Air Terjun Timbulun Painan Pesisir Selatan

shape image

Air Terjun Timbulun Painan Pesisir Selatan

Pesona Kabupaten Pesisir Selatan memang surganya wisata alam, tidak hanya wisata bahari laut tersimpan surga wisata alam air-terjun-timbulun-Painan menjadi destinasi baru yang akan menjadi pilihan terbaik untuk anda menyukai tantangan untuk sampai ke lokasi. Tidak cukup rasanya menghabiskan waktu digugusan pulau di Kabupaten Pesisir Selatan sebaiknya di tambah wisata alam air terjun ini menjadi lebih lengkap sehingga waktu yang telah dipersiapkan menjadi berarti. Mungkin, itinerary anda yang sudah dimasukan ke dalam daftar yaitu Pantai Carocok, Wisata Mandeh, Jembatan Akar, dan lainnya itu sudah pasti masik di kota Painan anda harus segera menuju ke air-terjun-timbulun ini untuk melihat ini lah harta karun  liburan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Poto oleh: chirpstory.com
Poto oleh: nazhalitsnaen.wordpress.com

GEOGRAFI AIR TERJUN TIMBULUN PAINAN.

Di lihat dari geografinya air terjun ini memiliki tujuh tingkat setiap tingkat sudah tentu pasti memiliki pemandangan yang sangat indah. Semakin tinggi tingkat yang akan anda jalani tentu memiliki tantangan yang sangat besar untuk uji nyali adrenalin anda. Perjalanan untuk sampai ke lokasi menghabiskan waktu -/+ 4 jam perjalanan dari pusat kota Padang. Jika anda masih berada di kota Painan hanya berjarak 4 km saja. Seluruh capek dan waktu yang cukup lama ini setelah anda sampai ke lokasi terbayar sudah kemegahan air-terjun-timbulun ini akan menghipnotis anda segera bahkan membuat anda menggila untuk tetap berhenti sejenak menikmati air terjun yang unik dan seperti ini hanya ada di kota Painan Kabupaten Pesisir Selatan.

Memiliki tingkat sampai dengan tujuh ini setiap tingkat akan ada kolam. Sekarang ini yang banyak ditempuh oleh para wisatawan sampai ke tingkat tiga, di level tiga ini sudah terlihat pemandangan yang sangat cantik. Karena proses anda untuk sampai ke tingkat tiga ini sudah pasti membutuhkan nyali jalan yang cukup licin dan harus berhati-hati. Karena jarang karena masalah keselamatan tentu menjadi perhatian para pengunjung. Belum terbiasa dengan medan alam yang cukup menantang ini berdampak luruh dengan pemandangan alam sekitar untuk dinikmati. Situasi air terjun yang masih didukung oleh kondisi alam yang sangat hijau dan hutan yang lebat ini akan membuat pandangan anda akan terpesona dibuatnya sehingga rasa penat perjalanan yang ditempuh sirna seketika.

Apabila tidak sampai ke tingkat tiga tidak ada masalah, di tingkat pertama saja sudah memberikan pemandangan yang sangat baik dan indah. Sudah cukup spot untuk mengabadikan seluruh aktifitas anda seperti berfoto atau menguji kepekaan anda terhadap angle spot fotografi yang terjepret di smartphone atau kamera DSLR anda.

Air-terjun-timbulun-Painan sebutan lain adalah air-terjun-pincuran-tujuh-tingkat dengan hulu air berasal dari Taman Nasional Kerinci Seblat yang akan bermuara langsung ke Samudera Hindia atau di Teluk Painan.

TIPS: untuk sampai ke seluruh tingkat hanya ditujukan kepada pecinta alam yang memiliki kemampuan cukup dan teknik mendaki. Karena jalurnya cukup menantang dan terjal butuh persiapan yang sangat cukup. Anda jangan mencoba mendaki sampai ke puncak jika kondisi ilmu dan teknik yang cukup dari tim pecinta alam belum didapatkan, karena masalah keselamatan.

ALAMAT AIR-TERJUN-TIMBULUN-PAINAN.

Terletak di Kampung Painan Timur, IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

KEGIATAN SELAMA DI AIR TERJUN TIMBULUN PAINAN.

Tentu cukup banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di sekitar air terjun ini. Sudah tentu pasti berfoto dan mandi merasakan kesejukan air hutan yang masih terjaga keberadaanya. Tentu untuk mandi setiap tingkat ada lubuk yang bisa dijadikan kolam mandi tetapi ingat kedalaman dan pastikan anda memiliki skil berenang. Karena kedalam lubuk yang mirip kolam mandi ini cukup dalam dan harus bisa antisipasi tenggelam ya harus bisa berenang.

Di tingkat kedua lokasinya agak melandai dan adanya batu alam yang menyatu dengan lokasi air terjun. Disinilah posisi terbaik pula untuk melihat lubuk yang sangat indah dimana bentuk lekukan ini tentu saja proses alami.

Di tingkat tiga air terjunnya agak tegak lurus tingginya sekitar 15 meter. Terdapat lubuk yang cukup dalam dengan warna air jernih agak kehijauan. Di lubuk ini sangat jarang di datangi karena harus melewati arus yang cukup deras karena jaraknya cukup jauh jalan memutarnya tentu dibarengi dengan hutan yang cukup lebat dan rimbun. Keunikan lainnya yaitu pesona tersendiri jika dibandingin dengan tingkat satu atau dua. Di level 3 ini sering terbentuk pelangi yang tentu menjadi sebuah fenomena yang sangat indah.

Selama anda memilih lokasi ini sudah tentu pasti semua kepenatan jalan dan waktu tempuh yang telah anda lakukan akan takjub dengan keindahan alam. Kesejukan air memberikan kesejukan dan hanya bisa anda rasakan di lokasi air terjun yang masih sangat alami ini.

BAGAIMANA CARA KE AIR TERJUN TIMBULUN PAINAN.

Tentu untuk mendatangi lokasi air terjun ini banyak wisatawan yang memulai perjalanan dari kota Padang. Waktu tempuh +/- 4 jam perjalanan dengan jarak tempuh +/- 77 km. Jalan akses menuju ke air-terjun-timbulun-Painan ini tidak sulit, hanya dibutuhkan 500-600 meter saha dari pintu gerbang gapura atau pos security penjagaan dan harus menempuh perjalanan lanjutan ke sungat Bantang Timbulun.

FASILITAS SELAMA DISANA.

Dengan tingginya amimo masyarakat bahkan wisatawan lokal dan dunia telah mengenal air-terjun-timbulun-Painan ini maka Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah berperan serta untuk membuat jalan lebih baik dan sudah ada jalan semen beton yang di cor untuk memudahkan langkah seluruh wisatawan. Ikuti saja jalan yang sudah menjadi rute yang telah dipersiapkan oleh pengelola dan sampai tujuan ke air terjun.

TIPS:

Memang untuk mengunjungi wisata alam seperti ini harus anda partisipasi anda secara langsung untuk menjaga kebersihan dan kesejukan pandangan selama berkunjung. Buang sampah pada tempatnya apapun jenis sampahnya ukuran apakah makanan atau minuman. Karena masalah sampah ini menjadi atensi seluruh pihak yang terlibat walaupun anda hanya sebagai wisatawan. Tempat wisata bukan tempat sampah anda dan selalu siapkan kantong plastik sendiri dan buang di tempat yang telah disediakan.

Hal yang sangat penting adalah, objek batu yang datar selalu menjadi tempat untuk tangan jahil yang melakukan corat-coret alias vandalisme. Cara seperti ini tidak terpuji dan merusak alam bahkan pemandangan asri alami seperti bisa rusak dengan tulisan yang tidak ada manfaatnya buat wisatawan keseluruhan.

Pakaian yang rapi saat berkunjung, hormati adat lokal yang selalu mengedepankan keseponan dan atensi norma yang harus anda perhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamt datang di air-terjun-timbulun-Painan Kabupaten Pesisir Selatan.

© Copyright 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang
close
Jual Software Whatsapp Bulk Sender Blaster Anti Banned