News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Wisata Bangunan Bersejarah Di Singapura Terkenal Harus Anda Kunjungi Sekarang Juga

Bangunan bersejarah pada Singapura sudah masuk pada daftar bepergian tempat wisata krusial yang disukai sang turis semua global termasuk Indonesia. Tidak hanyak surga belanja saja namun surga tempat melihat bangunan antik

#1. MERLION PARK.

Gambar-Merlion-Park.Poto oleh: en.wikipedia.org

Tempat yang sangat fenomenal sekali dan pastinya semua turis mengetahuinya bahwa tempat ini sangat legendaris sekali dan masuk dalam bangunan bersejarah yang ada di Singapura. Terletak di kawasan Rafless Place yang berdiri tegak dengan ciri khas Mermaid berkepala Singa sebagai lokasi wisata yang buka 24 jam dan tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Bangunan ini telah mempunyai sejarah panjang di Singapura terutama landmark penting pariwisata yang sudah diketahui oleh seluruh traveler seluruh dunia yang pernah menghabiskan waktu liburan mereka di Singapore yang dibuat pada tahun 1972.

#2. CHANGI CHAPEL MUSEUM.

Poto oleh: ruebarue.com

Merupakansebuah museum untuk mengenang kehidupan masa lalu pada saat terjadinya perperangan antaran penjajah Jepang dan rakyat Singapura. Kisah ini terpamerkan di pameran foto sebagai koleksi museum termasuk ilustrasi tulisan dan gambar. Saat anda berkunjung juga tersedia audio yang menjelaskan kehidupan penduduk Singapura dulu dalam yang sempat tinggal di Penjara Changi di tahun 1942-1945. Terlihat jelas di museum ini membuat para turis mengetahui saat bahwa rasa berasa di penjara Jepang. Untuk melihat semua koleksi dan area museum setiap turis akan dikenakan biaya masuk. Untuk dewasa SGD55 dan anak-anak SGD33. Jangan khawatir, jam operasional museum buka setiap haru dimula pada pukul 10:00 hingga 17:00.

#3. BUKIT CANDU WAR MEMORIUM.

Poto oleh: okoguide.com

Bukit ini sangat bersejarah sekali bagi perjalanan sebuah negara Singapura Di zamannya bukit ini yaitu saat terjadi perperangan dengan penjajahan Jepang, dimana tokoh yang sangat vokal saat itu bernama Letnan Adnan Saidi kalah karena jumlah anggotanya tidak cukup banyak. Tetapi beliau menolak untuk mundur dan berjuang sampai akhir. Jadi, bukit ini tempat bersejarah bagi perjalanan sejarah Singapura tang terletak di 31K Pepys Road yang bisa dikunjungi oleh turis setiap hari. Jam operasional dimulai dari pukul 09:00 - 17:00 dengan biaya untuk dewasa SGD5 dan SGD1 untuk anak-anak.

#4. RAFFLESS LANDING SITE.

Poto oleh: robertharding.com

Salah satu pendiri negara Singapore bernama Rafless sebagai gubernur yang telah membawa perkembangan negara ini menjadi lebih modern. Maka dibuatlah bangunan bersejarah untuk mengenang seluruh sumbangsih pengorbanan jasanya dibutat replika Raffless, tidak hanya itu saja juga ad diorama semua sejarah pada waktu itu dengan latar belakang sungai di Singapura. Lokasinya di kompleks Raffless Place yang sangat mudah dikunjungi hanya keluar dari stasiun MRT yang bernama yang sama..

#5. OLD FORD MOTOR FACTORY.

Poto oleh: joyofmuseums.com

Bangunan bersejarah di Singapura ini sangat penting sekali bagi anda pecinta otomotif. Old Ford Factory ini merupakan tempat untuk merakit mobil Ford Motor. Awal pertama rakit mobil pertama di Asia Tenggara berada di Singapore ini yang bisa menjadi destinasi wisata anda untuk berkunjung ke bangunan bersejarah. Lokasinya di 351 Upper Bukit Timah Rd ini bisa berkunjung setiap hari dengan waktu dimulai dari Senin-Sabtu pukul 09:00 -  17:30 khusu untuk hari Minggu pukul 12:00 - 17:00. Untuk tiket masuk untuk dewasa SGD5 dan gratis untuk anak-anak.

#6. MASJED BERSEJARAH SINGAPURA.

Sebagai negara yang merupakan bagian dari Melayu ini mempunyai bangunan bersejarah yaitu Masjid yang sampai sekarang masih bisa telihat dengan baik dan bisa anda kunjungi sebagai destinasi wisata di musim anti, berikut penjelasannya:

a. Masjid Sultan.

Poto oleh: architecturerevived.com

Masjid yang dibangun sekitar tahun 1826 Masehi ini sebagai sarana yang digunakan oleh penduduk lokal saat itu untuk melakukan aktifitas keagamaan. Masih terawat sampai sekarang dan terjaga bahkan menjadi destinasi wisata halal di Singapore yang telah menjadi pilihan terbaik untuk turis muslim. Terletak di Kampong Glam ini tentu sangat dekat dengan transportasi publik dan pusat pariwisata penting di Singapore. Daya tampung jamaah bisa mencapai 5000 jamah ini tentu cukup besar di lingskung negara Singapore. Jika dilihat dari arsitektu gedung adopsi gaya Gotik Mughal dan Sarasenik, dirancang oleh Denis Santry dari Swan dan Maclaren. Pemerintah Singapore mengakui Masjid Sultan sebagai monumen nasional sekitar tahun 1975.

b. Masjid Hajjah Fatimah.

Poto oleh: flickr.com/photos/31068574@N05/8701778614

Banguna bersejarah di Singapura ini dibangun sekitar tahun 1846 yang terletak di Beach Road masih di kawasan Kampon Glam. Arsitektur gedung gabungan Eropa dan Islam. Hajjah Fatimah debagai donatur untuk pembuatan masjid ini diabadikan untuk nama masjid. Disekitar masjid terlihat pagar tinggi dan dihalaman adanya lokasi makan, tempat tinggal imam masjid, ruangan sholat, dan fasilitas lainnya untuk menunjang seluruh kegiatan keagamaan.

c. Masjid Omar Kampung.

Poto oleh: okoguide.com

Inilah masjid yang pertama kali dibangun di Singapura. Bangunan yang sangat bersejarah bagi penduduk asli Melayu ini berasa di kawasan Keng Chow Street ini dan ukurannya tidak terlalu besar. Persis ditengah kawasan Singapore River Planning Area dan Singapore's Central Business Distrik ini tentu sangat banyak dikunjungi turis karena persis berada di pusat kota. Menurut sejarah masjid ini dibangun oleh Saudagar kaya keturunan Arab berasal dari Palembang ini bernama Syed Abdullah bin Omar Aljuneid yang membangun masjid ini sekitar tahun 1820. Pada saat awal pembangunan banya menggunakan struktur dari bahan kayu dan kemudian beliau sudah mulai mengganti menjadi bata sekitar tahun 1855. Awal pembangunan memang tidak ada menara masjid dan kemudian pada tahun 1985 dibuatlah menara menjadi lengkap sarana tempat ibadah muslim disana.

#7. RAFFLESS HOTEL.

Poto oleh: luxuo.com

Saat anda berkunjung ke Singapura sudah tentu pasti ingin melihat peninggalan bangunan bersejarah yang masih ada sampai sekarang yaitu Raffless Hotel. Napak tilas untuk melihat perjalanan negara Singapore ini terlihat jelas dari arsitektur geung kembali langsung ke zaman keemasa kebangkitan negara ini. Termasuk hotel mewah di Singapura ini dingangun oleh Sarkies Brother dan juga mengelolanya selama era kolonial. Menjadi ikon penting sejarah Singapura ini tercermin dengan arsitektur gedung yang masih terawat dan bisa anda kunjungi sebagai destinasi wisata sejarah yang masih ada sampai sekarang.

#8. OLD SUPREME COURT.

Poto oleh: en.wikipedia.org

Bangunan sejarah yang masih ada sampai sekarang di Singapura adalah Old Supreme Court atau disebut juga dengan Gedung Mahkamah Agung di zamannya berfungsi sebagai gedung pengadilan, dan setelah direnovasi berganti peran menjadi National Gallery Singapore yang menampilkan hasil karya seni. Arsitektur bangunan yang sangat unik dan sekarang ini masih terawat dengan baik menjadi saksi perjalanan perkembangan negara Singapore. Lokasinya berada di 1 St Andrew's Road ini dapat dikunjungi dimulai dari Minggu-Kamis dan libur nasional mulai dari 10:00 - 19:00, khusus untuk Jumat dan Sabtu sebelum hari libur nasional jam buka dimulai dari 10:00 - 22:00

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.