Perlengkapan Penting Alam Bebas Liar: Destinasi Travelling Adventure

shape image

Perlengkapan Penting Alam Bebas Liar: Destinasi Travelling Adventure

Banyak sekali pecinta alam yg telah tergabung pada komunitas sudah menaruh sebuah cara buat melakukan perjalanan travelling alam liar menggunakan adventure taraf tinggi. Kegiatan ini bisa dalam sebuah institusi ataupun para hobi bisa mengadopsi contoh perlengkapan penting ini buat dipersiapkan sebelum bepergian dimulai. Kegiatan yang bertema alam bebas liar ini mampu dalam bentuk sport, mendaki gunung, penelitian alam, training khusus para energi pakar khusus alam, bahkan energi profesional pun sanggup termasuk.

Poto oleh: magz.restubpr.com

Perjalanan ini tentu butuh perencanaan yg relatif matang dan harus membangun daftar kegiatan selama travelling ini. Seluruh aspek kesehatan, pembinaan, sampai biaya yang akan disiapkan tentu akan sebagai aspek krusial lainnya karena buat mewujudkan ini semua butuh effort sejumlah uang baik secara perseorangan atau secara kelompok. Dengan mengetahui lokasi yg akan menjadi rute wajib dibarengi menggunakan ketika

Sebelum waktu perjalanan dimulai setiap peserta telah dibekali pengetahuan yang cukup dari mentor profesioanal bagaimana cara hidup di alam bebas liar dengan metode survival sehingga dalam keadaan darurat atau emergency masih bisa hidup terbaik dengan bahan-bahan makanan yang darurat tersedia dari alam.

Persiapan Perlengkapan Untuk Pengepakan Barang.

Semua barang yang dipersiapkan ini tentu harus sesuai dengan kebutuhan, tujuan perjalanan, jenis kegiatan, hingga berapa waktu yang akan dihabiskan. Tentu barang ini akan dibawa harus keseluruhannya dipakai tiak kurang dan tidak lebih. Persiapan perlengkapan ini tentu harus dikelompokan menjadi perlengkapan paling dasar, perlengkapan sangat khusus, hingga perlengkapan pelengkap. Pengelompokan ini termasuk untuk kebutuhan pribadi dan kebutuhan komunitas atau kelompok.

I. PERLENGKAPAN PRIBADI.

Seluruh perlengkapan pribadi ini sudah menjadi standar yang akan dipakai hampir sama dengan perlengkapan keseharian. Untuk jenisnya sebaikya pilih yang terbaik, tidak berat, memberikan kenyamanan tingkat tinggi, cepat kering, dan tidak memerlukan tempat yang luas di tempat penyimpanan di tas ransel atau backpack.

Rinciannya ada sebagai berikut:

Sepatu: pilih bahan kuat, aman, tahan air, serta sol kuat anti selip.

Kaos kaki: cepat kering, tebal, nyaman, memberikan kekuatan saat melangkah.

Pakaian: jenis cepat menyerap keringat, nyaman, kuat, cetap kering, tidak mudah sobek, memberikan kenyamanan, mudah di cuci.

Tas backpack: kuat, tahan air, mudah disandang dan nyaman.

Perlengkapan keseharian: termasuk kebutuhan alat tidur, perlengkapan mandi.

Kelengkapan tidur: tebal dan hangat, kering, mudah dibersihkan, dilengkapi dengan pakaian yang bisa langsung menjadi sweater. Tambahkan matras serbaguna untuk bantalan alas tidur, sleeping back.

Alat mandi: bawa sabun ukuran kecil atau sachet termasuk shampo, pasta gigi, dan sikat gigi.

Logistik: siapkan sesuai dengan kebutuhan air dan makanan.

Alat penunjuk: GPS, kompas, hingga altimeter.

Sarung tangan untuk aktifitas di hutan dan kegiatan berat. Sarung tangan pribadi, syal, atau scraf saat malam menjelang juga persiapkan untuk jenis wool yang memberikan efek hangat.

Untuk jas hujan atau rain coat juga dimasukan kedalam kebutuhan keseharian  menunjang seluruh kegiatan ekspedisi. Pilih jenis yang cukup tebal, tidak berat, dan saat dilipat tidak membuat ruangan terlalu luas. Sesuaikan ketebalannya dengan pola perjalanan nanti apakah hanya di ruangan terbuka biasa tanpa adanya halangan benda yang bisa membuat jas hujan robek atau rusak.

Perlengkapan penunjang lainnya untuk mencatat seluruh kegiatan selama travelling dimulai dari organizer, handy talkie, smartphone, obat perlindungan dari hewan hutan, kelambu, hingga lotion anti nyamuk.

Perlengkapan keselamatan juga tidak luput dari perhatian seperti pisau serbaguna, tali, korek api, senter, cermin, radio, dan beberapa barang yang disesuaikan dengan alam liar seperti peluit, alat penyelamat SOS, dan lainnya.

II. PERLENGKAPAN KOMUNITAS KELOMPOK.

Setiap kelompok perlu perlengkapan yang harus diketahui oleh anggota. Perlengkapan ini disiapkan untuk kebutuhan seluruh anggota terutama dalam aspek keselamatan dan kebutuhan lingkup keseluruhan. Yang menjadi perhatian dan disiapkan adalah tenda dan infrastrukturnya, obat P3K, alamat makan dan alat masak, alat untuk memasak, memotong, hingga tali untuk mengikat. Jangan lupa kantong plastik untuk meletakan sampah dan barang buangan yang harus di kumpulkan.

Logistik yang dipersiapkan untuk seluruh anggota komunitas juga menjadi perhitungan. Jumlah makanan yang dibawa harus sesuai dengan jumlah anggota dan jumlah hari. Berlaku juga kebutuhan minumuna sachet, gula, kopi, teh, dan lainnya harus cukup. Ketersediaan air juga harus dipastikan sumber air di tempat bermukin agar tidak semua air dibawa dari bawah untuk sampai ke lokasi.

III. PERLENGKAPAN AKTIVITAS TEKNIS KOMUNITAS.

Setiap jenis adventure alam liar tentu harus memberikan efek berkreatifitas dan harus menunjang seluruh kegiatan selama travelling nanti. Apabila kegiatan banyak mendaki gunung tentu harua ada perlengkapan teknis yang dibawa oleh anggota atau komunitas begitu juga dengan aktifitas arung jeram dan panjat tebing. Teknis ini harus mampu membuat seluruh kegiatan tidak ada terlupakan dan harus disiapkan secara musyarawah seluruh anggota yang ikut.

IV. PROSES PENGEPAKAN PACKING.

Proses pengepakan dan packing harus ada teknik dan prosesnya. Anda tidak bisa memasukan baju dan barang-barang secara bersamaan. Ibaratnya penyusuanan harus berdasarkan tingkat urgenitas dan kebutuhannya. Hal yang paling utama adalah para peserta yang telah packing penyusunan barang di tas backpack tentu memudahkan dan saat disandang memberikan efek keseimbangan, tidak berat sebelah dan memudahkan.

Prinsip ini sudah menjadi sebuah standar dan akan menjadi sebuah prosedur untuk setiap anggota komunitas. Bagian paling bawah semua barang kebutuhan pribadi hingga ke bagian tengah memuat semua perlengkapan teknis dilapangan. Paling atas letakan semua barang penting yang selalu digunakan selama perjalanan agar mudah dijangkau tidak harus bongkar semua isi tas backpack. Pastikan pengelompokan ini sebaiknya dibungkus dengan tas plastik agar terlindungi dan tidak tercampur dengan perlengkapan lain. Tas pembungkus ini biasanya memilih plastic trash back yang bisa digunakan sebagai kantong plastik lagi saat berada di lokasi adventure alam misalnya tempat sampah atau tempat khusus lainnya.

Memberikan efek kenyamanan untuk membawa seluruh barang bawaan sebaiknya maksimal per anggota membawa dengan interval 15-20 kg. Karena saat pendakian atau perjalanan alam bebas liar nanti tentu meniti jalan yang sulit bahkan ada menurun, mendaki, dan berada di posisi curam yang butuh keseimbangan.

TIPS: untuk memberikan informasi yang cukup lengkap sebaiknya anda menyertakan check list barang yang dibawa untuk masing-masing jenis perlengkapan. Untuk pengecekan ulang agar tidak terlupa atau tidak terbawa. Pastikan seluruh check list ini sudah dilakukan penghitungan kembali seluruh barang yang telah disepakati pembagiannya oleh ketua tim rombongan. Untuk barang pribadi yang telah dipersiapkan juga harus sesuai dengan kebutuhan selama ekspedisi alam liar jika ada tambahan alat pribadi lainnya harus anda siapkan secara pribadi agar seluruh kenyamanan travelling sudah bisa anda ciptakan dari tips ini.

© Copyright 2020 Jasa SMS Blast | Jasa Whatsapp Blast

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang