Air Terjun Lubuk Batu Bulan

shape image

Air Terjun Lubuk Batu Bulan

Keindahan air-terjun-lubuk-batu-bulan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota ini telah mensugesti para wisatawan sampai traveler yang menginginkan lokasi terkini buat dikunjungi sebagai loka wisata favorit dan lokasinya masih pada Ranah Minang. Air terjun ini sangat unik sekali air jatuh langsung ke lubuk atau kolam yg bentuk cekungan misalnya bulan. Aliran air yang jatuh ke lubuk ini nir terdapat sungai yang mengalir tetapi air yg jatuh ke lubuk atau kolam. Keunikan lain adalah lubuk genangan air tersebut terdapat gua yang cukup luas langsung menampung air yang jatuh tersebut. Air jatuh ini pula ditemukan sekitar satu kilomenter ke arah hilir sebagai air krusial buat genre sawah petani. Jadi, lokasi air terjun ini nir mampu dijadikan lokasi untuk mandi atau berenang. Hanya mampu sebagai loka buat cuci muka atau merasakan gemercik air yg kena pada dinding tebing.

Poto oleh: portalwisata.co.id
Poto oleh: pesona-minangkabau.blogspot.com

GEOGRAFI AIR TERJUN LUBUK BULAN.

Air terjun memakai ketinggian /- 50 meter ini terlihat dibelakangnya terdapat cekungan bentuk goa yang sangat unik bahkan alami terbentuk berdasarkan alam. Tentu lingkungan lebih kurang sebagai panorama yang sangat menakjubkan bahkan terunik yang hanya terdapat di air terjun ini.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN LUBUK BULAN.

1. DARI KOTA PAYAKUMBUH.

Jalan menuju ke air-terjun-lubuk-bulan merupakan anda sebaiknya berangkat menurut sebuah pasar rakyat tradisional pada Kecamatan Mungka dengan jeda tempuh /- 10 km. Perjalanan menuju ke lokasi air terjun disuguhi menggunakan pemandagan sawah lokal penduduk serta beberapa aktifitas peternakan penduduk terlihat menggunakan jelas seperti peternakan unggas yg sebagai mata pencaharian primer penduduk lokal di Nagari Mungka.

Kalau anda berdasarkan sentra kota Payakumbuh memakai kendaraan umum harus menuju ke wilayah Danguang-Danguang, dan dapat menyewa ojek sampai ke wilayah yang bernama Simpang Kapuak.

PENTING!.

Perjalanan yg akan dilakukan ini sangat menantang

Setelah anda menempuh perjalanan menggunakan motor sendiri ini dan akhirnya jalan aspal berganti dengan jalan hotmix. Setelah keseluruhan jalan ini anda tempuh makan saatnya pertualangan dimulai. Dibutuhkan kosentrasi tingkat tinggi karena anda sudah mulai menaiki perbukitan yang cukup terjal, berliku, dan mempunyai medan yang cukup curam. Setelah liku-liku perjalanan ini anda akan bisa rehat di tempat duduk atau istriahat sejenak saat perjalanan yang menegangkan telah usai. Dari lokasi ini anda bisa langsung melihat lebatnya hutan khas Sumatera yang masih terawat.

Perjalanan anda belum selesai saatnya melanjutkan perjalanan, jangan terlalu lama duduk di sekitar tempat istirahat ini. Tujuan akhir ke air-terjun-lubuk-bulan masih sekitar +/- 15 km lagi untuk sampai ke lokasi. Perjalanan telah dilanjutkan dan anda sudah sampai di jorong Koto Tinggi Kubang Balambak saatnya ekspedisi pecinta alam dipersiapkan. Siapkan kaki yang kokoh sebab anda akan masuk ke rimba hutan yang cukup lebat yang tentu memberikan sebuah pengalaman menarik sebagai pecinta alam.

Jalan setapak menjadi tumpuan kaki melangkah kiri dan kanan sudah menyambut pohon yang tinggi dengan bermacam jenis. Terlihat juga tanaman gambir sebagai komoditas hasil bumi lainnya di sekitar jorong ini. Setelah melewati beberapa hutan gambir ini dan akan masuk ke rimba yang akan memiliki tema perjalanan berupa tebing yang cukup curam bahkan sampai ke kaki lembah. Lama perjalanan untuk sampai kesini telah memakan waktu -/+ 3 jam perjalanan dari awal jalan hotmix habis sampai pemberhentian terakhir.

Setelah sampai di puncak bukit anda bisa melihat indahnya pemandagan di bawah sana sebagai nilai plus dari ekspedisi perjalanan ini. Sekitar +/- 5 menit dari sini anda sudah mulai mendengar hentaman air terjun dan akhirnya sampai di lokasi tujuan akhir yaitu air-terjun-lubuak-bulan.

2. DARI PEKANBARU.

Jika anda berasal dari kota Pekanbaru bisa langsung menuju ke lokasi air terjun tidak perlu lagi melewati kota Payakumbuh. Ambil dalur di Simpang Hulu Air, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Simpang hulu ini merupakan jalan masuk awal menuju ke lokasi air terjun tepatnya sebelum anda memasuki kelok sembilan. Posisinya sebelah kana dan sudah anda papan petunjuk yang telah dibuat oleh mahasiswa sedang tugas KKN di sekitar daerah ini. Jarak dari simpang masuk ini menuju ke lokasi dengan jarak +/- 15 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Kondisi jalan ada aspal dan akan bertemu juga jalan berbatu dan tanah. Hampir sama dengan rute di kota Payakumbuh harus ekstra hati-hati karena medan yang akan anda lalui akan ada treking yang perbukitan turun dan naik. Jadi pastikan kewaspadaan tingkat tinggi agar motor tetap stabil dala berkendara dan akan menemukan jalan sampai ke pintu masuk wisata.

SUASANA LENGKAP SEKITAR AIR TERJUN.

Suasana sekitar air terjun ini ada berupa jarak yang cukup tinggi seperti patahan bumi dengan kondisi hutan liar. Pemandangan alam yang sangat indah sekali dan tak ada duanya ada di Ranah Minang ini. Di atas air terjun terlihat punggung tebing dan adanya gua yang terjadi proses alami patahan tadi dengan bebatuan. Jika anda dari dalam gua juga bisa langsung terlihat air terjun yang turun memberikan warna tersendiri saat berada di sekitar goa ini.

Air terjun ini sepertinya langsung masuk ke perut bukit dan keluar di jorong dibawah berupa mata air sekitar 1 km meter jauhnya. Kemungkinan asal airnya berasal dari air terjun ini. Memang terasa lain dan berbeda sekali dengan keindahan ini rasanya ingin berlama-lama dan menikmati suasana dua dengan leyehan santai sampai waktu siap untuk turun kembali.

ALAMAT AIR TERJUN LUBUK BULAN.

Alamat letak lokasi air terjun di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Tata letak yang sangat terpencil ini dapat dikatakan terisolir di Kabupate Lima Puluh Kota butuh waktu sekitar 4-5 jam perjalanan menggunakan sepeda motor dari pusat kota Payakumbuh.

PARKIR KENDARAAN.

Memang menuju ke lokasi wisata ada perumahan penduduk yang bisa anda parkir kendaraan setelah mendapat izin dan membayar biaya parkir kepada penduduk lokal tersebut. Memang tidak ada tarif khusus tetapi anda bisa memberikan IDR5000 per motor untuk memulai perjalanan treking setelah kendaraan anda parkir dan melanjutkan berjalan kaki menuju ke hutan dan perkebunan warga. Dari sini anda juga bertanya ke penduduk atau menggunakan jasa tour guide untuk antar sampai ke lokasi sudah bisa anda tawarkan kepada mereka, sebagai cara berterima kasih untuk memberikan sedikit peluang kerja kepada mereka.

TIPS SAAT MELAKUKAN EKSPEDISI MENUJU AIR TERJUN.

Ada beberapa tips untuk melangkapi tulisan ini agar perjalanan ini menjadi lebih nyaman.

1. Sebaiknya perjalanan ini dimulai pada saat musim kemarau, jangan pada musim hujan. Karena medan akan menjadi sulit dan licin saat dikendarai oleh kendaraan bermotor.

2. Sebaiknya anda menggunakan jasa tour guide sangat direkomendasikan. Pada masuk ke nagari Koto Tinggi Kubang Balambak ada jasa untuk menemani anda sampai ke lokasi air terjun. Untuk biaya bisa anda negosiasikan, harga bisa dimulai dari IDR25.000.

3. Persiapan untuk sepatu sebaiknya menggunakan sepatu khusus untuk naik gunung denan sol sepatu yang kuat mirip sepatu mendaki gunung sangat direkomendasikan.

4. Bawalah perlengkapan logistik yang cukup selama melakukan ekspedisi perjalanan ini. Bawa tas dan barang secukupnya tidak berlebihan sesuai dengan waktu kunjungan saja, seperti pakaian ganti dan handuk jika di lokasi anda bermain air.

5. Sebaiknya anda melakukan perjalanan secara tim atau rombongan agar suasana yang akan akan nikmati bersama lebih bersemangat dan saling tolon menolong dalam perjalanan nanti.

6. Jangan buang sampah sembarangan karena ada indikasi wisatawan yang membuat sampah dari logistik yang mereka bawa. Anda jangan sampai membuang sampah di lokasi air terjun karena lokasi ini bukan tempat sampah tetapi likasi wisata alam yang masih alami dan sangat disukai oleh wisatawan seluruh dunia.

7. Budayakan sifat orang timur dan beradat tidak melakukan corat-coret dinding gua. Sifat seperti ini sangat tidak terpuji dan akan merusak aset wisata Ranah Minang yang harus dijaga bersama.

8. Perjalanan ini harus memiliki stamina prima, tidak sakit, atau phobia dari ketinggian.

9. Total lama waktu perjalanan untuk sampai ke air terjun +/- 4-5 jam, pastikan waktu yang cukup untuk anda yang mengunjungi dan sampai kembali di jorong Koto Tinggi Kubang Balambak. Perjalanan beragkat ke lokasi sebaiknya pada pagi hari dan cuaca terbaik di musim panas.

© Copyright 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang
close
Jual Software Whatsapp Bulk Sender Blaster Anti Banned