Oleh Oleh Khas Cirebon Sepanjang Masa: Kenali, Cicipi, Beli Bawa Pulang

shape image

Oleh Oleh Khas Cirebon Sepanjang Masa: Kenali, Cicipi, Beli Bawa Pulang

Oleh-oleh-khas -Cirebon. Saat anda menikmati liburan nir terlalu jauh menurut DKI Jakarta hanya memakai kereta api saja sudah sampai pada Cirebon menjadi destinasi yang sangat dekat ini terpilih buat melengkapinya harus mencari apa sang-sang khas unik Cirebon yg mampu menciptakan diri anda menjadi terpesona olehnya. Kota yang terletak pada pesisir bahari ini populer menggunakan cuaca sedikit panas menciptakan keunikan serta keotentikan hasil sang-oleh sangat jempolan ini. Jadi, Plesirankotatua berhasil mengihimpun seuruh informansi yang anda butuhkan terdapat pada tabrakan pena artikel ini menciptakan anda nir perlu lagi mencari informas lain yang bisa dijadikan pilihan terbaik buat menikmati keseluruhan jenis yang tersedia pada Cirebon menggunakan lengkap. Berikut penjelasannya.

1. RENGGINANG.

Poto oleh: id.wikipedia.org

Sangat tradisional sekali hingga sekarang masih tetap eksis

2. SERABI.

Poto oleh: aryanirahmadita.blogspot.com

Cirebon juga ada serabi makanan tradisional ini sangat mudah ditemukan dengan rasa yang manis dan berbalur dengan beberapa toping pilihan. Olahan menu ini memang di buat secara tradisional menggunakan cetakan khusus yang dipanggang diatas bara api. Terasa lembut pada saat digigit terasa lengket di lidah yang membuat ketagihan tingkat tinggi untuk menyantap kembali ke porsi berikutnya. Dengan majunya bisnis ini membuat oleh-oleh-khas-Cirebon ini telah menjelma dan bisa kekinian dengan diberikan beberapa pilihan yang disesuaikan selera berupa tambahan toping walaupun rasa original masih bisa ditemukan. Bisa dijadikan buah tangan untuk kerabat di kota tujuan dan pastinya harga sangat sangat terjangkau untuk satu buahnya.

Baca juga:

Oleh Oleh Khas Jakarta: Terpilih Sebagai Rekomendasi Bagi Traveler

Kenali Oleh Oleh Surabaya: Nikmati Kemudian Beli Untuk Bawa Pulang

Rekomendasi Makanan Khas Solo Nikmati Kelezatannya

Oleh Oleh Khas Solo: Makanan, Minuman dan Souvenir

Pastikan Oleh Oleh Khas Bangka: Makanan atau Minuman Telah Masuk Daftar Belanja Sebelum Pulang Ke Kota Tujuan

3. ANEKA JENIS KERUPUK.

Memang penduduk lokal Cirebon memiliki kemampuan untuk menciptakan kreasi makanan berupa olahan aneka jenis macam kerupuk untuk memperlezat makan saat di meja makan. Kerupuk tidak bisa terlepaskan dari selera makan yang ingin menjadi lebih tajam, bahkan kerupuk bisa dijadikan sebagai kudapan senggang saat anda mengisi waktu luang. Oleh-oleh-khas-Cirebon ini bisa anda pilih sesuai dengan selera dan jenisnya banyak.

a. Kerupuk Udang.

Poto oleh: jajanancirebon.com

Banyaknya hasil tangkapan laut membuat jenis kerupuk ini banyak di buat oleh penduduk lokal. Tekstur renyah dan kress gurih siap disantap dengan tambahan bumbu pilihan yang akan menjadikan waktu makan menjadi lebih terasa enaknya. Bahan yang dipakai memang dari udang segar laut pilihan disaat jumlah tangkapan berlimpah dan harganya menjadi lebih mahal maka dibuat lah olahan kerupuk sebagai diversifikasi produksi untuk sebuah kemajuan ekonomi usaha kecil menengah. Dimana anda membeli kerupuk ini tempatnya cukup banyak seperti di toko oleh oleh hingga pasar tradisional yang tersedia dengan cukup jumlahnya.

b. Kerupuk Melarat.

Poto oleh: bobo.grid.id

Walaupun namanya sedikit ekstrim tetapi nama kerupuk ini tentu disukai oleh seluruh lapisan masyarakat. Dimasak menggunakan pasir untuk tercipta sebuah hasil kerupuk yang kress nyess ini tidak menggunakan minyak goreng sama sekali. Ciri khas oleh-oleh-Cirebon ini memiliki warna yang cukup terang yaitu merah atau hijau. Penjual kerupuk ini banyak ditemui di sepanjang jalan Cirebon ataupun anda juga bisa membelinya secara mentah untuk mencoba sensasi menggorengnya dengan pasir di rumah.

c. Kerupuk Rambak.

Poto oleh: shop.khairunnas.com

Kerupuk yang sangat digemari ini terbuat dari kulit sapi yang sangat khas dari Cirebon dan selalu dicari sepanjang masa. Namanya kerupuk rambak yang proses pembuatannya kulit sapi dibersihkan dan disamak. Setelah disamak dan proses penjemuran dan pengeringan harus mempunyai takaran tersediri agar saat di goreng bisa merekah dan kres digigit. Anda bisa mendapatkan jenis oleh-oleh-khas-Cirebon ini toko oleh-oleh dan pasar tradisional yang menyediakan kerupuk ini yang bisa anda tambahkan di aneka jenis gulai, aneka sop, hingga di makan bersama sate pun bisa tambah lebih enak.

e. Kerupuk Emping.

Poto oleh: empingmelinjomanis.blogspot.com

Banyaknya pasokan emping di sekitar Cirebon menghasilkan olahan kerupuk emping yang sangat gurih dan renyah setelah digoreng pada minyak panas. Jumlah pohon melinjo sebagai bahan baku ini tersebar banyak di pelosok kota Cirebon ini berbagai jenis varian muncul dalam kemasan. Di mulai dari rasa original, pedas, asin, hingga manis pedas menjadi pilihan terbaik sebagai daftar belanja oleh-oleh-khas-Cirebon. Tempat yang banyak didatangi memang pusat toko oleh-oleh dan pasar tradisional sebagai kerupuk emping mentah dengan rasa original.

4. BATIK CIREBON.

Poto oleh: kampungukmdigital.com

Sebagai hasil maha karya sebuh peradaban dunia ini batik yang ada di kota Cirebon memiliki corak dan warna yang sangat cocok untuk digunakan pada segala suasana. Merupakan sebuah kebudayaan asli Indonesia dan wajib dimiliki oleh anda saat berkunjung ke kota Cirebon ini dan bisa dipakai untuk saat kerja hingga resepsi acara resmi. Motif yang sangat terkenal sampai sekarang ini adalah mega mendung yang sangat spesifik ke kota Cirebon, nah sudah pasti masuk ke dalam daftar belanja oleh-oleh-khas yang harus dimuliki dan bisa anda dapatkan langsung di sekitar pusat kota.

5. TAPE KETAN.

Poto oleh: cirebonradio.com

Cirebon juga memiliki jenis olahan tape ketan yang memiliki rasa yang sangat tentu berbeda istimewa. Masuk dalam oleh-oleh-khas-Cirebin ini banyak dijumpai di sekitar pasar tradisional hingga di toko pusat oleh oleh. Dengan rasa khas ini terbuat dari ketan hitam yang telah di fermentasi ini dimakan bersama ketan putih tentu memberikan sebuah pilihan buah tangan yang bisa anda sajikan bersama keluarga di rumah. Harganya sangat terjangkau dan mampu bertahan sampai sekarang sebagai kuliner wajib saat berada di kota Cirebon.

6. TERASI UDANG.

Poto oleh: foody.id

Tidak hanya kerupuk udang saja olahan udang juga dibuat terasi udang juga menjadi sebuah hasil karya penduduk lokal sebagai bahan baku untuk membuat sambel atau campuran menu makanan yang akan dibuat. Julukan kota udang memang sangat terkenal ini memang menghasikan olahan udang yang sangat dicari memang nyata adanya. Terasi dari Cirebon ini memang sangat terkenal sekali ini banyak digunakan sebagai bahan baku untuk membuat sambel terasi, kangkung tumis terasi, dan lainnya. Lokasi tempat membeli terasi udang ini memang di pusat kota ataupun di toko oleh-oleh yang tersebar di kota Cirebon.

7. IKAN ASIN.

Poto oleh: cirebonradio.com

Daerah pesisir memang banyak menghasilkan jenis ikan yang bisa dijadikan bahan baku pembuatan ikan asin yang banyak dijumpai di pasar tradisional yang tentu bisa dijadikan sebuah pilihan untuk oleh-oleh bahan makanan bergizi dari hasil laut. Jenisnya juga banyak ada juga ikan teri yang dijual dengan jumlah yang cukup ini menjadi andalan menu lezat gurih bersama dengan sambel pedas. Proses memasaknya sangat mudah sekali hanya persiapkan jenis ikan asin yang akan dijadikan masakan dan goreng di minyak panas. Tentu campuran sambel dan bahan lainnya bisa membuat makan siang anda menjadi lebih lezat dan terbuai dengan kualitas bagusnya ikan yang mereka sediakan.

8. KUE GAPIT.

Poto oleh: mori77.blogspot.com

Jenis oleh-oleh-Cirebon yang juga disukai adalah kue gaput. Terbuat dari tepung tapioka dan teksturnya terasa renyah kres. Cocok sekali sebagai teman minum teh atau kopi bersama teman atau keluarga. Anda jangan khawatir harganya sangat terjangkau ini mampu bersaing dengan kue terkini lainnya karena proses pembuatannya masih tradisional dan menggunakan bahan-bahan alami. Terpilih sebagai kue sepanjang masa ini proses pembuatannya menggunakan lempeng besi yang dipanaskan terlebih dahulu dan kue sudah matang sempurna siap disajikan. Rasa bawang dan lainnya bisa menjadi pilihan.

9. JERUK NIPIS PERAS {JENIPER}.

Poto oleh: traveltodayindonesia.com

Nama orang dijadikan nama minuman, kenapa tidak?. Jeniper atau sebuatan jeruk nipis peras ini sudah dijadikan minum yang telah dikemas dalam botol sehingga lebih terjamin kualitasnya. Rasa jeruk nipis yang sangat kuat ini bisa dijadikan sebagai minuman sehat yang harus dicampurkan dengan jumlah air terterntu agar bisa diminum saat udara panas terasa. Segar dan menyegarkan menggunakan bahan pilihan ini banyak dibeli oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh dari kota Cirebon yang ngangenin.

10. GULA BATU.

Poto oleh: buletinaktual.com

Gula krital keras ini sangat banyak dipilih untuk campuran minuman teh di cafe bahkan di tempat makan di mall. Tetapi anda bisa membeli gula batu ini di kota Cirebon dimana proses pembuatannya menggunakan teknik khusus agar tekstur keras kristal yang diinginkan bisa tercipta dengan baik. Sebagian orang menyebutkan bahwa gula ini termasuk gula yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan sangat mudah diserap oleh organ pankreas. Dengan berkembangnya permintaan dari konsumen maka tercipta beberapa varian rasa yang bisa dipilih seperti rasa lemon, leci, dan tentu original. Penggunaan gula batu ini di seduh dengan air yang sangat panas agar proses pelarutannya cepat dan minuman segera bisa dinikmati.

© Copyright 2020 Jasa SMS Blast | Jasa Whatsapp Blast

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang