News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Profesi Pekerjaan Pilot Pesawat Komersial Sipil: Gaji Besar Hak Dan Tanggung Jawab Besar Untuk Sebuah Karir Cemerlang

Profesi Pekerjaan Pilot Pesawat Komersial Sipil: Gaji Besar Hak Dan Tanggung Jawab Besar Untuk Sebuah Karir Cemerlang

Kehidupan pekerjaan seorang pilot memang poly sekali yang ingin memgetahui memakai gaji akbar tersimpan hak dan tanggung jawab yang sangat besar dibalik fenomena. Banyak sekali rakyat awam hanya melihat dari segi honor besar saja namun buat menerima hal itu seluruh perlu usaha yg sangat akbar sebagai akibatnya bisa menerima kemakmuran pada uang yg didapat setiap bulannya & faslitas tambahan yang sangat menggiurkan secara otomatis berbanding lurus. Mendeskripsikan pekerjaan pilot pesawat komersial pada arti umum saja merupakan seorang laki-laki atau wanita yg membawa pesawat terbang memakai tujuan berbegai rute perjalanan baik domestik atau internasional. Tentu saja menggunakan perjuangan yg sangat keras ini lah membangun seorang pilot sangat andal dalam memberlakukan pekerjaan menjadi seseorang profesional & reward honor yang dihasilkan tentu sangat banyak bahkan beruntun.

Poto sang: thepointsguy.Com

Kehidupan pilot tentu tidak terlepas menggunakan pesawat terbang setiap hari dan harus mengerti seluk beluk pesawat

PROSES MENJADI SEORANG PILOT PESAWAT KOMERSIAL.

Tentu saja untuk menjadi seorang pilot pesawat komersial harus mengikuti pendidikan sekolah penerbangan yang sudah banyak hadir dan bisa anda pilih untuk ditekuni. Pendidikan ini mutlak dan harus diikuti karena disinilah anda di didik menjadi seorang pilot dimulai dari pendidikan secara teori dan praktek pada jangka waktu tertentu. Untuk memilih sekolah penerbangan ini tentu saja ada beberapa pilihan yang bisa menjadi referensi atau rekomendasi yang telah banyak dipilih oleh pilot pesawat komersial di dunia sebagai seorang almamater dari salah satu sekolah ini. Lokasi tempat pendidikan ini ada di dalam negeri dan internasional, dan anda bisa sesuaikan dengan budget pendidikan yang telah dipersiapkan sehingga sekolah terbaik bisa menjadi pilihan utama.

Baca selengkapnya:

Daftar Rinci Sekolah Penerbangan Khusus Pilot: Alamat, Telepon, Website, Email, dan Biaya Masa Study

PROSES MENJADI SEORANG PILOT.

Setelah menempuh pendidikan anda harus mendapatkan sertifikasi untuk menjadi seorang pilot terbang atau istilahnya ijazah penerbang {pilot license}. License ini berupa surat pengakuan bahawa anda mempunyai skill dan kompetensi untuk menerbangan pesawat untuk tipe, jenis, dan ukuran tertentu. Dalam proses melakukan terbang tentu anda masih dalam proses menjadi seorang pilot utama. Terlihat saat bertugas anda seorang pilot yang duduk sebagai komando dan seorang co-pilot. Selama penerbangan berlangsung dimulai dari pintu pesawat tertutup kemudian dibuka kembali setelah sampai tujuan maka pilot dan co-pilot harus mengikuti jalur yang telah terdaftar dan terprogram melalui sistem yang telah ditetapkan yaitu navigasi pesawat, dan yang paling utama anda harus mengikuti semua informasi yang telah ditetapkan oleh menara kontrol pesawat sebagai PIC yang mengatur lalu-lintas pesawat di bandara dan petugas lainnya yang memberikan pelayanan penerbangan sepanjang rute perjalanan pesawat nanti.

Saat belajar ini tentu proses untuk mendapatkan teori yang cukup rinci dan komprehensif ini akan didapatkan di sekolah penerbangan nanti. Bagaimana seorang pilot menerbangan pesawat dengan rencana penerbangan {flight plan} baik berada dalam kokpit dan harus mempunyai ilmu yang cukup terhadap proses menyelamatkan penumpang dan pesawat saat terbang nanti. Khusus untuk pesawat berawak ganda atau multi crew ini harus mengetahui pembagian tugas yang jelas siapa yang menjadi pilot yang melakukan komando terbang {pilot flying} dan pilot pemantau {pilot monitoring}. Kerjasama ini tentu harus bersinergi masing-masing pihak sehingga tercipta suasana terbang yang menyenangkan, amanm dan tentunya lebih efisien efektif.

Proses belajar ini anda juga mendapatkan teori saat melakukan penerbangan komersial, bagaimana tugas seorang pilot dan co-pilot yang bertugas untuk mengemudikan pesawat dan beberapa staf awak kabin seperti pramugari dan prmugara bertugas untuk keselamatan penumpang, keamanan, dan kenyamanan penumpang selama penerbangan nanti. Seluruh petugas yang berada di dalam pesawat saat terbang nanti bernama aircrew {pilot, co-pilot, dan flight attendant}. Semua pembicaraan pilot, co-pilot dan petugas lalu-lintas bandara akan terekam rinci di kotak hitam atau bernama cockpit voice recorder sebagai bukti penting yang harus ada jika terjadi kecelakan pesawat dan benda ini lah yang akan dicari untuk mengungkap misteri di perjalanan.

TUGAS PILOT.

Tugas utama seorang pilot adalah melakukan proses penerbangan dimulai dari menjalankan mesin pesawat terbang sedangankan seorang co-pilot bertugas membantu pilot selama penerbangan. Jika ingin mengetahui jengjang pangkat di dunia penerbangan sipil yang ada sekarang ini berikut rinciannya:

#1. Captain: seorang komandan di sebuah pesawat sebagai chief de mission untuk sebuah jalur penerbangan.

#2. First Officer: seorang wakil captain yang dapat mengambil alih tugas seorang captain tidak dapat menjalankan tugas pada waktu terbang. Jadi tugas first officer yang melakukan proses perjalanan penerbangan akan menjadi menjadi captain dan captain sendiri menjadi co-pilotnya, begitu sebaliknya.

#3. Untuk jenjang karir seorang penerbangan sipil komersial di sebuah airline akan di mulai dari first officer pada pesawat ukuran tipe kecil dalam perusahaan komersial tersebut. Jika track recordnya bagus maka akan di promosikan ke pesawat yang ukurannya lebh besar masih sebagai first officer. Akan berlanjut kembali menjadi captain di pesawat ukuran kecil dan akan dipromosikan menjadi seorang captain di pesawat menengah dan ukuran besar.

Menjadi seorang pilot di penerbangan komersial sipil ini tentu waktu bertugas tidak mengenal hari dan waktu. Jadwal terbang tentu harus disesuaikan dengan jadwal dari airline tempat bekerja. Waktu kerja tidak sama dengan pekerja kantoran tentu saat weekend libur dan seterusnya, berbeda dengan pilot jadwal libur tidak menentu termasuk hari libur besar keagamaan dan libur panjang pun akan masuk untuk menunaikan tugas terbang. Dengan komitmen ini tentu seorang pilot tidak ada kata bosan untuk terbang dengan pesawat yang akan membawa penumpang kemanapun rute perjalannnya. Jadi sifat ini harus tertanam dalam diri seorang pilot untuk mencintai pekerjaan layak sebagai hobi yang dicintai.

TANGGUNG JAWAB PILOT SAAT PESAWAT TERBANG.

Setelah disinggung di awal memang sudah disebutkan tanggung jawab seorang pilot akan sangat besar dan tidak boleh ada rasa sepele untuk sebuah jadwal perjalanan nanti. Jadi tugas ini harus prioritas dan bahkan harus profesional sehingga track record anda seorang pilot bisa harus dimata kolega dan perusahaan tempat anda bekerja nanti.

#1. Tanggung Jawab Menerbangkan Pesawat.

Penerbangan rute perjalanan pesawat adalah tanggung jawab seorang pilot. Seluruh keselamatan pesawat saat terbang nanti merupakan tanggung jawabnya dan harus bekerja dalam fokus tingkat tinggi tanpa ada lelah sampai pesawat take off dan landing sesuai dengan peraturan penerbangan yang berlaku.

#2. Tanggung Jawab Keselamatan Seluruh Penumpang.

Dengan menerbangkan pesawat komersial sipil tentu mengangkut penumpang dengan jumlah banyak, ditangannya lah semua tanggung jawab seluruh keselamatan penumpang akan dia lakukan. Hal paling prinsip adalah membuat kenyamanan selama penerbangan adalah tugas utama seorang pilot.

#3. Tanggung Jawab Terhadap Diri Pilot Sendiri.

Untuk mendapatkan semua keinginan kenyaman perjalanan tentu saja kesehatan untuk diri pilot harus penting diperhatikan. Ekstra jaga kesehatan harus tetap dilakukan saat waktu senggang atau libur yang diberikan oleh airline tempat bekerja dengan olah raga agar tetap prima selama bekerja nanti bisa didapatkan.

Untuk menerbangkan pesawat ini tentu tugas pokok seorang pilot bahkan menjadi tanggung jawab paling utama di pesawat terbang. Seluruh kemampuan ilmu dan pengalaman yang dia dapat selama pendidikan dan praktek akan teruji untuk melakukan jadwal terbang rute tertentu. Keahlian tinggi ini tentu menjadi sebuah komitmen tinggi dan tidak sembarangan orang bisa menerima amanah ini dengan licensi yang telah diterima. Jadi dari penjelasan ini jelas sudah beginilah step langkah menjadi seorang pilot yang profesional dibidangnya dan harus memiliki jiwa sehat dengan seluruh konsekwensi penting dalam sebuah profesi.

REMUNERASI DITERIMA PILOT PROFESIONAL.

Setelah menekuni proses yang menjadikan dia seorang pilot yang berpengalaman, profesional, dan memiliki integritas sehingga track recordsnya menjadi lebih baik akan tentu menerima remunerasi sebuah penghargaan terhadap gaji yang diterima serta beberapa fasilitas tambahan yang akan mengiringi selain uang gaji yang diterima. Tentu saja remunerasi ini tergantung dari maskapai airline pilot tempat bekerja dan tentu saja untuk mendapatkan kelayakan ini perlu perjuangan keras dan mendai misi visi seorang pilot untuk mendapatkan kehidupan layak dan makmur.

Plesirankotatua merujuk pada informasi yang cukup credible sebagai rujukan standar yaitu dari Garuda Indonesia bahwa penghasilan seorang pilot Yunior saja untuk airline BUMN ini untuk tahun pertama sudah mencapai nominal IDR 60 juta. Tidak hanya itu saja, komponen gaji ini sudah tentu mendapatkan gaji dan tunjangan lain. Kemakmuran ini tidak itu saja, saat menjadi seorang pilot senior saja bisa mendapatkan take home pay bisa dimulai dari IDR 100 juta - IDR 150 juta.

Tentu pencapaian ini tidak datang begitu saja harus ada proses yang dilalui hingga komitmen tinggi untuk sebuah profesi. Capaian ini tentu ada penghargaan lain selain uang tunai seperti asuransi personal, tunjangan kesehatan, pensiun, BPJS, penghargaan masa kerja, lost of flying license, hingga adanya penghargaan terpisah dari airline tempat bekerja saat masa pensiun. Dengan tingginya penghargaan ini tentu saja airline akan memberikan semacam jenjang karir yang yang cukup bervariasi bagi pilot yang berprestasi tinggi. Tambahan lainnya dimulai dari jaminan kesehatan dari pilot dan seluruh keluarga, jaminan kecelakaan kerja, bahkan adanya jaminan profesi saat terjadinya kehilangan licensi terbang juga diperhatikan untuk memberikan jaminan bahwa pilot menjadi profesi yang sangat penting untuk perusahaan. Proteksi kesehatan yang diberikan tentu sangat menggiurkan sudah pasti diatas rata-rata jaminan kesehatan pada umumnya bahkan jaminan penyakit berbahaya tertentu juga akan masuk tanggungan asuransi yang dicover tentu menjadi perhatian khusus.

Tidak itu saja, maskapai airline juga menyediakan jadwal liburan dengan memberikan konsesi tiket perjalanan kepada pilot dan keluarga ke rute perjalanan yang terpilih dan ditetapkan. Konsesi ini tentu sangat menarik karena akan memberikan sebuah penghargaan dari sebuah prestasi untuk sebuah pekerjaan yang akan diapresiasi oleh perusahaan airline.

Setelah anda mengetahui profesi seorang pilot pada pesawat komersial sipil dengan gaji yang sangat besar tentu saja akan menjadi pilihan terbaik sebuah pekerjaan yang sangat bergensi untuk ditekuni. Proses untuk menjadi pilot sangat panjang hingga mendapatkan pengakuan dari institusi terhadap kinerja yang telah anda tekuni nanti. Jika pilot menjadi pilihan karir anda di masa yang akan datang pastikan persiapakan untuk memilih jurusan dan sekolah penerbangan yang tepat agar lulusan dari almamater tersebut ada di airline yang akan menjadi tempat bekerja yang ada di Indonesia sehingga proses untuk mengakui keahlian anda sudah ada disana. Jika ada budget lebih anda juga bisa memilih sekolah penerbangan di luar negeri dengan kemampuan bahasa Inggris yang cukup sehingga anda bisa bersaing dengan lulusan terbaik lainnya di airline bergensi untuk mendapatkan penghasilan yang cukup layak. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi sebuah informasi yang sangat penting untuk masa depan anda yang sudah mulai anda pilirkan setelah membaca artikel ini.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.