Air Terjun Tapian Puti Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat

shape image

Air Terjun Tapian Puti Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat

Sangat dekat menggunakan kota Padang ini jua sebagai destinasi wisata memakai nama air-terjun-tapian-puti-Lubuk-Alung-Kabupaten-Padang-Pariaman. Panorama pesona alam yang masih alami ini sebenarnya telah poly dikenal sang wisatawan lokal

Poto oleh: IG tripcanvas.travel

GEOGRAFI AIR-TERJUN-TAPIAN-PUTI.

Terletak di alamat Sikabu Bukik, Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat ini tentu sangat dekat dengan pusat kota Padang. Anda yang menyukai suasana alam tempat ini menjadi alternatif pilihan yang tak bisa terlewatkan. Air terjun ini memiliki 7 tingkat untuk sampai ke tingkat paling atas anda harus memiliki tenaga dan staminan yang kuat terutama anda yang mempunyai mental pecinta alam bisa menjajal treking ini.

Dengan unik dan tingkatnya ini bentuk air terjun berupa kolam-kolam kecil yang terbentuk secara alam ini yang dikelilingi oleh air terjun yang masuk ke masing-masing kolam tadi. Sudah pasti kolam alam yang terbentuk ini dialiri langsung oleh air hutan alami dari bukit sehingga terasa dingin dan menyejukan. Kawasan Wisata Air Terjun Tapian puti ini tentu berasal dari air alami dari pegunungan yang mengaliri seluruh kolam secara bertingkat, dan setiap tingkatnya tentu mempunyai keistimewaan dan keasyikan tersendiri. Setiap tingkat memiliki karakteristik air terjun yang berbeda dan ukuran luasnya. Sangat bening dan bersih dan bisa anda lakukan mandi berendam laksana jacuzzi alami hadir dekat dengan pusat kota Padang.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN TAPIAN PUTI.

Cara jalan menuju ke lokasi air-terjun-tapian-puti adalah setelah anda masuk ke Lubuak Aluang tepatnya di akses jalan Nagari Sikabu jarak dari pusat kota Padang +/- 40 km. Setelah memasuki Nagari Sikabu atau masuk dari persimpangan BLKM, dan sudah ada tulisan yang menyebutkan Wisata Air Terjun ini dan anda akan menemukan jalan aspal dengan panjang +/- 2 km sampai ke lahan kosong di atas bukit. Dan adanya gapura yang bertulisan Selamat Datang. Setelah anda parkir kendaraan di sekitar lokasi ini anda harus estafet menuju ke tempat objek wisata Pemandian Tapian Puti. Selama anda berjalan kaki akan disuguhkan pemandangan yang sangat alami sekali, lebatnya pepohonan hijau, sejuknya udaram ditambah dengan kicauan burung seolah menyambutnya anda di air terjun ini. Jarak perjalanan dari gerbang ini sampai ke lokasi air terjun +/- 15 km berjalan kaki.

Poto oleh: twitter.com/IlhamPoetraTJ

SEJARAH LEGENDA AIR TERJUN TAPIAN PUTI.

Cerita kisah legenda atau sejarah air terjun ini tentu perlu diketahui para wisatawan, tempat ini merupakan pemandian para 7 putri khayangan yaitu kisah percintaan antara Malin Deman dan Putri Bungsu. Penduduk lokal berkisah bahwa ke tujuh tingkatan kolam ini merupakan tujuh putri tadi yang mandi di masing-masing kolam yang ada. Jadi sebabnya, tujuh kolam ini merupakan tempat mandi dari putri tersebut.

KEGIATAN SELAMA AIR TERJUN.

Tentu kegiatan yang anda lakukan di lokasi air terjun tentu menikmati suasana alam yang sangat alami dan bisa menyatu langsung dengan alam. Lokasi yang sangat disukai oleh penduduk lokal untuk wisata juga menjadi tempat untuk menghabiskan waktu akhir pekan dan liburan sekolah. Karena lokasi sangat dekat dan aksesnya cukup bisa ditelusuri dan biayanya tidak terlalu mahal ini menjadi pilihan terbaik untuk anda datang ke lokasi ini.

Apabila anda ingin menjajal keseluruhan tingkat air terjun ini harus melakukan perjalanan menyisir di tepian sungai untuk sampai ke puncak akan membutuhkan waktu tempuh +/- 1 jam berjalanan.

TIPS WISATA AIR TERJUN TAPIAN PUTI.

Selama anda melakukan perjalanan wisata di air-terjun-tapian-puti ini ada beberapa catatan penting bagi seluruh wisatawan yang ingin mendatangi tempat ini sebagai lokasi wisata.

1. Perjalanan wisata ini sebagiknya dilakukan pada musim kemarau, karena air akan terlihat sangat bersih dan bening cocok dengan medan perjalanan yang nyaman saat kaki melangkah.

2. Kunjungan ini memang mebutuhkan fisik karena selama perjalan estafet berjalan kaki jalan yang akan ditempuh relatif licin dan berlumpur. Makanya perjalanan ini sebaiknya dilakukan pada musim kemarau untuk menghindari jalan lumpur dan licin.

3. Jalan akses berjalan kaki ini sudah ada jalan rintisan dan cukup kuat dan jalurnya jelas. Khususnya pada saat penurunan anda harus berhati-hati dan pengawasan. Karena penurunan ini cukup terjal dan relatif sedikit licin.

4. Gunakan sepatu khusus pertualangan karena antisipasi hewan pacet yang bisa saja melekat di kaki, sepatu hiking mendaki gunung sangat direkomendasikan.

5. Lokasi ini merupakan tempat wisata dan jaga selalu kesopanan dan norma-norma serta bagi wanita anda selalu berpakaian tertutup dan menutup aurat.

6. Jika anda ingin mendapatkan spot terbaik sebaiknya berkunjung pada hari biasa jangan pada akhir pekan. Karena akhir pekan sudah tentu pasti banyak dikunjungi oleh para wisatawan dan ramai sekali.

7. Jangan buang sampah sembarangan apapun jenisnya, makanan atau minuman wisatawan yang berkunjung termasuk anda. Lokasi wisata tidak tempat sampah dan selalu jaga lingkungan ini untuk kenyamanan seluruh wisatawan. Baik di lingkungan air terjun atau selama perjalanan menuju lokasi wisata.

Khusus bagi anda yang perokok jangan buang puntung rokok anda sembarangan akan memicu kebakaran karena selama akses perjalanan menuju ke air terjun masih ada semak belukar yang tentu bisa memicu api saat puntung rokok anda masih ada nyala api.

8. Jauhkan sifat corat-coret atau vandalisme di seluruh spot kunjungan air terjun. Sifat yang tidak direkomendasikan karena akan merusak pemandangan dan ketidaknyamanan pemandangan.

9. Bawa bekal dan air minum secukupnya selama perjalanan ke tempat wisata ini. Karena perjalanan estafet tadi tentu membutuhkan air minum dan anda sudah pasti akan cepat haus.

© Copyright 2020 Jasa SMS Blast | Jasa Whatsapp Blast

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang