Bagaiman Tips Cara Membeli Laptop Second Bekas Serta Standar Umum Pengecekan - RAJANGIKLAN.COM | Jasa Iklan Adwords Situs Judi Online | Jasa Whatsapp Broadcast

Bagaiman Tips Cara Membeli Laptop Second Bekas Serta Standar Umum Pengecekan

Kebutuhan sebuah laptop buat banyak sekali kebutuhan

Poto oleh: gadgetren.com

1. Persiapan Budget Pembelian.

Memang budget hal yang paling utama dipersiapkan sebelum anda melangkah lebih jauh. Bidikan anda terhadap sebuah nama merek laptop sudah tentu akan berhubungan dengan uang yang akan belanjakan saat terjadi transaksi kelak. Setiap merek dan spesifikasi sebuah laptop sudah tentu pasti akan berhubungan sejumlah uang. Semakin bagus merek dan spesifikasinya sudah tentu pasti dan yakinlah harga tidak akan pernah berbohong dengan kualitas.

TIPS: budget tidak berhubungan dengan laptop bekas saja, untuk laptop baru pun akan berhubungan dengan uang yang siap dibelanjakan nanti. Jadi, pastikan di posisi mana anda akan membelanjakan uang budget yang dipersiapkan ini dengan tipe serta spesifikasi yang akan di bidik.

2. Pastikan Uang Cocok Dengan Tipe Laptop.

Seperti yang kami sampaikan di poin satu diatas, anda sudah tau pasti tipe dan spesifikasi apa yang akan dibeli di laptop bekas nanti. Apakah digunakan untuk gaming, blogger, pekerjaan kantoran, hingga edit vidio untuk project di perusahaan anda. Apapun alasannya untuk menggunakan laptop ini nanti anda sudah melakukan research terhadap sebuah laptop terbaik sesuai dengan kebutuhan anda nanti.

TIPS: beli lah laptop nanti sesuai dengan kebutuhan anda karena akan menghemat uang yang seharusnya bisa anda gunakan untuk hal yang lebih produktif lagi. Seperti contoh: anda bukan seorang gamer yang tidak butuh tipe spesifikasi ini untuk pekerjaan seorang blogger. Jadi kebutuhan utama menjadi tujuan utama untuk pembelian sebuah laptop di zaman sekarang.

3. Mulai Informasi Penjual Laptop Bekas Media Online.

Dengan mudahnya mendapatkan informasi siapa saja kandidat yang anda jadikan sebagai cara untuk mendapatkan laptop impian anda. Memang dengan informasi awal ini bisa anda jadi kan sebuah komparasi antara penjual laptop yang di publish di media sosia ataupun sebuah platform start up. Semakin banyak kandidat penjual yang anda kejar semakin banyak pula peluang anda untuk mendapatkan laptop terbaik yang akan di bidik nanti.

TIPS: pilih dan pilah penjual yang prioritas agar anda bisa mendapatkan laptop yang sangat baik kondisinya. Seperti tipe dan spesifikasi yang dicari, tahun dibeli, hingga informasi lain mengenai penggunaan laptop ini oleh pemilik pertama.

4. Periksa Secara Langsung Kondisi Laptop.

Harus dilakukan pengecekan secara langsung ke lapangan untuk melihat kondisi laptop yang akan anda beli. Pastikan pengecekan ini rinci dan teliti terutama seluruh casing laptop, layar monitor, hingga keyboard. Lihat apakah ada kerusakan, keretakan, atau bekas dibongkar dari belakang keyboard. Kebersihan juga akan menentukan cara memakai laptop oleh pemilih pertama apakah telaten dan menjaga saat penggunaan. Ingat! Periksa dengan teliti biar lah lama asalkan anda bisa memberikan sebuah laptop terbaik untuk kebutuhan anda kelak.

TIPS: waktu iklan tayang di media sosial jangan terlalu percaya 100%. Lakukan pengamatan secara langsung untuk memberikan kenyakinan penuh terhadap informasi laptop yang ada di iklan pada saat visit nanti.

5. Laptop Terbebas Dari Virus.

Yang menjadi penghambat stabil performa sebuah laptop digunakan berbagai aktifitas berat. Berbagai macam nama virus yang akan mengregoti performa laptop ini terfokus untuk merusak bahkan menghancurkan data dan sistem. Pada saat anda melihat langsung kondisi laptop bisa melakukan pengecekan apakan laptop ini terbebas dari virus atau tidak. Caranya adalah anda harus memiliki sofware khsusu atau terdaftar di salah satu platform vendor penyedia jasa untuk pengecekan dan pemusnahan virus ini secara total.

TIPS: untuk mendapat bantuan platform vendor penyedia jasa untuk pencekan dan pemusbahan virus ini statusnya berbayar. Status keanggotaan bisa dipilih apakah satu kali, enam bulan, atau untuk satu tahun. Masing-masing vendor memasang tarif relatif sama perbedaanya hanya 10%-15% saja.

6. Space Penyimpanan Cukup Besar.

Laptop keluaran 5 tahun terakhir telah memiliki kapasitas simpan hard disk  sampai 250 GB. Karena menggunakan Operating System yang banyak digunakan Microsoft yang telah harus di dukung daya simpan yang besar dan spesifikasi yang tentu sudah diatas Core i3. Sebelum anda menentukan siapa saja penjual laptop bekas yang akan menjadi tujuan pengecekan sebaiknya juga dilihat tahun dan secara langsung anda bisa mengetahui usia pakai.

TIPS: pengalaman teman yang telah membeli laptop bekas sebaiknya umur pakai yang akan anda gunakan sebaiknya lebih dari satu tahun. Memang agak sulit tetapi menjadi tujuan utama. Namanya laptop bekas pasti ada beberapa komponen yang performanya menurun seperti baterai cepat habis atau kinerja browsing agak lola [loading lama].

7. Teliti Spesifikasi Laptop.

Saat anda berada di situasi visit pengecekan langsung dan data spesifikasi sudah ditangan anda maka lakukan pengeceka dengan software khusus pengecekan laptop bekas supaya mendapatkan hasil yang akurat apakah sesuai dengan iklan atau tidak. Pengecekan speknya dapat menggunakan dxdiag dan untuk hasil yang lebih komprehensif gunakan software CPU-Z agar anda lebih yakin.

TIPS: tidak seluruh informasi yang disampaikan oleh penjual selalu benar, ada missed nya. Maka untuk mengecek satu per satu spek yang dia sampaikan sebaiknya lakukan pengetesan dengan cara tersebut diatas. Jika ada cara lain yang lebih baik sangat direkomendasikan

8. Cek Fisik Rinci Casing Laptop.

Yang langsung terlihat dan saat itu juga anda pegang lakukan cek fisik dan casing laptop termasuk sela sambungan. Ada sticker yang menempel di salah satu sudut casing biasanya dibelakang apabila sudah terkelupas dan tidak menyatu lagi sudah dipastikan laptop bekas tersebut sudah pernah ada perbaikan atau ganti spare part. Biasanya pada saat garansi masih berlaku dalam kurun waktu 1-3 tahun pertama pemakaian sticker ini masih utuh jika pemilik pertama menggunakan laptop dalam kondisi normal tidak ada jatuh ataupun kecelakaan yang menyebabkan sticker ini harus tidak utuh alias diperbaiki. Apabila masih utuh dan ada tanggal waktu pembelian maka dipastikan laptop bekas ini masih dalam keadaan baik.

TIPS: standar pengecekan seperti ini berlakuk untuk seluruh merek laptop yang bagus seperti Samsung, Sony, HP, MacBook, Asus, dan lainnya. Perusahaan besar seperti ini akan memberikan tanda berupa sticker atau kode tertentu menandakan komponen di dalam laptop masih belum diperbaiki atau belum.

9. Periksa Periode Berlaku Garansi Laptop.

Produk laptop ternama sudah pasti akan memberikan kartu garansi yang bisa di gunakan untuk perbaikan jika ada kerusakan atau gangguan normal saat pemakaian. Laptop umur kurang dari satu tahun masih berlaku jika lebih dari pada itu makan kartu garansi tidak berlaku lagi. Ada juga laptop merek tertentu yang mempunyai garansi selama 2 tahun itu pun sangat jarang yang dijual oleh pemilik pertama tetapi ada. Kalau lebih dari itu ada harganya sudah pasti akan jauh lebih mahal dan ketersediaan di pasar sangat sulit harus ekstra keras mencarinya.

10. Tes Berapa Lama Kondisi Daya Baterai.

Namanya baterai sebagai daya yang digunakan untuk menghidupkan laptop saat akan digunakan. Anda bisa melakukan pengetesan dengan melakukan beberapa aktifitas seperti browsing atau bermain game selama 20 -30 menit. Jika durasi waktu yang anda pakai untuk melakukan aktifitas tersebut dan cepat drop dan habis sudah dipastikan baterai sudah keadaan aus atau soak.

TIPS: apabila hanya baterai saja yang cepat habis baterai tetapi jika kondisi lain sangat bagus dan tidak ada rusak anda bisa mempertimbangkannya. Jika anda bisa melakukan nego harga dimana ada sisa dana dari nego tersebut sudah termasuk harga sebuah baterai laptop. Untuk harga baterai setiap laptop berbeda tergantung dari merek dan spesifikasinya ya termasuk mahal. Apabila tidak bisa maka anda harus mencari penjual laptop bekas lainnya untuk dijadikan kandidat berburu.

11. Tawaran Harga Masih Standar Masuk Akal.

Jangan tergius dengan harga murah untuk jenis merek laptop bekas tertentu. Anda harus melakukan riset harga terlebih dahulu yang bisa memberikan sebuah patokan sebelum anda melihat kondisi langsung laptop idaman atau komparasi harga minimal tiga penjual. Harga yang masih standar masuk akan tidak terlalu jauh dari harga yang disebutkan oleh penjual ini karena harga yang mereka tawar kan sudah meliputi kondisi masih prima dan performa bagus.

TIPS: jika harga yang disebutkan oleh penjual sangat beda jauh dikhawatirkan laptop tersebut barang curian atau performanya sudah jauh lebih buruk. Perbedaan harga tersebut tidak terlalu jauh dari harga pasar masih dianggap wajar untuk sebuah rekomendasi.

12. Coba Tes Keyword Saat Buka Microsoft Word.

Untuk melakukan tes keybord masih enak atau tidak cobalah membuat beberapa kalimat di Microsoft Word minimal 100 kata. Anda bisa merasakan aerodimanis atau masih enaknya masing-masing tombol untuk melakukan aktifitas menulis. Sekarang ini memang ada laptop yang touch screen untuk menulis tidak masalah yang penting tombol yang tertera di layar masih berfungsi dengan baik. Apabila layarnya berubah ke posisi rotate makan seluruh tombol tetap masih bisa digunakan dengan baik.

TIPS: kalau untuk tipe laptop yang memiliki keyboard manual yang masih konvensional diwajibkan seluruh tombol masih berfungsi dengan baik. Apabila ada yang rusak berarti laptop tersebut sudah tidak baik untuk dijadikan laptop idaman karena akan mengganggu aktifitas anda di kemudian hari. Tes masing-masing tombol apakah memberikan respon positif di monitor  atau tidak.

13. Perhatikan Touchpad Berfungsi Baik.

Setiap laptop yang memiliki keyboard memiliki touchpad untuk menunjang aktifitas pekerjaan, Sebenarnya touchpad ini sama seperti mouse di PC yang memiliki tingkat sensitifitas yang cukup tinggi untuk bergerak ke ruang gerak tertentu terwakili di layar monitor. Pastikan "tanda panah" yang terlihat di layar monitor masih responsif dan tidak lelet atau tidak terlihat sama sekali.

TIPS: selalu melakukan pengecekan secara berulang touchpad ini agar anda tidak menyeseal kemudian. Responsif menjadi prioritas berarti laptop tersebut masih dalam kondisi baik untuk melakukan aktifitas kerja anda di kemudian hari.

14. Cek Sound Speaker Laptop.

Suara masih nyaring jernih dan tidak pecah. Kualitas sebuah laptop bermerek memiliki semua kriteria ini. Apabila anda telah melakukan pengetesan ternyata salah satu aspek yang disebutkan tadi rusak maka dipastikan speaker laptop tersebut bermasalah. Mungkin saja pada pemilik pertama memakai laptop ini ada terjatuh atau ada benturan sehingga posisi speaker yang kena mengakibatkan rusak tidak seperti semula.

TIPS: speaker di laptop sudah sangat vital dan sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan anda di kemudian hari. Bisa mengeluarkan suara untuk melakukan edit vidio atau hanya mendengarkan lagu saja. Speaker sudah sangat penting sebuah laptop jika tidak ada rasanya belum lengkap di sebuah barang yang sangat penting untuk masuk di dunia maya.

15. Seluruh Colokan Circuit Masih Berfungsi.

Di sudut laptop ada tersedia beberapa colokan untuk beberapa circuit penyambung ke hardware lainnya seperti perangkat eksternal lainnya. Sebagian orang menyebutnya port USB. Apabila digunakan untuk visual akan menggunakan port VGA atau HDMI untuk sebuat output nya. Kadang poin ini terabaikan karena tidak banyak berfungsi banyak. Anda sangat keliru, port ini lah yang akan menghubungkan laptop anda dengan beberapa eksternar hard ware. Apabila rusak maka laptop bekas anda nanti tidak bisa berfungsi secara maksimal.

TIPS: selalu pastikan selurut posrt USB ini berfungsi dengan baik. Biasanya satu laptop minimal ada dua buah port yang bisa digunakan untuk beberapa macam hardware yang support. Begitu juga dengan kabel cas baterai laptop juga berfungsi dengan baik dan harus original asli dari pabrik merek laptop yang anda incar.

16. CD Drive Masih Berfungsi Baik.

Laptop keluaran lima tahun belakangan ini telah dilengkapi dengan CD drive yang posisinya di pinggir keyboard. Kegunaan cd dribe ini untuk instalasi sebuah aplikasi atau sebagai storage penyimpanan sebuah hasil kerja. Pastikan kondisi cd drive ini masih baik kondisinya tidak ada rusak. Biasanya yang sangat penting adalah lensanya masih responsif untuk membaca  cd saat dimasukan ke drive nya.

TIPS: walaupun sekarang tidak banyak yang memperhatikan kondisi cd drive ini anda harus juga melakukan pengecekan status sehat nya. Karena cd drive ini multi fungsi bisa digunakan sebagai proses install program, mendengarkan musik, menonton film, hingga menyimpan data yang akan anda simpan. Jadi jangan pernah remehkan cd drive ini untuk keperluan anda di masa yang akan datang.

17. Sinyal WIFI Terkoneksi Baik.

Koneksi internet melewati WIFI di laptop harus berfungsi dengan baik. Sekarang WIFI sudah mulai menjadi sebuah koneksi wajib baik di hape atau laptop. Tanpa ada koneksi WIFI laptop anda akan mati gaya saat melakukan kerja di tempat yang nyaman seperti cafe ataupun di kampus.

TIPS: sinyal WIFI mucul di layar monitor dan bisa terkoneksi langsung saat anda menemukan nama WIFI yang akan dipilih. Sudah pasti koneksinya bagus dan ressponsif ke laptop bekas anda nanti. Jika terganggu dipastikan ada komponen yang rusak atau laptop tersebut pernah jatuh terbanting mengakibatkan circuit WIFI yang tertanam di keybord menjadi rusak.

18. Lakukan Pembayaran Di Tempat Keramaian Umum.

Setelah anda mengetahui kondisi laptop yang dicari seluruh spesifikasi dan tipe dengan standar pengecekan diatas maka saatnya anda akan melakukan pembayaran setelah harga di nego sama penjual laptop bekas.

TIPS: lakukan pembayaran dan serah terima barang di tempat keramaian umum seperti mall ataupun di bank sebagai cara terbaik. Karena terlihat dan pastikan ada petugas security untuk melihat anda dan penjual saat proses serah terima uang dan barang. Jangan melakukan transaksi di jalan raya atau di tempat sepi yang akan merugikan anda sendiri untuk antisipasi perampokan dan menghindari kriminal terhadap anda. Sebaiknya anda jangan sendirian bawalah teman atau keluarga untuk mendampingi anda agar kenyamanan tetap terjaga selama transaksi berlangsung.

19. Minta Tanda Terima atau Struk Penjualan.

Membeli sebuah barang sebaiknya dilengkapi dengan struk penjualan atau nota pembelian barang agar barang yang anda beli ini memang valid tidak barang curian. Apabila anda membelinya di toko maka anda akan mendapat struk pembelian berikut dengan stempel toko. Jika ada tulisan garansi maka tertulis berapa lama waktu yang akan diberikan. Apabila perseorangan sebaiknya anda membuat sebuah kwitansi sebaiknya disertakan materai cukup agar terlihat resminya.

TIPS: anda jangan sampai lengah untuk lupa melakukan tahap akhir ini. Karena bisa saja nanti dikemudian hari anda terkena sebuah peristiwa kehilangan barang tertuduhnya anda yang telah membeli. Untuk antisipasi ini maka struk penjualan ini lah sebagai bukti bahwa anda resmi membeli laptop bekas ini dari penjual. Anda ada bukti bisa digunakan di kemudian jika diperlukan.

Want to get Attractive Offer Info?