Pulau Pasumpahan Padang Sumatera Barat - RAJANGIKLAN.COM | Jasa Iklan Adwords Situs Judi Online | Jasa Whatsapp Broadcast

Pulau Pasumpahan Padang Sumatera Barat

Fenomenalnya Pulau-Pasumpahan-Padang-Sumatera-Barat sudah menjadi sebuah pilihan terbaik wisata pada paket yang dipersiapkan sang beberapa agen. Ada ukiran pena ini Plesirankotatua menaruh informasi yang nisbi lengkap mengenai Pulau-Pasumpahan dalam: paket wisata, harga penginapan hotel, rute menuju pulau, harga tiket masuk,

Poto oleh: dikebadawi.blogspot.com
Poto oleh: sirandah-island.com

GEOGRAFI PULAU PASUMPAHAN.

Lokasi Pulau-Pasumpahan di alamat Teluk Kabung Selatan, Bungus, Kecamatan Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Masih sangat dekat dengan pusat kota Padang ini sudah tersebut sudah keindahannya yang membuat Pasumpahan-Island menjadi destinasi wisata penting. Jadi tidak diragukan lagi bahwa pulau yang selalu banyak didatangi ini terus menjadi perbincangan dan posisinya sangat strategis itu menjadi sebuah potensi untuk menyalurkan hobi anda yang suka dengan wisata bahari dilengkapi dengan berenang, diving dan snorkeling. Kondisi terumbu karang yang sangat sehat ini sudah tentu pasti menjadi rumah habitat bagi jenis ikan karang dan ikan hias bergembira hidup dan anda layak menjadi saksi untuk melihatnya.

Untuk jenis ikan yang hidup di sekitar Pulau-Pasumpahan ini sekitar 21 jenis ikan yang didominasi dengan species Chaetodon Trifascialis. Destinasi wisata ini telah menjadi wisata bahari unggulan di kota Padang Sumatera Barat dan seluruh infrastruktur pendukung telah dipersiapkan untuk menyambut wisatawan lokal dan seluruh dunia.

Keindahan ini bisa anda satukan dengan berbagai jenis kegiatan apakah secara pribadi atau backpacker, touring, atau outing dari kantor atai institusi anda. Apapun itu anda bisa memilih pulau ini sebagai pilihan karena tidak akan mengecewakan saat sudah menginjakan kaki di pasir putihnya.

Spot Pulau Pamutusan. Poto oleh: 22motomoto.com

RUTE JALAN MENUJU PULAU PASUMPAHAN.

Inilah yang banyak dicari oleh para wisatawan rute-jalan-menuju-pulau-Pasumpahan-Island sebagi petunjuk bagi anda yang ingin mendatangi segera tanpa ada keraguan. Setelah anda memasuki jalan utama Padang-Painan menuju ke Kelurahan Sungai Pisang dengan jarak tempuh +/- 35 km dari pusat kota Padang. Cara ini paling banyak dilakukan karena masih bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor. Setelah anda menemukan simpang Gardu Induk Teluk Sirih maka inilah petunjuk awal untuk menuju ke keluarahan Sungai Pisang sudah dekat dengan jarak +/- 7 km. Perlu dicermati bahwa angkutan umum tidak ada untuk sampai ke kelurahan Sungai Pisang, cara terbaik adalah anda harus menyewa kendaraan mobil pribadi atau ojek di simpang Gardu Induk Teluk Sirih.

Apabila anda membawa kendaraan pribadi sebaiknya jenis yang lebih stabil di tanjakan dan di jalan yang sedikit off-road seperti jenis Avanza, Xenia, Rush, ataupu Inova. Setelah anda sampai di dermaga penyeberangan sudah banyak para nelayan yang akan menyewakan kapalnya untuk menyediakan paket tour yang disediakan dengan rute Pulau Suwarnadwipa, Pulau Padang dan Pulau Pasumpahan. Anda bisa sesuaikan jenis pulau mana yang akan dipilih, dan sebaiknya anda melakukan negosiasi harga untuk medapatkan harga terbaik saat berada di dermaga penyeberangan ini.

Lamanya perjalanan dari dermaga penyeberangan ini sekitar +/- 25 menit.

BIAYA PAKET WISATA PULAU PASUMPAHAN.

Untuk perjalanan ini banyak sekali didatangi oleh para wisatawan bertema backpacker, mahasiswa, dan mungkin saja beberapa orang saja untuk mendapatangi pulau ini untuk tema wisata bahari bahkan sampai camping. Untuk biaya atau paket wisata ke Pulau-Pasumpahan-Island ini untuk tema lain seperti tour ataupun outing tentu ada sedikit perbedaan masalah harga.

1. Secara Backpacker.

Cara seperti ini banyak diminati oleh para pelajar atau mahasiswa pecinta alam yang ingin mendatangi pulau sebagai acara untuk orientasi ataupun internal mereka.

Rincian biaya ini pembulatan untuk satu orang peserta, perjalanan dimulai dari bundaran Mesjid Taqwa Muhammadiah Pasar Raya Padang.

Ongkos dari Pasar Raya - Bungus: IDR10.000

Ojek menuju ke Sungai Pisang: IDR25.000 - IDR30.000 {lakukan negosiasi dapat harga terbaik}.

Sewa boat PP : IDR50.000 - IDR75.000 {lakukan negosisasi ke pemilik boat kapisitas isi kapal 15-20 orang}

Untuk biaya camping per-malam di Pulau Pasumpahan: IDR15.000 {jika ada perubahan harga tidak terlalu banyak}.

Biaya masuk ke pulau seberas IDR15.000 per orang.

2. Secara Keluarga, Touring, atau Outing.

Untuk pilihan ini memang sedikit berbeda dengan secara backpacker. Tetapi bagi anda yang sudah berkeluarga, touring, dan outing ingin melakukan cara tersebut dipersilahkan. Untuk paket Tour one day trip untuk dua pulau yaitu Pulau-Pasumpahan dan Pulau-Pamutusan dimulai dari harga IDR300.000 - IDR500.000 per orang {lakukan negosiasi untuk mendapatkan harga terbaik} tergantung dari jenis paket dan fasilitas yang diberikan. Teliti sebelum deal seperti jenis kapal yang digunakan dan beberapa pilihan dalam kenyamanan juga anda dapatkan seperti salah satunya perlengkapan keselamatan, dan tiket masuk ke pulau harus anda pertanyakan apakah termasuk atau tidak. Untuk paket tour ini memang mengunjungi dua pulau ini dan masuk dalam biaya paket yang anda bayarkan tadi.

Khusus anda yang tidak mau repot menikmati perjalan ini tentu sesuai dengan selera. Jadi perjalanan ini anda hanya fokus pada liburan saja tidak memikirkan hal lainnya seperti prentilan kecil yang akan merusak waktu liburan anda. Khusus bagi anda wisatawan dari luar kota Padang dapat menunjuk tour dan travel agency yang menyediakan paket perjalanan ini dimulai dari penjemputan dari Bandara BIM Padang sampai diantarkan kembali , Sebagai dasar biaya sebelum anda deal dengan mereka dengan 4 orang, dengan biaya ini anda bisa mengetahui berapa biaya yang akan ditawarkan oleh travel agency kepada anda.

Sewa kendaraan jenis minibus jenis Avanza, Xenia atau Inova: IDR400.000 - IDR450.000 plus supir belum termasuk BBM.

Sewa kapal per orang IDR300.000 - IDR400.000 per orang.

Biaya masuk pulau: IDR15.000 per orang.

Biaya sewa penginapan di pulau per hari: IDR250.000 - IDR700.000

Biaya sewa penginapan di kota Padang: IDR350.000 - IDR500.000 {transit sebelum pulang kembali ke kota tujuan}.

Poto oleh: jelajahpulau.com

FASILITAS PULAU PASUMPAHAN.

Untuk fasilitas yang bisa anda dapatkan selama melakukan wisata disana adalah: penyewaan alat selam, snorkeling, toilet, mushola, kamar bilas, tempat nongkrong santai di semi cafe, ayunan diatas air, dan masih banyak lagi. Cocok juga bagi anda yang membawa keluarga termasuk anak-anak. Untuk fasilitas olah raga sudah dipersiapkan seperti lapangan voli beserta net nya.

SEJARAH PULAU PASUMPAHAN.

Menurut cerita dari penduduk lokal bahwa ada legenda di balik pulau ini. Dengan sangat eksotis dan tentu disenangi oleh para wisatawan menyimpan pelajaran yang bisa diambil hikmahnya. Mirip dengan legenda Malin Kundang, laksana seorang anak yang telah dikutuk oleh ibunya, bukit yang berbentuk anak yang bersujud kepada ibunya untuk meminta ambun pada saat kutukan itu terjadi. Maka nama pasumpahan itu sendiri berarti sumpah seorang ibu yang bermakna murka atau kutukan.

TIPS PENTING.

Saat anda memasuki pulau ini sebagai destinasi wisata untuk liburan kali ini ada beberapa tips penting yang menjadi perhatian dan atensi supaya perjalanan ini tetap nyaman.

1. Waktu Tepat Musim Kemarau atau Musim Panas.

Perjalanan anda tentu akan menggunakan kapal menuju ke Pulau-Pasumpahan dan pulau sekitar perlu berada di musim kemarau atau musim panas. Karena pengalaman jika pada saat musim hujan akan menjadi kesulitan karena kapal tidak bisa berlayar menuju ke tujuan. Suasana laut akan sangat tidak bersahabat dan ombak cukup tinggi akan membahayakan keselamatan. Apabila dipaksakan juga maka kapal yang anda sewa sekelas kapal nelayan tentu sangat membahayakan, kapal yang berlayar mencoba memecah dan menerjang ombak yang cukup besar akan berakibat fatal dan bodi kapal akan pecah dan mengancam keselamatan seluruh penumpang.

Saat pada musim hujan sinyal telepon seluler di pulau sudah dipastikan tidak terkoneksi sempurna bahkan tidak ada sinyal sama sekali, jadi akan menyulitkan anda untuk berkomunikasi.

2. Apabila anda memiliki nyali untuk sampai ke puncak sebaiknya daki bukit dengan tinggi 100 meter posisinya di sebelah utara pulau. Di puncak tersebut anda bisa melihat keseluruhan pemandangan diatas pulau dimana di posisi puncak terdapat berdiri bendera Merah Putih sebagai tanda anda sudah sampai di titik puncak.

3. Selama anda mengunjungi wisata bahari pulau seperti ini harus selalu menjaga kebersihan dan buang sampah pada tempat yang telah disediakan. Pulau bukan tempat sampah yang telah anda buat dan jika perlu bawa kembali sampai pribadi anda dan buang di tempat penyeberangan kapal tadi. Banyak sekali tangan jahil yang tidak bertanggung-jawab yang membuang sampah walaupun ukurannya kecil tetapi sungguh merusak pemandangan.

4. Untuk wisata pulau ini memang banyak menggunakan jasa kapal lokal penduduk karena mereka lah yang sangat paham kondisi dan geografi wisata pulau seperti ini. Untuk mendapatkan harga yang terbaik anda lakukan negosiasi yang cukup sopan agar deal harga bisa terwujud dengan baik.

5. Khusus anda backpacker anda harus menunggu jumlah penumpang kapal penuh dulu dan harus bersabar karena setelah cukup maka kapal akan segera berlayar. Jumlah penumpang satu kapal 15-20 orang cocok sekali untuk satu rombongan atau satu grup sehingga perjalanan tidak perlu menunggu penumpang lain dan sudah pasti perjalanan anda akan segera cepat berjalan.

6. Untuk aliran listrik selama di Pulau-Pasumpahan masih mengandalkan genset selama 24 jam jadi untuk kebutuhan mandi dan fasilitas pendukung lain bisa berjalan setelah genset ini beroperasi dengan baik oleh pengelola.

7. Persiapkan jumlah uang yang cukup jika anda melakukan beberapa transaksi disekitar pulau seperti nongkrong atau belanja di warung penduduk. Semua transaksi dalam uang tunai dan belum ada ATM di pulau, pastikan semua kebutuhan ini bisa anda kalkulasikan jumlah yang akan dibawa agar tidak kekurangan saat sudah berada di Pulau-Paumpahan.

8. Pulau-Pasumpahan penginapan hotel yang lebih baik dan cukup nyaman berada di sekitar Pulau Pagang tepatnya di depan pulau Sikuai kalau perjalanan sekitar 10 menit dari Pulau Pasumpahan. Bahkan mereka juga memberikan paket tambahan jika anda menginap disana yaitu trip gratis ke pulau sekitar sehingga anda wisata sekalian berlibur sudah bisa terpenuhi. Fasilitas tambahan ini termasuk transportasi boat PP, penginapan, makan 3 kali {pagi, siang, dan malam}, menikmati barbeque di pantai, trip langsung ke Pulau Pagang + Pulau Swarnadwipa, dan Pulau Pasumpahan. Khusus untuk peralatan snorkeling juga mereka persiapkan ditambah dengan anda yang ingin berfoto di dalam laut juga di arahkan oleh guidenya langsung. Wisatawan juga tercover dengan auransi dan beberapa fasilitas lain juga akan mereka siapkan sesuai dengan keinginan para wisatawan.

Note Penting!

Untuk harga yang tertera ini bisa terjadi kenaikan sesuai dengan kondisi pada saat traveling nanti. Kenaikan tentunya tidak jauh dari harga pasar yang tertera diatas, jika ada kenaikan antara 10%-15%. Jadi, intinya anda bisa melakukan negosiasi harga kepada pemilik armada baik rental mobil, hotel, atau kapal jika bepergian rombongan agar mendapatkan harga yang kompetitif saat anda berkunjung ke Pulau Pagang dan sekitarnya.

Jika anda ingin mendapatkan keseluruhan paket ke gugusan beberapa pulau disekitarnya seperti Pulau Swarnadwipa, Pulau Pamutusan, Pulau Sikuai, Pulau Sironjong Gadang, Pulau Sironjong Ketek, Pulau Gosong, Pulau Ular, Pulau Sirandah, dan Pulan Pandan lebih baik. Inilah pulau-pulau favorit yang telah menjadi kunjungan wisatawan yang menyukai alam bahari di Sumatera Barat tepatnya di pesisir pantai. Jadi perjalanan anda bisa sekalian selama traveling nanti sudah dipastikan kunjungan wisata Bahari bisa terlaksana dengan baik. Karena lokasi pulau ini relatif berdekatan satu sama lainnya. Semoga bermanfaat tulisan ini.

Want to get Attractive Offer Info?