Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Balikpapan: Makanan, Souvenir, Hingga Kerajianan - RAJANGIKLAN.COM | Jasa Iklan Adwords Situs Judi Online | Jasa Whatsapp Broadcast

Jangan Lupakan Oleh Oleh Khas Balikpapan: Makanan, Souvenir, Hingga Kerajianan

Memang setelah berkunjung ke Balikpapan

1. Aksesori Souvenir Budaya Khas Suku Dayak.

Poto oleh: balikpapanpremio.com

Kayanya hasil karya dari Suku Dayak yang ada di Kalimantan ini juga bisa ditemukan di Balikpapan. Sangat khas dan unik ini tercipta beberapa produk aksesori dan souvenir budaya yang terpajang banyak di pasar tradisional hingga di toko oleh oleh. Membeli oleh oleh ini anda sudah memajukan usaha UKM disana dan membuka lapangan pekerjaan sehingga hidup sebuah siklus ekonomi. Jenis pilihan aksesori souvenir cinderamata ini cukup banyak dimulai dari kalung, anting, tas, hingga ukiran khas suku Dayak bisa anda temukan. Tempat yang menjadi favorit adalah di Pasar Kebun Sayur dan Pasar Impres yang sudah terkenal oleh para perantauan dan traveler seluruh dunia.

2. Kue Mantau.

Poto oleh: dunianugroho29.blogspot.com

Memang mirip kue dari negara Cina benar adanya. Tetapi jenis yang ada di Balikpapan ini cukup berbeda dan unik disesuaikan dengan selera dari penduduk lokal. Awalnya mungkin berasal dari peranakan Cina yang bermukim di Balikpapan membuat makanan ini dijual, menjadi terkenal disukai oleh penduduk lokal sehingga menjadi sebuah oleh oleh yang praktis di jual di toko oleh oleh. Harganya sangat terjangkau membuat hadiah untuk teman di perantau sudah mulai menjadi pilihan.

3. Snack Amplang Ikan.

Poto oleh: travelingyuk.com

Jenis kerupuk yang bahan dasarnya dari ikan pipih termasuk macam jajanan yang sangat mudah sekali ditemui di kota Balikpapan. Bahan dasar yang ada sekarang sudah ada jenis ikan tenggiri menjadikan rasa amplang ikan ini cukup gurih dan kriuk saat dikunyah. Banyak penduduk lokal Balikpapan menyebut bahwa amplang adalah oleh oleh khas yang harus di bawa jika tidak  ada tidak lengkap perjalanan wisata dari sana. Cukup mudah ditemukan dan banyak penjual yang menyediakan snack amplang ikan yang akan diburu oleh traveler lokal dan seluruh dunia.

4. Olahan Dari Kepiting.

Poto oleh: Abon Kepiting Shifodji

Pilihan lain jatuh ke olahan dari kepiting yang sangat fenomenal. Jenis kepiting dari Balikpapan ini cukup berbeda dan khusus penggemar kepiting ini lah oleh oleh yang haru anda beli. Bukan hanya hidangan saja yang terkenal seperti kepiting saus Padang, tauco, ataupun asam manis tetapi olahan dalam bentuk abon kepiting. Sangat unik dan khas sekali yang bisa anda dapatkan dari kota Balikpapan. Olahan bahan daging kepiting lainnya juga banyak ditemukan dengan beragam jenis yang sangat lezat dan gurih.

5. Onde-Onde Isi Ubi Ungu.

Poto oleh: mytrip123.com

Sebelumnya anda mengenal onde-onede isi kosong saja atau isi kacang ijo, di Balikpapan ada onde onde isian dari ubi ungu yang tentu memiliki keunikan dan khas dari kota Balikpapan. Varian lain juga tersedia dimulai dari coklat dan keju, yang sangat unik dan original memang ubi ungu. Jenis makanan ringan ini sudah mulai populer dengan harga yang sangat terjangkau dan dapat diperoleh di rumah kue Brownies. Pastinya anda akan langsung jatuh cinta dengan jenis onde-onde yang satu ini.

6. Kue Bingka.

Poto oleh: fantasticrab.wordpress.com

Kue yang tradisional dari kota Balikpapan harus masuk ke dalam itinerary belanja oleh oleh anda disana. Sudah banyak traveler menjadikan kue bingka sebagai buah tangan terbaik yang rasanya manis dan lembut. Sejenis kue basah yang tidak tahan lama dengan aneka rasa pilihan seperti pisang, pandan, coklat, keju, gula merah, atau pandan. Oleh oleh khas unik ini sebaiknya sampai di kota tujuan langsung di santap karena kue basah ini tidak menggunakan pengawet. Berbahan dasar dari telur, kentang, susu, mentega, gula, dan santan ini mampu menghipnotis para perantau dan wisatawan yang berkunjung di kota Balikpapan.

7. Kue Bakpia.

Poto oleh: Kue Pia Jaya Balikpapan

Tidak hanya ada di Yogyakarta saja ternyata di Balikpapan juga ada Bakpia. Yang membuat perbedaan dengan bakpia di Yogyakarta adalah ukurannya yang lebih besar tentu satu sudah cukup mengenyangkan. Rasanya tidak memberikan efek manis yang berlebihan dari kulit bakpianya cocok sebagai cemilan di waktu senggang saat anda berada di kantor atau kumpul bersama teman. Keseluruhan gigitan ini ada campuran rasa gurih dan asin yang menjadikan oleh oleh menjadi kudapan yang merakyat. Pilihan rasa ada tersedia dimulai dari rasa coklat, keju, hingga kacang ijo menjadi pilihan traveler.

8. Kain Batik Khas Balikpapan.

Poto oleh: inibalikpapan.com

Sebuah budaya membuat batik tidak hanya di pulau Jawa saja, di Balikpapan juga ada pilihan batik khasnya. Koleksi ini memang bisa anda jadikan sebagai oleh oleh khas yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi atau sebagai hantaran. Corak dan warna khas penduduk lokal dengan budaya yang menyatu di kain batik cukup berbeda dengan batik yang ada di pulau Jawa. Bisa di jadikan sebuah fashion untuk kantoran atau ke resepsi pernikahan.

9. Batu Alam dan Batu Mulia Khas Balikpapan.

Poto oleh: kitadankota.wordpress.com

Kota Balikpapan sebagai surganya batu alam dan batu mulia. Seluruh gema ke seluruh dunia sudah mulai berdatangan para wisatawan seluruh dunia untuk memburu batu ini sebagai aksesoris ataupun sebagai fashion. Batu asli dari Kalimantan memang banyak ditemukan di kota Balikpapan yang bisa anda jadikan sebagai oleh oleh khas unik yang bisa dipadukan dengan berbagai macam perhiasan untuk istri atau seserahan mau pernikahan. Dengan harga yang sangat terjangkau ini bisa menjadi sebuah pilihan terbaik untuk segala kesempatan untuk menunjang penampilan yang akan anda tonjolkan dari batu alam yang sangat indah ini. Lokaso terbaik untuk mendapatkan batu alam dan batu mulia ini di Pasar Kebun Sayur sebagai pusatnya.

10. Songket Khas Balikpapan.

Poto oleh: sakurrivaldo.com

Hasil karya budaya yang ada di kota Balikpapan yang bisa anda jadikan sebuah hadiah ataupun jenis oleh oleh unik khas akan memilik kain songket, Kain songket yang memiliki corak dan sudah berbentuk kain ini bisa dijadikan sebagai pakaian resmi atau pakaian untuk resepsi. Sudah banyak peminat dari wisatawan dunia dan lokal menjadikan songket Balikpapan sebuah fashion untuk berbagai keperluan pria dan wanita. Jadi, jangan sampai peluang ini saat berkunjung ke Balikpapan untuk singgah ke toko oleh oleh yang menyediakan songket sebagai produk utamanya.

PENUTUP.

Untuk membeli semua jenis oleh oleh khas dari kota Balikpapan Kalimantan ini bisa tertuju pada Pasar Impres dan Pasar Kebun Sayur. Alasannya harga tentu lebih kompetitif dari toko. Banyak sekali rekomendasi yang diberikan oleh rekan traveler untuk berkunjung ke dua pasar ini sebagai lokasi yang sangat tepat, anda bisa mendapatkan seluruh kebutuhan oleh oleh ini di satu tempat. Semoga bermanfaat artikel ini.

Want to get Attractive Offer Info?