Indahnya Pemandangan Alam Panorama Bukit Gagoan Solok Sumatera Barat

shape image

Indahnya Pemandangan Alam Panorama Bukit Gagoan Solok Sumatera Barat

Pesona Bukit Gagoan atau Puncak Gagoan telah dihinggapi sensor hipnotis seluruh wisatawan atau traveler lokal buat melihat indahnya spot terbaik alam berlatar Danau Singkarak. Wisata-Solok yg sudah mulai berbenah untuk siap mendapat para penakluk medan terjal & berliku ini menjadi keasyikan tersendiri bila telah menaklukan menggunakan teknik yg benar & minimalisir resiko yg disebabkan terasa andalah seorang kampiun. Gagoan-Peak-Solok sudah mulai dilirik oleh traveler semua dunia karena akses yg butuh tantangan seperti hiking atau semi mendaki gunung bisa dilakukan secara bersamaan waktu isu terkini liburan tiba pastinya anda tidak butuh poly porto buat mewujudkan liburan singkat, padat,

Poto oleh: aissyputriz.wordpress.com

GEOGRAFI BUKIT GAGOAN.

Penduduk lokal menyebutnya Bukik-Gagoan memang ada artinya. Makna ini sebenarnya berasal dari penggalan kata Gagau di Bahasa Minangkabau yang berarti gamang atau bermakna takut jatuh atau takut ketinggian. Memang benar adanya, Bukit Gagoan ini memang berada di posisi batuan karang yang keras dengan tingkat terjal, curam, dan kemiringan bukit sudah bisa mencapai 90 derajat tentu sebuah spot sebagian orang menyebutnya gila dengan sejumlah solusi tantangan yang harus dicermati jangan sampai salah akan menimbulkan korban. Jadi, pastikan untuk mendatangi lokasi ini anda sudah ada mental pecinta alam, fisik prima, tidak mudah menyerah, dan harus mentaati seluruh teknik yang tepat untuk melangkah agar perjalanan tetap pada jalur dan selamat.

Puncak Bukik-Bukit-Gagoan ini diapit oleh dua buah bukit yang berbatasan langsung dengan sungai air yang sangat jernih yang telah dimanfaatkan sebagai sumber air bersih oleh pemerintah untuk dialirkan keseluruh rumah penduduk lokal dengan pipa yang terlihat jelas dari puncak sampai ke bawah bukit. Apabila anda menuju ke puncak bukit harus memperhatikan treking yang akan dilalui karena sangat sempit, jika anda phobia ketinggian tidak disarankan untuk sampai ke puncak.

BAGAIMANA CARA KE BUKIT GAGOAN.

Puncak ini berada di Nagari Paninggahan di Kecamatan Tanjung Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Puncak Bukit Gagoan ini berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Solok atau sekitar 77-80 km dari pusat kota Padang. Sampai ke lokasi ini banyak diminati oleh seluruh wisatawan menggunakan sepeda motor atau roda empat. Khusus untuk roda empat hanya sampai di lokasi dasar untuk pendakian karena perjalanan ini seperti jalan setapak yang bisa dilalui oleh sepeda motor atau sepeda mountain bike.

Rekomendasi terbaik adalah menggunakan roda dua karena jalan yang cukup sempit ini bisa dilalui dengan baik. Perjalanan akan dimulai saat anda memasuk lokasi Pasar Sumani dan perjalanan dari sini akan menempuh jarak sekitar 7 km dengan waktu tempuh +/- 30 menit. Berbelok kekiri setelah Pasar Sumani sebelum jembatan menuju ke nagari Saniangbaka. Lanjut terus perjalanan setelah anda menemukan tugu khas yang ada model bagonjong anda berbelok kekiri, walaupun jalur ini cukup sepi dilalui tetapi bisa juga sampai ke posko penjagaan yang dilengkapi dengan mushola dan toilet umum. Kondisi jalan yang masih berbatu dan terjal harus memperhatikan kecepatan berkendara agar posisi pijakan masih dalam status selamat.

Waktu terbaik kunjungan ke Bukit Gagoan ini adalah pada musim kemarau. Dan anda harus paham bahwa sekitar bulan Maret S/d Juli setiap tahun daerah ini dalam masa musim hujan, musim kemarau pada bulan Februari, sedangan musin pancaroba pada bulan Agustus S/d Oktober.

Objek wisata ini telah dikelola swadaya oleh penduduk lokal dan sebenarnya tidak ada biaya pasti untuk dibebankan kepada wisatawan. Tetapi anda sebagai wisatawan memberikan effort untuk penduduk lokal yang menjaga kebersihan dan menjaga kendaraan anda saat parkir. Biaya parkir dimulai dari harga IDR5000 untuk sepeda motor.

Objek paling disukai sebenarnya di Bukik Gagauan ini adalah tiga spot terbaik yaitu wisata tebing, pemandangan alam berlatar Danau Singkarak, serta spot padang rumput yang cantik.

Spot PAdang Rumput di Puncak Gagoan Solok. Poto oleh: barrabaa.com

ALAMAT PEMANDANGAN BUKIT GAGOAN SOLOK.

Lokasi alamat tempat wisata Bukit Gagoan ini adalah Nagari Paninggahan Junjungan Sirih, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat.

TIPS MENGUNJUNGI BUKIT GAGOAN.

Ada beberapa tips khusus bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ke Bukit Gagoan ini sebagai wisata alternatif yang masih dekat dengan pusat kota Solok dan reltif dekat dari kota Padang.

1. Sebaiknya anda memulai perjalanan pada pagi hari dan pad musim kemarau atau pada musim yang sangat bersahabat agar treking yang dilalui tetap baik dan nyaman.

2. Perjalanan ini sebaiknya menggunakan sepeda motor roda dua sebaiknya menggunakan kopling karena medannya sangat menantang.

3. Pada saat treking dengan jalur yang berbatu sebaiknya anda memakai sepatu khusus mendaki gunung dengan sol yang kuat saat berjalan terasa kokoh dan langkah terasa kuat.

4. Bawa perlengkapan secukupnya tidak perlu membawa jumlah banyak. Pastikan anda membawa handuk kecil, topi, sun block, hingga pakaian lengan  panjang untuk antisipasi hal yang tidak nyaman selama perjalanan.

5. Bawa logistik makanan dan minuman secukupnya, karena selama perjalanan anda butuh konsumsi makanan ini agar tetap prima. Sebaiknya bawa jenis sehat dan menyehatkan agar bisa memberikan tenaga ekstra yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Untuk mendapatkan spot pemandangan latar Danau Singkarak pastikan waktu kunjungan harus terbebas dari musim hujan ataupun musim berkabut. Karena sekitar lokasi ini situasi seperti ini masih sering terjadi.

7. Selama melakukan perjalanan anda harus memperhatikan untuk tidak membuang sampah sembarangan apapun jenisnya makanan atau minuman. Lokasi perjalanan ini masih ada rumput ilalang dan semak belukar pastikan sampah yang anda bawa tidak mengundang percikan api yang bisa memicu kebakaran. Saat anda berada dipuncak harus berhati-hati karena di puncak luasnya tidak begitu luas dan harus bergantian jika pengunjung banyak.

8. Jangan melakukan corat coret atau vandalisme di batu puncak Bukit-Gogoan karena akan merusak pemandangan. Apapun bentuknya dan kecilnya tulisan anda tidak diperkenankan untuk melakukan hal yang tidak mengundang kenyamanan pandangan.

9. Selama anda melakukan treking harus fokus dan berhati-hati jangan selalu bercanda jika anda berangkat secara rombongan. Karena perjalanan terjal dan curam apabila anda tidak fokus dengan langkah dan pijakan akan berakibat fatal. Karena sudah ada beberapa kejadian para wisatawan yang jatuh korban dalam treking adventure seperti ini.

10. Jangan malu bertanya kepada penduduk lokal jika anda masih ragu untuk rute perjalanan sampai ke Bukit Gagoan atau Bukit Gagauan. Jika anda ragu akan berputar jauh dan waktu akan terbuang sia-sia.

© Copyright 2020 Jasa SMS Blast | Jasa Whatsapp Blast

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang