Oleh Oleh Khas Jakarta: Terpilih Sebagai Rekomendasi Bagi Traveler

shape image

Oleh Oleh Khas Jakarta: Terpilih Sebagai Rekomendasi Bagi Traveler

Saatnya berburu sang-oleh-khas -Jakarta sebagai pilihan terbaik buat dijadikan menjadi hantaran di kampung halaman. Tidak hanya mall yg poly

1. ROTI BUAYA.

Poto oleh: goodindonesianfood.com

Menu ini sangat familiar sekali karena Jakarta masih identik dengan roti buaya sebagai budaya yang melatarbelakangi kota ini menjadi ibu kota negara Indonesia. Roti yang sangat banyak digunakan oleh suku betawi ini untuk berbagai acara penting seperti pernikahan juga bisa dinikmati sebagai roti di hari biasa saja. Memang dari nanmaya juga mencerminkan roti yang sebutan yang memberikan makna di sebuah acara pernikahan yaitu, sifat buaya yang hanya memiliki pasangan setia sampai umur menjelang akhir. Rasa roti buaya manis, gurih, dan berbagai ukuran. Memang belum semua roti buaya ini di jual di beberapa toko roti tetapi masih bisa ditemukan dan dibeli bahkan dipesan secara home made di perkampungan Betawi yang ada di Jakarta.

2. DODOL BETAWI.

Poto oleh: merdeka.com

Makanan tradisional yang termasuk oleh-oleh-khas-Jakarta sudah menjadi pilihan para wisatawan dengan rasa manis dan gurih. Dodol Betawi menjadi khas walaupun di beberapa daerah di Indonesia memiliki menu ini sebagai oleh oleh. Bahan dasar dari dodol masih menggunakan tepung ketan dan dicampur dengan gula merah yang bisa ditambah dengan rasa lain sebagai varian untuk sebuah jenis tipe dodol yang diinginkan. Dodol ini sudah mulai banyak ditemukan di toko oleh-oleh dan beberapa pusat toko pasar tradisional tersebar di Jakarta.

3. KUE SEMPRONG.

Poto oleh: pengusahasukses.com

Termasuk oleh-oleh-Jakarta yang sudah melegenda ini memiliki tekstur gurih renyah. Berbentuk tabung dan panjang warna coklat keemasan. Setiap kemasan akan mengeluarkan aroma harum dari bahan kue yang digunakan tentu kres krispi saat dimakan. Biasanya kue ini akan banyak ditemukan di pasar tradisional yang bisa anda beli sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga di kampung halaman. Sebenarnya bahan dasar pembuatan makanan ini dari tepung beras, gula pasir, vanila esense, dan cetakan untuk memasak donan di jepit. Saat masih hangat langsung di gulung berbentuk tabung.

4. BIR PLETOK.

Poto oleh: lenterakeluarga.com

Minuman tradisional ini memang sudah sangat jarang tersedia karena sudah mulai langka penjual yang masih mau dan ulet membuat bir ini sebagai minuman asli dari betawi. Termasuk jenis oleh-oleh-Jakarta yang masih bisa dijumpai walaupun sulit anda bisa merasakan hangatnya minuman ini untuk kesehatan terutama masuk angin dan pegal-pegal. Bahan yang digunakan sudah tentu pasti dari rempah-rempah seperti jahe, daun pandan, cengkeh, dan lainnya ini menggunakan gula asli sebagai perasa manis. Jadi masukan minuman ini pada oleh-oleh-Jakarta sebagai destinasi belanja untuk sanak saudara di kampung halaman. Mungkin dari beberapa dari anda ingin mengetahui kenapa bernama bir pletok karena proses pembuatannya yang di rebus dan berbunyi letup letup makan penduduk lokal betawi menyebutnya pletok. Jadi lah dengan kondisi ini disebut dengan bir pletok.

5. KUE KEMBANG GOYANG.

Poto oleh: ngalam.co

Makanan khas dan masuk dalam oleh-oleh-Jakarta adalah kue kembang goyang yang teksturnya agak keras dan saat digigit terasa kres dan rapuh. Terasa manis gurih ini tentu menjadi sebuah pilihan yang sangat dinikmati sebuah pilihan oleh-oleh yang bisa anda beli untuk hantaran sebagai snack di kala sore hari. Terbuat dari telur, tepung beras, garam, dan air jahe ini mampu menjadi snack sehat tradisional yang bisa didapatkan di toko oleh-oleh atau di pasar tradisional. Jika disimpan tahan lama masih bisa dinikmati karena cukup awet dan bisa menjadi sebuah kudapan ringan selama perjalanan jauh atau pun sebagai hidangan lebaran nanti.

6. KUE GEPLAK.

Poto oleh: indonesiakaya.com

Sangat unik dan khas Betawi Jakarta ini biasanya masuk dalam sebuah hantaran atau seserahan bersama dengan tori buaya. Pengantin pria akan membawa jenis makanan ini sebagai pelengkap adat untuk mendatangi manten wanita. Berbahan dasar tepung beras dan warna coklat setelah di masak ini ada sedikit bercak putih rasanya sangat lembut dan manis sebagai snack yang sangat enak dan gurih. Proses pembuatannya yang masih sangat tradisional ini lah dibuatnya ditepuk-tepuk orang Betawi menyebutna di geplak. Kue ini masih banyak dijumpai di daerah Bintaro sebagai tempat yang masih bisa menyediakan kue tradisional seperti kue geplak.

7. SOUVENIR KHAS BETAWI.

Poto oleh: khasjakarta.com

Jakarta identik dengan simbol ondel, menara monas, serta kaos I Love Jakarta sebagai pilihan terbaik yang bisa dijadikan sebuah pilihan oleh-oleh-Jakarta. Jenis souvenir ini tentu bisa anda sesuaikan dengan pilohan dimulai dari gantungan kunci, pin, gelang, hingga sendal unik khas betawi. Biasanya seluruh jenis souvenir ini banyak ditemukan di sekuitar daerah wisata kota tua di Museum Fatahilang sebagai surganya pilihan souvenir.

8. TAPE ULI.

Poto oleh: lifestyle.okezone.com

Makanan khas dari Jakarta ini memang sangat tradisional dan memang khas dari Betawi. Kudapan ini sangat disenangi karena proses yang dibuat menjadi tape harus menggunakan ragi dengan beras ketan hitam. Proses pembuatan masih sangat tradisional ini memberikan rasa yang sedikit asam dan sangat nikmat sekali. Sekarang ini masih langka penjual yang menyediakan makanan ini tetapi anda jangan khawatir masih bisa menemukannya saat adanya pameran kuliner Betawi dengan pilihan sebagai oleh-oleh-Jakarta yang sangat direkomendasikan.

9. KUE TELUR GABUS KEJU.

Poto oleh: beepdo.com

Kue tradisional dari betawi juga masih ada sebagai pilihan di oleh-oleh-oleh-Jakarta. Namanya kue telur gabus keju ini sabgat favorit dengan rasa keju gurih menyatu di satu gigitan. Mungkin sebagian orang menyebutnya kue taring harimay karena ujungnya runcing mirip dengan taring binantan buas ini. Memang namanya sangat nyeleneh dan unik tetapi rasanya sangat kekinian sesuai dengan tema zaman now yang bisa dinikmati seluruh usia. Saat digigit terasa empuh, renyah, dan gurih ini membuat rasa ketagihan tak terkira bisa menghipnotis anda.

10. KUE AKAR KELAPA.

Poto oleh: vebma.com

Satu lagi makanan yang hampur luput dari pengamanan sebagai traveler yaitu kue akar kelapa. Kue ini memang mirip dengan akar kelapa yang bisa menjadikan teman minum teh atau kopi di sore hari dengan kres dan renyah. Bisa masuk dalam oleh-oleh-Jakarta yang mampu bertahan sampai sekarang karean otentik membuat fenomena sebuah snack sebagai makanan ringan tidak bisa terkalahkan. Sudah banyak tersedia di toko oleh-oleh berbagai ukuran kemasan dan berat.

11. PAKAIAN ABANG NONE JAKARTA.

Poto oleh: tribunnews.com

Sebagai pusat suku Betawi di Jakrta ini menjadi sebuah ikonik pilihan pakaian yang di pakai oleh abang none yang dikenakan saat pagelaran pemilihan untuk promosi pariwisata. Pakaian ini memang di pakai oleh suku Betawi sebagai pakaian tradisional di pesta budaya bisa anda dapatkan di beberapa pusat perbelanjaan. Terutama di Tanah Abang dan lokasi lainnya di kota Jakarta. Masukan di daftar dan jangan sampai lupa masuk dalam destinasi oleh-oleh-Jakarta saat anda berlabuh di pusat ibu kota Republik Indonesia.

12. JAJANAN KEKINIAN HITS JAKARTA.

DKI Jakarta sudah banyak sekali pilihan tersedia jajanan kekinian zaman now yang bisa anda pilih. Pilihan itu tertuju pada makanan basah hingga makanan kering yang banyak tersedia di pusat perbelanjaan bahkan di Bandara Soekarno Hatta. Pilihan yang banyak adalah makanan pastry, bakery, hingga jenis donut di pilih sebagai hantaran yang tidak bisa terelakan karena rasa enak, manis, dan gurih ini. Jadi, untuk keluarga tercinta di kota tujuan tidak perlu khawatir untuk menunjuk pilihan karena lokasi penjualannya cukup lengkap bahkan hampir seluruh mall tersedia.

Baca juga:

Kenali Oleh Oleh Surabaya: Nikmati Kemudian Beli Untuk Bawa Pulang.

Oleh Oleh Khas Solo: Makanan, Minuman dan Souvenir.

Pastikan Oleh Oleh Khas Bangka: Makanan atau Minuman Telah Masuk Daftar Belanja Sebelum Pulang Ke Kota Tujuan

Daftar oleh-oleh-Jakarta ini bisa bertema tradisional hingga kekinian bisa menjadi sebuah destinasi belanja bagi seluruh wisatawan yang ingin mendapatkannya sebagai kenang-kenangan, merubah selera makan, hingga hantaran kepada keluarga tercinta. Sebelum anda ke Jakarta sudah menentukan oleh-oleh-khas-unik yang akan menjadi pilihan dan pastikan jenis belanja ini bisa menjadi pengalaman tersendiri saat berlabuh di pusat kota metropolitan ini.

© Copyright 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang
close
Jual Software Whatsapp Bulk Sender Blaster Anti Banned