News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wisata Pulau Dekat Dari Kota Padang Sumatera Barat

Wisata Pulau Dekat Dari Kota Padang Sumatera Barat

Fenomenal sekali kota Padang yg tidak habisnya pada eksplore termasuk wisata pulau yg sangat dekat menurut sentra ibukota dari Sumatera Barat. Pulau manis tidak terlepaskan menurut wisata bahari telah poly dipilih sang para traveler lokal

Plesiran ke pulau dekat dari kota Padang maka di artikel ini plesirankotatua ingin memberikan artikel yang anda butuhkan kemana saja wisata pulau yang akan menjadi destinasi wisata bahari di sekitar kota Padang dengan biaya sangat terjangkau murah sesuai dengan kantong seorang backpacker, berikut penjelasannya:

#1. PULAU ANGSO DUO.

Cara kesana: gunakan kereta api dari Stasiun Padang Simpang Haru, setelah sampai Pantai Gandoriah Padang Pariaman estafet menggunakan kapal untuk menyeberang sampai ke Pulau Angso Duo.

Poto oleh: kidalnarsis.blogspot.co.id

Pulau yang terletak di Padang Pariaman ini sudah menjadi pilihan terbaik saat musim liburan sudah tiba. Lokasi yang sangat dekat dengan kota pusat kota Padang rekomendasi terbaik mengunjunginya menggunakan kereta api yang berangkat dari stasiun Padang Simpang Haru. Moda transportasi ini terbaik untuk saat ini karena biaya yang sangat murah dan berhenti di Pantai Gandoriah estafet menggunakan perahu untuk sampai ke Pulau Angso Duo. Terbaik berkunjung pada pagi hari sampai di pulau supaya anda bisa menikmati seluruh pesona yang bisa anda eksplor sampai sore menjelang.

Aktifitas yang bisa anda lakukan disekitar pulau yaitu menikmati alam yang mempunyai pasir pantai putih dengan ombak yang bersahabat dapat berenang di sekitar pantai dengan air yang sangat jernih. Untuk mengelilingi seluruh pulau sekitar 1 jam penuh bisa melihat pesona tersimpan di Pulau Angso Duo. Apabila anda mempunyai hobi menerbangan drone bisa eksplore pulau untuk capture vidio yang sangat indah.

Baca selengkapnya:

Bagaimana Cara Ke Pulau Angso Duo Padang Pariaman Sumatera Barat dan Kegiatan Apa serta Tips Aman Berlibur

#2. PULAU PISANG KECIL.

Cara kesana: hanya berjalan kaki saja dari Pantai Air Manis Padang dekat tidak terlalu jauh dari Batu Malin Kundang. Nyeberang saja saat air laut surut sampai ke Pulau Pisang Kecil.

Poto oleh: tripadvisor.co.id

Pulau ini sangat dekat dengan batu si Malin Kundang tepatnya di Pantai Air Manis menjadi destinasi wisata pulau yang sangat dekat dari kota Padang. Lokasi pulau yang sangat dekat dengan daratan pantai ini tidak perlu menggunakan transportasi bergerak, cukup berjalan kaki saja sudah sampai di pulau saat surut air pantai. Luasnya tidak begitu luas hanya +/- 3 ha ini cukup sebagai tempat nongkrong bersama keluarga saat berada di sekitar Pantai Air Manis berjalan berjalan hanya 200 meter dengan ketinggian air laut +/- 20 cm, cukup dangkat sekali saat air laut surut sudah tentu pasti banyak turis dan wisatawan yang akan menyeberang dengan sesasi berjalan di tengah laut. Tidak perlu menyewa kapal laut untuk sampai ke seberang hanya 10-15 menit saja anda bisa melihat eksotis pulau dari bibir pantai.

Pohon kelapa yang menjulang tinggi dari kejauhan terasa memanggil anda untuk sampai ke pulau yang tidak berpenghuni ini mampu mengobati keunikan momen berada di pulau saat musim cuti liburan akhir pekan. Tepat sekali sebagai lokasi untuk melepaskan penat rutinitas pekerjaan dengan sapaan angin laut di kulit terasa sejuk. Apabila anda ingin mengunjungi Pulau Pisang Besar ada penyewaan kapal disekitar pantai dengan masa tempuh +/- 15 menit dengan sewa yang sangat terjangkau. Yang menjadi pesona tersendiri adalah melihat sunset sebagai tempat yang paling sesuai menikmati senja di sekitar kota Padang.

#3. PULAU SIRANDAH.

Cara kesana: menggunakan boat atau perahu dari Muara, Pelabuhan Bungus, dan Sungai Pisang.

Poto oleh: inilahkaminews.com

Pulau yang berjarak +/- 1 jam perjalanan dari pusat kota Padang ini telah menjadi destinasi wisata unggulan bagi traveler lokal dan seluruh dunia. Luas pulau ini +/- 10 ha ini sangat fenomenal dengan pasir putihnya sangat sangat menghipnotis pada turis saat injakan kaki. Nama si randah berarti pulau ini rendah karena dari geografinya memang rendah dari pesisir pantai sehingga terlihat landai saat berlabuh. Tentu saja. destinasi pulau ini sangat ramah dengan keluarga apalagi anak-anak dan bisa juga melakukan treking dan hiking ke lokasi yang sangat cantik pemandangannya. Perhatian tinggi dari pemerintah kota membangun infrastruktur sehingga akses untuk sampai ke lokasi relatif aman dan cepat.

Cara ke pulau sirandah sangat mudah sekali ada tiga cara pilihan yang bisa anda pilih sesuai dengan kesempatan dan keinginan. Sebelum anda melakukan perjalananan ke pulau pastikan anda telah memesan di paket wisata atau tour terlebih dahulu agar semua lebih rapih terencan yang cukup baik.

#a. Muara Kota Tua Padang.

Lokasi keberangkatan di sekitar Jembatan Siti Nurbaya tidak terlalu jauh dari pusat kota Padang. Lama perjalanan sekitar 2 jam menuju pulau tentu saja sangat menarik karena mengelilingi pesisir pantai, jangan khawatir setelah anda puas ke Pulau Sirandah akan diantar kembali ke Muara.

#b. Dari Pelabuhan Bungus Padang.

Apabila anda berada di sekitar Teluk Bayur dan ingin menuju ke pulau ini harus menuju ke Pelabuhan Bungus. Jalur perjalanan yang sangat indah berada persisi di bibir pantai menjadikan perjalanan anda tidak akan terlupakan. Terlihat jelas laut lepas dan pelabuhan dengan desiran hempasan ombak bergembira bersama anda yang ingin menuju ke pualu. Setelah anda sampai di Pelabuhan Bungus dapat menyewa kapal penduduk dengan lama perjalanan +/- 1 jam perjalanan laut.

#c. Dari Sungai Pisang.

Jika anda berada di Sungai Pisang ke arah selatannya lagi berjarak +/- 7 km dari Pelabuhan Bungus juga ada alternatif perjalanan sampai ke pulai. Untuk akses jalan sudah cukup baik, yang menjadi lebih nyamannya lagi jika anda membawa kendaraan dapat parkirkan di sekitar Pantai Sungai Pisang dan kemudian estafet menggunakan kapal penduduk lokal dengan lama waktu tempu +/- 30 menit saja, dan akan dibawa kembali ke pantai setelah anda berwisata kesana.

#3. PULAU SIKUAI

Cara kesana: naik boat perahu penduduk dari Muara atau Pelabuhan Bungus.

Poto oleh: iqbalkautsar.com

Pesona pulau ini sangat fenomenal dengan dibangunnya resort cukup mewah dengan fasilitasnya. Tetapi sekarang ini terbengkalai begitu saja seperti pulau mati. Sekarang ini pesona pantai tang ada di pulau ini masih bisa dilihat sangat cantik pasir pantai yang putih dengan rindangya pepohonan khas. Pulau Sikuai sangat dekat dengan kota Padang dan masuk dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung ini untuk sampai kesana menggunakan boat atau perahu penduduk yang berangkat dari Pelabuhan Muara dengan waktu tempuh sekitar +/- 45 menit atau dari Pelabuhan Bungus dengan waktu tempuh +/- 35 menit.

Baca selengkapnya:

Pulau Sikuai: Pesona Pulau Yang Hilang Terabaikan Tetapi Masih Membuat Wisatawan Lokal Menggila Keindahannya

#4. PULAU PASUMPAHAN.

Cara kesana: naik boat perahu penduduk dimulai dari Muara, Pelabuhan Bungus, hingga Pelabuhan Sungai Pisang.

Poto oleh: saribundo.biz

Pesona pulau ini tidak terlalu jauh dari Pulau Sikuai hanya 200 meter saja. Pasir pantai yang putih hampir di seluruh pulau ini menjadikan tempat yang sangat disenangi oleh penduduk lokal untuk menghabiskan masa liburan cuti singkat walaupun hanya berkunjung menikmati suasana yang sangat indah. Keindahan bawah laut juga ada di sekitar pulau terutaman terumbu karang yang masih terawat baik karena kebersihan masih terjaga. Lokasinya masih dekat dari kota Padang dan masuk dalam kecamatan Bungus Teluk Kabung ini tentu tidak butuh waktu lama sampai ke pulau ini.

Cara kesana sangat mudah sekali hampir sama dengan perjalanan ke Pulau Sikuai dan banyak sekali turis melakukan paket perjalanan memasukan Pulau Pasumpahan ke rute perjalanan ke pulau yang eksotis ini. Bahkan perjalanan ini juga bisa dari Pelabuhan Sungai Pisang dengan mengambil rute perjalanan Pulau Sirandah, Pulau Pasumpahan, dan Pulau Sikuai. Karena lokasinya sangat berdekatan ini tentu sangat menarik untuk melakukan trip singkat satu hari penuh.

#5. PULAU SETAN.

Cara kesana: naik boat kapal penduduk lokal dari Carocok Tarusan tepatnya di TPI {Tempat Pelelangan Ikan}.

Poto oleh: wonderfulminangkabau.com

Sebenarnya nama pulau ini adalah Sultan karena lidah penduduk lokal saat itu tidak fasih menyebutnya terdengar nanma Setan. Bukan ada nuansa seram yang dibayangkan oleh para turis, justru dengan nama ini menjadikan pulau ini sangat digemari untuk dikunjungi saat liburan cuti sekitar kota Padang. Pulau Sultan atau Pulau Setan ini terletak di kecamatan Bungus Teluk Kabung ini sering tersebt dengan Pulau Setan kecil, kondisi pulau yang pantainya berbatu yang banyak ditumbuhi dengan pohon bakau, pohon kelapa dan semak tentu tersimpan keindahan semilir angin yang akan menyibak rambut menyapa kulit.

Cara ke Pulau Sultan atau Pulau Setan bisa ditempuh dari TPI {Tempat Pelelangan Ikan} di Caracok Tarusan. Dengan menumpangi boat kapal penduduk lokal atau nelayan setempat dapat mengantarkan para turis yang ingin berwisata dengan biaya murah. Lihat saja nanti setelah anda sampai di pulai hamparan pasir putih dan biru nya laut akan menenangkan pikiran karena sekitar pulau sangat sunyi dari keramaian cocok bagi anda yang ingin menenangkan pikiran dari rutinitas sibuk keseharian.

#6. PULAU PAGANG.

Cara kesana: dari Muaro Padang menggunakan boat penduduk lokal, dan juga dari Pantai Carocok Tarusan.

Poto oleh: travellink-indonesia.com

Pulau cantik dengan pasir putih menjelma sebagai tempat yang belum banyak tersentuh dengan polusi bahkan tangan jahil manusia. Anda harus sempatkan diri untuk hadir menikmati suasana alam yang berbeda dari pulau lainnya yang ada di kota Padang ini mempunyai tinggi ombak yang rendah cocok bermain disekitar pantai sambil snorkeling ria. Dengan fasilitas pulau yang sudah mulai ada saat sekarang ini yaitu cottage telah bisa anda gunakan jika anda maksud untuk stay sementara menikmati waktu cuti akhir pekan sudah bisa dilakukan. Untuk fasilitas listrik masih terbatas yang bisa digunakan dimulai pada pukul 18:00 - 24:00 saja.

Pulau Pagang telah dipilih sebagai lokasi pecinta wisata bahari laut yang telah digunakan sebagai tempat berkemah, tapi ingat untuk logistik yang dipersiapkan harus cukup karena sekitar pulau tidak ada penjual bahan logistik ini. Spot terbaik untuk snorkeling bisa anda lakukan setelah membawa alat sendiri dan bisa dilakukan disekitar pantai tepatnya di pantai lokasi berkemah. Masih banyak lagi kegiatan alam seperti treking ke bukit untuk melihat panorama indah Pulau Pagang dengan sunyinya lokasi tepat juga sebagai tempat untuk melihat sunset.

Cara kesana dimulai dari perjalanan dari Muaro Padang dengan menumpangi boat penduduk lokal dengan lama waktu tempuk +/- 60 menit saja. Tidak hanya itu saja dari Pelabuhan Carocok Tarusan juga ada boat penduduk lokal yang disewakan dengan waktu tempuh hanya +/- 30 menit saja.

#7. PULAU PAMUTUSAN.

Cara kesana: sampai ke pulau ini bisa dari Pelabuhan Muara, Pelabuhan Bungus, atau dari Pelabuhan Sungai Pisang.

Poto oleh: barrabaa.com

Dengan bertaambahnya destinasi wisata pulau yang dekat dengan kota Padang tersebutlah Pulau Pamutusan, pamutusan ini dalam bahasa Indonesia artinya terputus dimana saat air laut pasang maka daratan ini menyatu seperti penyambung atau semenanjung tersebut menjadi tenggelam di antara dua daratan yang terpisah. Ini lah yang menjadi fenomenan yang sangat menarik jadi nama pamutusan melekat di pulau ini. Saat air laut surut terlihat cantik dan anda bisa menyeberang dengan mudahnya untuj menuju ke dua daratan yang berbeda. Penghubung ini pasirnya putih dan halus, dan jika naik akan terputus terpisah di dantara dua daratan. Keunikan ini lah yang menghipnotis para turis lokal dan seluruh dunia datang ke pulau ini.

Saat anda berada di pulau spot mana saja akan terlihat indahnya sampai anda ingin lama-lama berada disini. Memang bentuk pulau ini daratannya hanya 8 ha saja tidak terlalu luas tetapi sangat berbeda dengan fenomena alat yang menjadi hilang timbul untuk menyatukan dua daratan ini akan tak pernah dilupakan saat berkunjung.

Ingin berkunjung kesana sangat mudah sekali, Pulau Pamutusan ini ada beberapa lokasi seperti di Pelabuhan Muara, Pelabuhan Bungus, dan Pelabuhan Sungai Pisang. Karena geografis pulau ini masih dekat dari kota Padang dan masih bertetanggaan dengan pulau yang tersebut diatas maka anda tidak akan rugi menikmati cantiknya pulau sekitar hanya satu kali perjalanan bisa semua pulau terlewati. Kegiatan yang banyak dilakukan adalah berkemah, treking jelajah pulau, dan memancing juga bisa dilakukan.

PENTING! jika anda mempunyai rencana untuk jelajah pulau yang masih satu jalur dan bisa dilakukan touring tour pulau dimulai dari nomer 3 sampai nomer 7 sebaiknya anda menggunakan tour agency yang bisa menjadi EO anda langsung minimal jumlah rombongan sekitar 20 orang. Dengan menggunakan tour jauh lebih murah untuk 20 orang karena ada kapal yang mempunyai daya tambung boat sebanyak itu dapat melakukan jelajah pulau cantik di sekitar kota Padang. Keberangkatan wisata dekat dari kota Padang Sumatera Barat ini bisa dimulai dari Pelabuhan Muaro, Pelabuhan Bungus, atau Pelabuhan Sungai Pisang tergantung dari EO yang akan mengatur rencana perjalanan. Pilihan ini cocok sekali untuk wisata bahari pecinta laut, backpacker. Pilihan terbaik mengunjungi di musim kemarau hindari musim hujan karena akan membahayakan keselamatan selama perjalanan seperti gelombang laut sangat tinggi. Pulau yang mempesona dekat dari kota Padang ini sangat diminati karena jarak masing-masing pulau ini masih dekat bahkan bisa satu jalur. Jadi masukan ke dalam itinerary perjalanan wisata pulau ini di cuti liburan nanti.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.