Air Terjun Sarasah Banyak Gariang - Jasa Google Ads | Jasa Whatsapp Blast | Genjiseo.com

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Anda sudah berada pada kota Padang saatnya mengunjungi air-terjun-sarasah-banyak-gariang yang lokasinya nir jauh menurut pusat kota. Tidak terlalu jauh menurut sentra kota Padang ini sebagai destinasi terbaik bagi anda yg ingin menghabiskan waktu liburan hanya dalam sekitar kota saja. Mungkin dana terbatas mampu membawa seluruh famili kesini

Poto oleh: wisatakotapadang.wordpress.com

GEOGRAFI AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.

Air terjun ini mempunyai ketinggian +/- 40 meter yang sudah pasti terletak di dalam hutan Bukit-Sarasah tepat di kaki Bukit-Barisan-Sumatera. Jika dilihat dari jumlah pengunjung memang air terjun ini lebih disenangi karena tadi jaraknya sudah sangat dekat dari LIK Gaduik sekitar 2 km saja. Jadi akses cukup mudah dan tidak repot untuk sampai ke lokasi air terjun.

Menurut cerita penduduk lokal disana, air terjun ini dulunya kolam air sangat banyak Ikan Gariangnya, jadi makanya dengan nama ini langsung melekat ke AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG. Dari struktur air terjun dengan banyak batu alam yang bertumpuk sehingga mirip seperti piramida. Setelah anda sampai ke lokasi sudah tentu akan disambut dengan air terjun yang terpecah oleh bebatuan tentu akan mengarah ke anda jika sangat dekat dengan hempasan air tadi.

Sangat indah memang dan air yang berjatuhan ini melewati struktur bebatuan yang menumpuk ini memberikan pesona lain indah dan asri. Sebagian wisatawan menyebutnya AIR-TERJUN-SARASAH-ULU-GADUIK, walau sebutan agak sedikit berbeda tetapi maknanya tetap sama. Untuk tingkat pertama mempunyai ketinggian +/- 8 meter.

Jika dihitung dari bawah air terjun ini terlihat ada tujuh tingkat dimana masing-masing tingkat memiliki jalur air. Dari tingkat pertama air mengalir hampir tegak lurus dn akan jatuh ke tingkat yang kedua. Menaiki untuk ke tingkat pertama cukup mudah dan harus menaiki batuan, kalau dihitung ketinggian +/- 15 meter dari kolam.

Apabila anda sudah sampai ke lokasi memang harus memperhatikan langkah, karena bebatuan yang akan anda injak ada yang sudah berlumut tentu akan menghambat langkah anda licin. Para wisatawan rata-rata mampu sampai ke tingkat pertama dan kedua saja karena masalah keselamatan saja. Untuk sampai ke tingkat tertinggi ke level tujuh memang harus melalui jalur yang cukup terjal dan sulit karena kemiringannya hampir mendekati 50 derajat, itupun harus memiliki keahlian panjat tebing untuk melakukan hal yang ekstrim dan uji adrenalin ini.

ALAMAT AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.

Lokasi air terjun berada di Nagari Koto Baru Gaduik, Keluruhan Limau Manih Selatan, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat.

BAGAIMANA CARA KE AIR-TERJUN-SARASAH-BANYAK-GARIANG.

Cara ke air-terjun-sarasah-banyak-gariang ini tidak sulit hanya berjarak 2 km dari posisi LIK Gaduik hanya 40 menit perjalanan dari kota Padang. Mayoritas penduduk lokal banyak menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua untuk sampai ke lokasi.

Tetapi jika anda seorang backpacker yang ingin menjajal diri menggunakan kendaraan angkutan kota juga bisa dengan menaiki angkutan kota jurusan Ulu-Gaduik. Setelah anda sampai ke LIK Gaduik ini harus menaiki kembali angkutan kota lainnya warna kuning menuju ke Koto Baru. Anda turun di sampai rute angkot ini berakhir dan harus estafet lagi sampai ke posko mirip rumah sebelum ada jembatan kayu dengan jalan kaki. Di sekitar posko inilah anda bisa melihat banyak sekali kendaraan bermotor parkir dan harus menggunakan kedua kaki untuk melangkah sampai ke lokasi tujuan. Yang sangat menarik adalah, berjalan kaki harus melewati aliran sungai. Ikuti sampai ke hulu akan terlihat air terjun langsung saat anda sudah mendekati lokasi. Perjalanan kaki ini cukup panjang membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan atau jarak tempuh +/- 6 km.

BIAYA-BIAYA.

Tentu memasuki lokasi air terjun akan dikenakan tarif IDR3.000 dan parkir IDR2.000 per motor.

TIPS:

Ada beberapa tips yang menjadi perhatian anda ingin mengunjungi air terjun  yang sangat menarik dan dekat dari kota Padang. Tips ini tentu berhubungan dengan kenyamanan selama melakukan treking hingga tetap betah berlama-lama di lokasi air terjun. Berikut diantaranya:

1. Kunci terbaik untuk samapi ke lokasi adalah menyelusuri aliran sungai sampai ke hulu pada saat cuaca baik atau musim kemarau. Tidak direkomendasikan pada musim hujan karena masalah keamanan dan situasi kondisi di perjalanan karena anda berada di sungai.

2. Perhatikan waktu perjalanan sudah masuk dalam musim kemarau karena waktu ini sangat terbaik. Jika di hari biasa yang masih ada musim hujan sebaiknya diundur sampai waktu yang direkomendasikan ini.

3. Tentu perjalanan ini akan melakukan tracking sedikit dan bawalah barang seperlunya agar perjalanan anda tetap nyaman saat tas backpack dibawa.

4. Lokasi terbaik bagi anda yang memiliki budget murah untuk medatangi lokasi air terjun ini, sudah tentu pasti di akhir pekan sangat ramai pengunjung. Apabila anda ingin agak sepi sebaiknya berkunjung di hari biasa saja.

5. Selalu jaga kebersihan, buang sampah pada tempatnya. Jika anda dalam perjalanan harus membawa kantong plastik dan akan dibuang saat anda masuk di pintu gerbang tadi. Lokasi air terjun bukan tempat sampah, lokasi ini tempat wisata untuk kenyamanan bersama.

6. Tetap beradat untuk memakai pakaian yang sopan. Anda harus mengedepankan kesponan atas norma agar kenyamanan seluruh wisatawan bisa terwujud dengan baik.

7. Pesan terakhir adalah adanya tangan jahil yang akan selalu mencari kesempatan untuk melakukan corat-coret atau vandalisme objek datar yang tentu akan merusak pemandangan dan merusak keadaan air terjun. Jadi, sebagai waisatawan yang berkunjung saling pantau adanya fenomena seperti ini. Mari jaga alam ini tetap nyaman karena tentu akan berdampak kepada anda yang menikmati treking perjalanan ini.

Dapatkan Info Produk Terbaru Kami

Masukan Alamat Email Kamu Disini

Gabung bersama media kami.