera Utara Indonesia.

SAAT TURUN GUNUNG MENUJU POS PEMERIKSAAN PINTU RIMBA.

Setelah anda puas melihat seluruh keindahan Gunung Sibuatan saatnya turun kembali dan membawa seluruh perlengkapan. Semua sampah harus anda bawa turun semua jangan sampai tertinggal dan dimasukan ke tas plastik khusus sampah. Usahakan perjalanan anda turun sampai di pos pintu rimba sebelum pukul 18:00, karena identitas anda harus dicatat kembali oleh petugas. Maka ada kebijakan petugas meninggalkan kartu identitas anda untuk melakukan proses arus masuk keluar pendaki lebih tertata dengan baik. Petugas menjaga bisa saja sudah pulang setelah anda melewati pukul 18:00 jadi dapat merepotkan kedua belah pihak yang saling berkepentingan. Jadi tertib administrasi harus dilakukan agar kenyamanan kedua belah pihak tetap terjaga.

BUDGET BIAYA PERJALANAN DARI MEDAN KE LOKASI.

1. Ongkos dari Medan sampai ke Gunung Sibuatan: IDR40.000 - IDR50.000 per orang.

2. Biaya registrasi masuk ke Gunung Sibuatan: IDR10.000

Jadi total budget biaya yang harus anda persiapkan untuk satu orang transportasi dari kota Medan menuju ke lokasi +/- IDR60.000. Jika terjadi kenaikan ongkos transportasi tidak terlalu tinggi dan masih terjangkau.

Baca juga:

Cara Mendaki Gunung Yang Baik dan Benar Para Pendaki Newbie Pemula dan Profesional

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.