News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tips Bagaimana Cara Menghadapi Serta Memulihkan Jet Lag Saat Badan Terasa Letih Lesu Dan Pusing

Tips Bagaimana Cara Menghadapi Serta Memulihkan Jet Lag Saat Badan Terasa Letih Lesu Dan Pusing

Mungkin saja anda pernah mencicipi terbang jeda jauh terasa pengaruh jet lag & badan terasa letih lesu dan pusing waktu hingga pada negara tujuan. Tentu ketika itu tubuh pribadi respon untuk menyesuaian zona saat sehingga terasa impak contohnya ini menggunakan rasa yang nir nyaman. Perjalanan jarak jauh memang terdapat efek bagaimana pun pula tujuan yg akan anda lalui wajib melewati fenomena misalnya ini. Proses bepergian tentu disharmoni menggunakan penerbangan lokal yang sanggup berangkat siang & sampai memakai saat hanya 2 jam saja, bagaimana menggunakan penerbangan sampai menggunakan 12-16 jam tentu ada perubahan yang relatif signifikan, jeda yang sangat jauh ini tentu melintasi samudera , benua, hingga zona ketika yang disharmoni efek tubuh anda pribadi terdapat rasa tidak nyaman akan terjadi sesudah hingga dalam negara tujuan.

Gejala jet lag ini tentu saja badan terasa pusing, mual, letih, indolen, mual, terdapat rasa mau muntah hingga tidak ada rasa semangat sebagai akibatnya anda malas sekali melakukan aktifitas. Sangat umum dirasakan pertanda-indikasi contohnya ini menggunakan bepergian sangat jauh mungkin tubuh terasa sakit bahkan masuk angin

Untuk meminimalisir rasa jet lag yang akan anda rasakan tentu ada kiat atau tips agar efek yang dirasakan cepat pulih dan anda bisa langsung beraktifitas seperti semula. Mungkin sebagian orang menyebutnya pengobatan atau kiat untuk memerangi jet lag secepat mungkin agar kestabilan tubuh tetap bisa terjaga dan aktifitas pun bisa dilaksanakan sebaik mungkin, berikut penjelasannya:

#1. Siapkan Minuman Air Putih.

Selama perjalanan naik pesawat tubuh kurang cairan atau dehidrasi. Ini lah penyebab yang paling utama terjadi pada jet lag, dan pastikan anda minum air di perjalanan nanti. Tandanya anda minum cukup ada jeda waktu beberapa jam akan menggunakan rest room untuk buang air kecil. Walaupun di atas pesawat juga mendapatkan pembagian air oleh pramugari tetapi tidak cukup, pastikan anda juga menyiapkan botol khusus untuk diri sendiri dan isi sebelum berangkat setelah pemeriksaan akhir, kunjungi vending machine untuk mengisi botol dengan air putih yang cukup.

#2. Tetap Enjoy Dengan Penerbangan Anda.

Tentu anda telah mengetahui bahwa perjalanan ini akan menghabiskan waktu cukup panjang tetap dalam suasana meneyenangkan karena di negara tujuan anda sudah menanti aktifitas yang membuat rasa senang. Pola pikir seperti ini tentu akan meringankan rasa penat yang sebagian orang merasakan berat tapi anda merubahnya dengan enjoy akan meminimalisir efek jet lag di perjalanan nanti.

#3. Usahan Tidur Malam Sebelum Anda Terbang.

Sebelum hari-h keberangkatan pastikan anda harus tidur malam cukup sebelum terbang. Waktu tidur yang seharusnya anda lakukan minimal 8 jam di waktu biasa harus dituntaskan agar tubuh merasa cukup istirahat sebelum menempuh perjalanan jauh nanti. Memang rasa gembira untuk melakukan perjalanan ini dengan tujuan yang telah anda buat membuat tidur menjadi berkurang, jangan sampai karena efek yang akan dirasakan tentu bersamaan dengan jet lag di negara tujuan akan berdampak lebih berat.

#4. Hindari Sampai Negara Tujuan Pada Malam Hari.

Pilihan terbaik ada sampai negara tujuan pada pagi menjelang siang karena akan memberikan efek positif pada tubuh. Karena tubuh tetap merespon tetap terjaga dan ingin merasakan sinar matahari untuk melakukan jelajah singkat menjelang sore. Pola perjalanan ini tentu harus anda pilih agar tubuh seolah-olah masih merasakan situasi yang hampir sama di tanah air tetapi sebenarnya sudah berbeda zona waktu sehingga rasa kantuk anda saat mau akan landing bisa langsung hilang sehingga jet lag yang dikhawatirkan bisa hilang dengan pilihan terbaik seperti ini.

#5. Pilih Jenis Kelas Saat Terbang Nanti.

Memang tidak semua traveler mampu memilih kelas eksekutof tetapi setidaknya anda memilih tipe jenis pesawat dari maskapai penerbangan yang mempunyai reputasi baik dengan tersedia pesawat model baru untuk penerbangan jarak jauh. Walaupun kelas ekonomi tetapi mempunyai kenyamanan tempat duduk, ruang duduk cukup luas, dan pastinya fasilitas selama terbang nanti cukup baik. Apabila anda ingin menambah untuk kenyamanan lain khusus untuk anda sendiri seperti bantal penyangga leher, penutup kuping, hingga penutup mata agar trip nanti terasa nyaman dapat dibawa saat perjalanan nanti.

#6. Hindari Tidur Siang Sampai Di Negara Tujuan.

Sampai di negera tujuan hindari tidur siang walaupun hanya sekejap. Pastikan tubuh tetap tidak terpengaruh dengan pola tidur coba tetap stabil terjaga hingga malam mejelang untuk memberikan pola baru terhadap tubuh untuk bisa langsung menyesuaikan zona waktu baru.

Poto oleh; travelandleisure.com

#7. Lakukan Aktifitas Jalan Keluar Bandara.

Di Bandara negara tujuan tentu anda telah merasakan udara baru walaupun ada terasa sejuk di kulit. Beri kesempatan pada tubuh anda untuk berjalanan ke luar jika perlu rasakan cahaya matahari saat sampai disana. Saat ini lah tubuh akan merespon dengan cepat zona waktu baru dan tambahkan bertelanjang kaki sejenak untuk meninjakan kaki di jalan atau tempat parkir kendaran pada suasana baru agar tubuh langsung respon cepat dan membangunkan sel-sel tubuh untuk segera re-charge energi di tempat baru.

#8. Langsung Sesuaikan Zona Waktu Baru.

Setelah sampai di negara tujuan secara otomatis anda langsung sesuaikan zona waktu baru agar tubuh langsung memberikan respon baik saat anda telah melakukannya. Perubahan waktu ini tentu memberikan sebuah dampak positif pada tubuh sehingga anda telah berada di tempat baru walaupun berbeda negara dan waktu.

#9. Hindari Minuman Memicu Jet Lag.

Khusus bagi anda yang suka minuman yang memicu munculnya jet lag seperti kopi, soda, hingga minuman memabukan harus dihindari. Karena dapat memicu kambuhnya jet lag saat sampai di negara tujuan seperti badan terasa sangat capek, pusing, hingga tidak berenergi. Pastinya efek lain yang sangat terasa adalah kekurangan cairan karena minuman ini membuat tubuh malas minum air putih yang cukup.

#10. Tidur Senatural Mungkin.

Apabila anda tidak bisa tidur jangan minum obat tidur selama perjalanan nanti. Tentu ide minum obat tidak direkomendasikan sebaiknya anda melakukan aktifitas tidur senatural mungkin. Apabila prosesnya susah sebaiknya anda melakukan kegiatan positif membuat anda menjadi capek dan ngatuk seperti membaca atau menonton film di atas pesawat. Aktifitas seperti ini cukup ampuh untuk membangkitkan rasa kantuk kuat sehingga di perjalanan nanti anda sudah mempunyai waktu cukup tidur sebelum landing di negara tujuan. Hindari minum obat yang akan memberikan efek jet lag karena berpengaruh terhadap seluruh yang yidak natual saat sampai di negara tujuan nanti.

#11. Tetap Melakukan Aktifitas Seperti Biasa.

Setelah anda sampai di negara tujuan tetap melakukan aktifitas seperti biasa jangan terlalu banyak tidur karena akan memperlama waktu pemulihan jet lag. Kegiatan terbaik setelah melakukan olah raga setelah sampai lokasi tempat penginapan. Olah raga kecil membangkitkan semangat dan menghilangkan rasa pegal tentu prioritas, selama perjalanan terlalu banyak duduk tentu ada memberikan efek tidak nyaman di kaki dan punggung serta tangan. Kembalikan kestabilan tubuh ini dengan beberapa olah raga yang biasa anda lakukan. Setelah normal anda dapat menikmati suasana baru di zona waktu baru di negara tujuan nanti.

#12. Pilih Makanan Bergizi Good Food.

Jangan lupakan konsumsi makanan bergizi sehat dan bernutrisi tinggi kaya vitamin serta protein. Selama perjalanan mungkin menu yang disediakan oleh airline tidak cukup baik atau kurang porsinya mengakibatkan anda banyak makan cemilan kurang sehat untuk tetap dilakukan agar tidak masuk angin. Setelah sampai di negara tujuan pilih menu yang mempunyai nilai gizi baik terhadap tubuh dan minuman sehat sebagai pelengkap makanan sehat yang telah anda konsumsi.

#13. Selalu Banyak Di Sinar Matahari Saat Sampai Tujuan.

Memang matahari memberikan efek positif untuk mengembalikan tubuh dari efek jet lag perjalanan jauh. Apabila anda melakukan perjalanan traveling  saat sinar matahari cukup sebaiknya lakukan aktifitas outdoor agar kulit anda tetap disapa oleh sinar matahari terutama saat anda telah mendapat. Seperti diruaikan di atas dimulai dari bandara telah dimulai tetapi anda tambahan lebih banyak saat telah sampai di tempat penginapan atau rumah tunjuan anda.

#14. Kembali Cukupkan Tidur Anda.

Setelah anda merasa tubuh sudah kembali mulai normal saatnya cukupkan tidur agar ketabilan di zona waktu yang baru bisa mulai terbiasa. Efek terasa setelah hari kedua tidur mulai terasa nyenyak sekali dan pola yang telah diterapkan sudah mulai di daerah baru setelah semua situasi jet lag sudah kembali berkurang. Pastikan tubuh anda tetap menerima pola tidur yang cukup ini untuk memberikan tubuh istirahat agar pemulihan yang diinginkan bisa terwujud dengan segera.

PENUTUP.

Setiap traveler mempunyai kadar cepat kembali pulih dari jet lag tentu berbeda-beda, khususnya traveler pemula yang pertama kali melakukan perjalanan jauh. Apabila keseluruhan tips ini telah anda lakukan dan masih juga terkendala jet lag masih lambat sembuhnya saatnya anda berkunjung ke dokter ahli disana untuk memberikan rekomendasi terbaik tambahan berupa obat atau suplement tertentu agar tubuh cepat lebih produktif untuk pulih dari jet lag. Pastikan tubuh anda tetap dalam kondisi prima sebelum berangkat terbebas dari penyakit yang mengurangi stamina anda di dalam perjalanan. Memang kesehatan sangat penting perlu diperhatikan apalgi trip perjalanan jauh ini harus memiliki stamina prima dan terbebas dari penyakit ringan atau penyakit berat. Jika anda merasa perlu sebelum berangkat untuk berkunjung ke dokter untuk mendapatkan nasehat tambahan agar trip ini menjadi lebih nyaman dan menyenangkan sebaiknya anda lakukan segera sehingga dampak jet lag yang dikhawatirkan bisa diatasi dengan rekomendasi dokter proses pemulihan nanti. Semoga bermanfaat.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.