Oleh Oleh Khas Solo: Makanan, Minuman dan Souvenir

shape image

Oleh Oleh Khas Solo: Makanan, Minuman dan Souvenir

Oleh-oleh-khas-Solo sudah menjadi destinasi yang melengkapi liburan di kota yang penuh dengan pesona. Banyak sekali jenis oleh-oleh-Solo yang dikenal tetapi ada pula yang akan di cari sepanjang masa. Makanan, minuman dan souvenir telah menjadi sebuah pilihan wajib untuk di bawa sebagai hantaran atau sebagai pelengkap cicip sampai kembali ke rumah. Pesona  kota Solo terkenal dengan penduduk yang sangat ramah rasanya betah berlama-lama terasa bisa menjadi sebagai rumah kedua untuk melabuhkan liburan ini menjadi lebih bermakna. Tersaji makanan yang menjelma menjadi wisata kuliner dan souvenir sebagai oleh-oleh-Solo-wajib untuk di beli sebagai hadiah untuk orang terdekat nanti. Plesirankotatua berhasil mendokumentasikan informasi yang anda cari ada pada tulisan artikel ini, dan anda bisa memilih jenis apa menjadi prioritas dan harus datang untuk di beli supaya bisa tahu ini lah oleh-oleh-khas-Solo yang di cari selama ini.

1. MAKANAN: Surabi Notosuman.

Poto oleh: travel.tribunnews.com

Makanan yang sudah sangat fenomenal dan pasti semua traveler mengetahuinya akan di buru dan harus rela antri untuk mendapatkan satu paket yang akan di bawa pulang. Di kota Solo kuliner Surabi Notosuman ini sudah tidak bisa lagi terpisahkan karena sudah menjelma sebagai hidangan yang hangat bisa anda nikmati langsung dan tidak cukup satu untuk satu kunyahan. Berbahan dasar dari tepung beras dan campuran santan kelapa ini dapat dikatakan sebagai tema jajanan kue tradisional. Yang menjadi rasanya enak adalah proses memasaknya masih sangat tradisional di cetakan yang terbuat dari tungku dan arang. Sudah hadir di Solo sejak tahun 1920 ini sampai sekarang sudah melegenda dan harus ada lengkapi sebelum pulan kembali ke kota tujuan.

Variasi rasa sudah mulai di buat demi memuaskan selera para pemburu kuliner yang sudah menanti kelezatan makanan ini. Jenis keju, meses coklat, potongan pisang, potongan nangka, hingga original bisa menjadi tema kekinian untuk zaman now. Harga yang masih sangat terjangkau ini IDR2.000 per surabi dan tidak mempunyai waktu simpan lama. Tetapi, penjual telah memberikan solusi yaitu setiap surabi akan di bungkus kemudian di vacum agar bisa bertahan lebih lama. Sudah mulai buka mulai pukul 07:00 WIB pagi setiap hari siap menanti kedatangan seluruh traveler yang singgah di kota Solo dengan alamat di Jl. Mohamad Yamin.

2. MAKANAN: Intip.

Poto oleh: magazine.job-like.com

Makanan ini tentu mungkin ada yang tidak mengenalnya. Bentuknya sangat besar dan ukuran jumbo yang terbuat dari kerak nasi. Iya dari kerak nasi yang dikeringkan kemudia di jemur menjadi kering dan digoreng di minyak panas. Setelah matang akan di siram dengan karamel gula yang tentu akan mengeras setelah di kemas di dalam plastik. Terkenal dengan jajanan tradisional-khas-Solo ini mampu menghipnotis para traveler seluruh dunia untuk mencicipi kres nyes kriuk untuk sekali gititan dan siap mengisi waktu senggang saat di perjalanan.

Rasa gurih terasa bisa anda jadikan sebagai teman waktu minum teh di sore hari. Harganya sangat terjangkau sekali sesuai dengan ukuran dan dimana anda membelinya. Dimulai dari harga IDR10.000 s/d IDR50.000 ini bisa di beli sesuai dengan ukuran intip yang akan di bawa pulang.

3. MAKANAN: Abon.

Poto oleh: id.wikipedia.org

Jenis makanan ini tentu semua daerah ada tetapi di oleh-oleh-khas-Solo juga masuk dalam daftar belanjaan untuk di bawa pulang. Tipe makanan seperti ini disenangi karena jangka waktu penyimpanan cukup lama dan pilihan juga sudah mulai banyak. Seperti di kota Solo ini ada olahan abon dari daging ayam atau daging sapi dengan variasi rasa pedas dan manis. Ras khas abon tepat dijadikan teman nasi di saat anda malas memasak sangat cocok gurih sebagai lauk makan siang atau makan malam. Jangan khawatir dengan harga yang sangat terjangkau di mulai dari IDR40.000 s/d IDR70.000 per paket tergantung dengan berat dan jenis bahan abon yang digunakan.

4. MAKANAN: Ampyang.

Poto oleh: rockingmama.id

Jenis oleh-oleh-khas-Solo lainnya tertuju ke Ampyang. Jenis oleh-oleh-Solo ini terbuat dari kacang tanah atau kacang mete bercampur dengan gula merah. Proses pembuatannya sangat mudah dan mudah diikuti dan cemilan yang disukai seluruh umur. Kacang yang digunakan ini proses pembuatannya di sangrai terlebuh dahulu dan kemudian dicampur dengan gula merah yang telah cair sedit air jahe. Kacang sudah selesai di sangrai dan air gula telah set dan kental saatnya kedua bahan ini siap dicampur. Adonan harus dicampur secara cepat agar tidak cepat mengeras. Cetak dan letakan di loyang dan bisa langsung dicetak,

Tentu setelah set dan keras ampyang terasa gurih, manis, dan sedikit pedas dari jahe. Cukup sehat dan berbeda ini cocok sebagai cemilan yang dimuai harga IDR4.000 s/d IDR50.000. Oleh-oleh-unik-Solo ini sangat ampyang menjadi pilihan terbaik untuk kudapan manis gurih.

5. MINUMAN: Serbat.

Poto oleh: serbatjangkrikmas.com

Ada minuman-tradisional-Solo yang sudah terkenal yaitu serbat. Harus anda coba karena sangat unik dan kaya dengan rempah. Keunikan minuman ini memang terdapat rempah yang jahe yang bikin hangat di tubuh. Dengan majunya teknologi dalam minuman sudah ada sachet paket minuman serbat jadi anda tinggal menyeduhnya, ada variasi lain yaitu serbat dalam bentuk tablet yang bisa di cicipi layaknya seperti permen pada umumnya. Pusat oleh-oleh-khas-Solo tersaji dalm kemasan yang panjang berisi beberapa tablet jadi saat anda ingin cicipi tidak repot untuk membukanya. Bahkan banyak orang berpendapat serbat termasuk minuman kesehatan yang menyehatkan karena dari bahan rempah dan jahe pilihan.

6. MAKANAN: Solo Pluffy.

Poto oleh: pusatinformasi.xyz

Dengan majunya jaman ternyata ada oleh-oleh-khas-Solo-kekinian yang sudah mulai dikenal karena yang menggagas ide seperti ini public figure atau artis. Nah, sekarang Solo juga menyediakan pilihan alternatif kekinian zaman now yang bisa dicicipi bahkan dipilih sebagai oleh-oleh-Solo yang lezat untuk dicicipi. Solo Pluffy ini tekstur lembut dan berbentuk bundar. Variasi rasa yang disediakan tentu disesuaikan dengan selera konsumen zaman now yaitu keju, green tea, stroberry, dan lainnya. Untuk masalah harga cukup terjangkau dimulai dari harga IDR48.000 s/d IDR58.ooo tergantung tipe dan jenis produk yang tersedia.

7. SOUVENIR: Batik Solo.

Poto oleh: bajubatiksolo.net

Maha karya anak bangsa yang sudah ada dari generasi ke generasi yaitu kain Batik. Jenis batin yang di jual di Solo tentu sangat variatif di mulai dari warna hingga motif yang di angkat satu paket kain. Tidak hanya itu saja kota penghasil kain batik terbesar di Jawa Tengah memang Solo salah satunya. Membeli kain batik lebih murah yan langsung ke sentra penjualan yaitu di Pasar Klewer, Kampung Batik Kauman, hingga ke Pusat Grosir Solo. Lokasi inilah banyak para traveler lokal dan dunia berburu pakaian batik dengan harga terjangkau dan bisa di tawar apabila anda membeli secara lusinan atau kodian.

8. SOUVENIR: Kerajinan Tangan.

Poto oleh: lelly.id

Tidak hanya batik kerajinan lainnya yang juga tersedia dan diajadikan oleh-oleh-khas-Solo adalah aneka tipe jenis kerajinan yang bisa dijadikan sebagai pilihan yaitu wayang, aneka miniatur, atau kerajinan logam. Tentu pilihan ini sangat menarik apalagi dengan harga yang sangat terjangkau sekali. Lokasi yang terbaik memang di pasar klewer, Pusat Grosir Solo, atau mampir ke alun-alun juga banyak penjual yang menggelar dagangan mereka untuk segera di pilih. dengan ukuran yang bisa di pilih. Dengan banyaknya pilihan ini tentu bisa menjadi sebuah pilihan kepada kolega atau keluarga di kota tujuan.

9. SOUVENIR: Barang Antik.

Poto oleh: indonesiakaya.com

Barang anti juga menjadi oleh-oleh-khas-Solo yang sudah terkenal sampai ke dunia internasional. Jenis barang antik yang tersedia cukup bervariasi dan memberikan cerita di setiap tipe dan jenis yang akan anda cari. Jika anda jeli dan mengerti latar belakang dari barang antik ini bisa menjadi sebuah prestasi untuk mengoleksinya. Jenis barang yang ada di mulai dari benda zaman dahulu seperti piring, proselen, cermin, sepeda, keris, lampu pajangan, dan lainnya tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Koleksi barang antik ini tentu sangat banyak dan variasinya juga tidak bisa terhitung. Lokasi pusat kota Solo ini tepatnya di Pasar Triwindu ini salah satu tujuan terbaik bagi anda yang ingin memburu barang antik. Di Jalan Diponegoro Banjarsari lah tempatnya yang tidak terlalu jauh dari Puri Mangkunegaran.

10. MAKANAN: Brem.

Poto oleh: indonesiakaya.com

Bagi anda penggemar tape yang tercipta dalam bentuk padat bisa memilih brem. Hasil proses peragian tape ini memiliki rasa manis dan asam, semua daerah Jawa Tengah bisa buat Brem tetapi di kota Solo sangat khas sekali. Pedagang yang menjajakan dagangan brem ini tersebar di kota Solo di mulai dari pasar tradisional hingga di toko pusat oleh-oleh-khas-Solo lainnya.

Baca juga:

Oleh Oleh Khas Cirebon Sepanjang Masa: Kenali, Cicipi, Beli Bawa Pulang

Oleh Oleh Khas Jakarta: Terpilih Sebagai Rekomendasi Bagi Traveler

Kenali Oleh Oleh Surabaya: Nikmati Kemudian Beli Untuk Bawa Pulang

Menurut kami ini lah rekomendasi terbaik untuk memilih jenis oleh-oleh-khas-Solo bisa jenisnya sepanjang masa hingga kekinian. Solo memang menjawab semua kebutuhan semua traveler yang ingin mendapatkan sesuaitu yang lebih baik dalam pilihan oleh-oleh-khas. Setiap traveler tentu memiliki selera dan terbaik untuk di beli bisa dimanfaatkan untuk keluarga atau sebagai hantaran buah tangan kepada sahabat atau rekan bisnis anda. Semoga bermanfaat.

© Copyright 2020 Jasa SMS Blast | Jasa Whatsapp Blast

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang