Mana Yang Lebih Baik Mudik Pulang Kampung Menggunakan Pesawat Udara, Kapal Laut, atau Perjalanan Darat

shape image

Mana Yang Lebih Baik Mudik Pulang Kampung Menggunakan Pesawat Udara, Kapal Laut, atau Perjalanan Darat

Dengan telah mudahnya jalur transportasi yang tersedia ketika ini anda telah mampu melakukan pilah pilih pulang kampung pergi kampung page menggunakan pesawat udara, kapal bahari, atau bepergian darat. Perjalanan darat disini kami maksud merupakan membawa kendaraan beroda empat pribadi sebagai pilihan. Untuk bus kami nir memasukan pada sebuah opsi pilihan karena telah tertuju kepada anak belia yg belum berkeluarga jadi lebih fleksibel. Khusus bagi anda yg telah punya keluarga tentu harus meneliti lebih rinci lagi semua pilihan ini, karena terdapat aspek adanya anak-anak yg akan ikut beserta anda dan poly sekali perkara yg akan dihadapi saat perjalanan berlangsung.

Poto oleh: signumsped.Com

Hal yang paling diutamakan buat ditelaah merupakan masalah biaya yang ditimbulkan demi satu acara silaturahmi yg akan terlaksana satu kali dalam setahun ini anda menjadi kepala rumah tangga wajib memberanikan diri buat merogoh keputusan terbaik buat semua anggota famili, budget porto yg dipersiapkan, serta konsekwensi yg akan dihadapi selama perjalanan ini berlangsung.

Plesirankotatua berhasil menghimpun seluruh berita yg beredar pada sebuah tulisan artikel yg relatif rinci ini buat pembaca setia yg ingin mendapat fakta buat membuatkan sharing pengalaman agar harapan anda buat pulang bersama famili tercinta sanggup terwujud menggunakan pilihan terbaik. Berikut penjelasannya.

FORMULA: Perjalanan darat yang akan ditempuh lebih berdasarkan satu hari bepergian. Mobil yg anda pakai tidak sewa atau rental alias milik sendiri.

I. Perjalanalan Darat Membawa Kendaraan Pribadi.

Pilihan yg sangat banyak dilakukan sang satu keluarga penuh menggunakan anggota famili penting contohnya ayah, bunda, anak, bahkan ada beberapa saudara yang ikut. Mungkin menjadi sopir cadangan pengganti sopir primer atau ikut dan beserta anda. Ada cerita dibalik pilihan ini yang perlu dilihat.

A. Khusus bepergian darat ini terbebas dari anak balita atau anak umurnya dibawah 10 tahun. Karena kasus kebosanan serta kerewelan mereka akan mengakibatkan bepergian sedikit mengakibatkan stress

b. Jalur tempuh perjalanan harus masuk kedalam pusat kota karena mempertimbangkan segala sesuatu yang mungkin terjadi terhadap anak-anak. Karena anak-anak cukup rentan dengan masuk angin, kesehatan tidak prima, serta mabuk perjalanan mengakibatkan anda harus istirahat di pusat kota sejenak untuk memulihkan stamina kembali baru perjalanan akan dilanjutkan.

c. Waktu perjalanan harus anda persiapkan lebih membutuhkan waktu lebih lama dari waktu normal waktu di tempuh orang dewasa. Karena pertimbangan anggota keluarga lainnya anda harus memperhatikannya agar keselamatan dan kenyamanan tercipta untuk sampai ke tujuan kesehatan tetap prima dan tidak ada yang sakit.

d. Biaya yang dipersiapkan relatif masih terjangkau karena pilihan seperti ini terbaik untuk anda membawa anggota keluarga lebih dari 4 orang. Untuk ukuran mobil minibus standar sekelas Avanza, Xenia, dan Kijang Inova jumlah penumpang ideal untuk perjalanan jauh seperti ini sangat cocok. Tidak terlalu sempit dan tidak terlalu lapang. Satandar cukup untuk sebuah perjalanan keluarga.

e. Apabila anda juga ingin membawa kendaraan saat sekarang ini anda memiliki balita atau anak-anak dibawah 10 tahun maka solusinya adalah anda harus memberangkatkan anak anda tersebut dengan ibu menggunakan transportasi yang cukup baik seperti pesawat udara. Karena untuk antisipasi permasalahan yang akan ditemukan seperti yang telah diuraikan diatas sehingga anda dan anggota keluarga lain ikut melakukan perjalanan menggunakan kendaraan.

Hal-hal lain yang akan dihadapi selama perjalanan darat untuk mudik sampai ke tujuan akhir.

MELEWATI SELAT PULAU.

Jalur transportasi pada saat sekarang ini untuk terhubung dengan pulau lain adalah harus melewati selat seperti Selat Sunda. Hal ini juga berlaku untuk selat lain yang harus ditempuh pada perjalanan darat kali ini. Pada saat mudik sudah tentu anda akan masuk dalam kapal ferry untuk sampai ke seberang. Tantangan yang akan timbul adalah banyaknya mobil pribadi lain yang tujuannya sama dengan anda harus antri, dan jika waktu hari puncak akan butuh waktu berjam-jam antri dan harus memiliki stamina seluruh anggota keluarga. Pastikan anda harus memperhatikan hal ini karena akan terjadi beberapa gesekan dengan pembawa mobil lainnya, harus antri dengan teratur, ikuti jalur yang telah ditentukan oleh petugas, serta bawa perlengkapan penting selama perjalanan ada di dalam mobil anda.

KESIMPULAN.

Membawa kendaraan mobil pribadi untuk melakukan perjalanan jauh sangat banyak diminati tetapi anda harus memiliki trik khusus untuk menghadapinya. Karena anda berangkat bersama keluarga sudah tentu pasti di  kota tujuan akan butuh kendaraan untuk melakukan perjalanan lain untuk silaturahmi ke keluarga. Pada saat mudik Lebaran ini tentu sewa kendaraan di kota tujuan akan sudah tidak ada pilihan lagi, itupun kondisinya tidak disukai. Trik kombinasilah bisa anda terapkan, untuk anggota keluarga yang umur terbaik ikut bersama anda diatas umur 10 tahun. Sudah bisa diberi pengertian serta cukup relatif mudah menenangkan mereka. Tetapi untuk anggota keluarga dibawah umur 10 tahun sebaiknya menggunakan pesawat udara untuk sampai ke kota tujuan agar tidak terjadi segala sesuatu demi kenyamanan perjalanan.

Hal penting yang sangat diperhatikan adalah waktu terbaik perjalanan untuk terhindar penumpukan kendaraan. Jadwal terbaik adalah antara H-10 sampai dengan H0-7 adalah pilihan yang sangat direkomendasikan untuk anda membawa kendaraan mobil minibus bersama anggota keluarga.

Baca juga:

Tips Persiapan Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil Pribadi

Hal Penting Dipersiapkan Sebelum Anda Melakukan Pulang Mudik Kampung Halaman

II. Perjalanan Menggunakan Kapal Laut.

Pilihan perjalanan ini sudah tentu pasti untuk seluruh rute yang dilalui oleh kapal seperti PELNI. Jalur perjalanan yang akan ditempuh sudah tentu pasti membutuhkan waktu lebih dari satu hari yang butuh fisik, kesehatan, serta kewaspadaan tinggi terhadap seluruh perhatian terhadap barang bawaan. Perjalanan darat ini banyak digunakan oleh para calon pemudik di wilayah Indonesia bagian timur menuju ke Indonesia bagian Tengah dan Barat. Jalur yang dibuka tentu di pelabuhan penting yang ada jalur bongkar muat penumpang dengan fasilitas yang mencukupi. Sebelum anda melabuhkan pilihan menggunakan kapal laut ada beberapa poin penting dibalik pilihan tersebut seperti Belawan, Tanjung Priuk, Tanjung Mas Semarang, Tanjung Perak Surabaya, Makassar, Ambon, Biak, dan sebagainya.

a. Perjalanan menggunakan kapal laut ini lebih diperuntukan untuk orang dewasa karena banyaknya peminat armada kapal laut ini terutama di dekat mudik Lebaran Idul Fitri sudah tentu pasti membludaknya penumpang pada saat mau dekat hari-h. Dari pengalaman yang ada selama ini penumpang kapal banyak sekali orang dewasa yang saling berdesakan untuk memasuki kapal terutama di klas ekonomi tentu yang membawa anak-anak sebaiknya untuk tidak ikut serta karena masalah keselamatan dan keamanan.

b. Hanya armada laut saja sebagai transportasi terbaik untuk pulang mudik untuk saat sekarang ini terutama di wilayah Indonesia bagian timur hanya kapal laut lah jalan terbaik untuk pulang kampung. Ada solusi terbaik berdasarkan pengalaman yaitu: orang dewasa terlebih dahulu masuk terutama laki-laki yang memiliki tenaga cukup kuat. Setelah anda mendapatkan tempat di kapal dan sesuai dengan kelas masing-masing makan anggota keluarga seperti anak-anak dipersilahkan masuk untuk menempati kelas yang telah sesuai dengan tiket pembelian.

c. Untuk menghindari penumpukan penumpang dan anda ingin tetap masuk bersama dengan anggota keluarga sebaiknya anda memilih keberangkatan jauh-jauh hari seperti H-10 sampai H-7. Pada waktu ini jumlah pemudik masih tidak terlalu banyak dan menumpuk dan anda bisa menjaga anggota keluarga dengan penuh.

d. Pastikan barang bawaan anda tetap dalam pengawasan penuh karena barang bawaan tersebut ikut naik bersama anda selama pelayaran. Jumlah ukuran barang yang dibawa sebaiknya disesuaikan dengan kapasitas angkut laki-laki dewasa agar memudahkan anda untuk bongkar muat saat sampai ke kota tujuan. Apabila menggunakan tenaga porter angkut barang sebaiknya pilih dari perkumpulan tenaga porter dari pelabuhan yang ditunjuk resmi karena masalah keamanan barang serta anda bisa memonitor barang yang akan mereka bawa sampai ke tujuan nanti dengan melihat nemer punggung yang tertera di baju seragam resmi yang mereka pakai.

e. Perjalanan ini sebenarnya relatif nyaman untuk membawa anak-anak umur diatas 10 tahun karena selama berlayar bisa istirahat dan menikmati perjalanan dengan santai. Pastikan seluruh logistik makanan serta minuman dan perlengkapan lainnya dibawa dan dipisahkan dari barang utama agar memudahkan anda untuk mencari dan saat memerlukan tidak repot mengeluarkannya seperti perlengkapan mandi atau pakaian bersih.

f. Tidak perlu membawa uang terlalu banyak selama perjalanan serta perhiasaan yang sangat menyolok perhatian. Seperlunya saja agar perjalanan anda tetap aman terhindar dari pencurian atau pencopetan. Untuk masalah uang tunai anda bisa membawa secukupnya selama aktifitas ekonomi selama di kapal seperti membeli makanan dan minuman lain apabila stok logistik anda sudah menipis.

KESIMPULAN.

Transportasi laut untuk wilayah Indonesia bagian timur pada saat sekarang ini masih dalam kebutuhan primer untuk pulang kampung karena harganya masih sangat terjangkau serta bisa dinaiki berbagai umur cukup nyaman dan menyenangkan. Masalah yang akan timbul adalah pada saat naik dan turun akan saling berdesakan tentu akan membuat masalah baru bagi anda yang membawa anak-anak. Hanya saja cara yang tepat untuk menjawab itu semua andalah anda harus sabar mempersilahkan penumpang lain yang ingin cepat turun dan harus memunggu sesaat setelah sepi dan melangkang dengan nyama serta tidak berdesakan. Khusus untuk penumpang yang membawa anak-anak agar memperhatikan cara seperti ini untuk melindungi mereka tetap selama sampai tujuan.

III. Perjalanan Menggunakan Kereta Api.

Transportasi andalan bagi pemudik khususnya di Pulau Jawa dan beberapa jalur lainnya seperti Lampung ke Palembang serta sekitar Medan. Untuk wilayah kota Padang hanya skala lokal saja tidak menempuh waktu terlalu lama. Untuk mudik menggunakan kereta api sebenarnya dari tahun ke tahun menjadi pilihan yang terbaik tetapi keterbatasan jumlah kursi dan gerbong yang disediakan oleh pihak KAI lah yang menjadi permasalahannya. Peminat yang sangat tinggi membuat tiket keberangkat pada hari-h sudah dipastikan akan cepat laku alias habis terjual. Karena ketepatan waktu perjalanan serta kenyamanan kereta sekarang sudah sangat jauh lebih baik dari tahun sebelumnya menjadi andalan para pemudik yang ingin pulang kampung bersilaturahmi dengan keluarga.

a. Khusus anda memiliki anggota keluarga seperti anak-anak umur dibawah 10 tahun sebaiknya memberangkatkan mereka lebih awal, untuk orang dewasa bisa anda sesuaikan apakah membawa mobil pribadi ataupun naik bis sebagai cara jitu untuk mengatasi permasalahan yang mungkin timbul seperti kerewelan dan ketidaknyamanan mereka dengan situasi di perjalanan. Keberangkatan awal ini sebaiknya dimulai pada H-15 sampai H-10 karena ketersediaan kursi masih relatif banyak dan pulang mudik bisa terlaksana dengan lancar.

a. Dengan memberangkatkan mereka terlebih dahulu sebenarnya untuk antisipasi mendapatkan tiket kereta untuk pulang kampung, karena anak-anak umur dibawah 10 tahun masih wajar mereka masih agak rewel dan tidak nyaman selama perjalanan karena penumpukan penumpang yang sangat tinggi di stasiun keberangkatan.

b. Belilah tiket yang memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik selama perjalanan seperti kelas bisnis ataupun eksekutif agar masalah ketidaknyamanan mereka bisa teratasi dengan pilihan terbaik seperti ini.

c. Khusus bagi anda yang mudik pulang kampung halaman di pulau Jawa cara penghematan yang bisa anda lakukan harus ada beberpa pilihan parsial seperti ini supaya anggota keluarga lain tidak terbebani dengan ketidaknyamanan khususnya anak-anak.

d. Untuk orang dewasa lainnya seperti anda banyak sekali pilihan lain seperti membawa kendaraan bermotor, naik bus, ataupun membawa mobil pada saat cuti lebaran dari kantor diberikan. Untuk karyawan kantoran biasanya libur tidak terlalu banyak hanya satu hari sebelum cuti bersama diberikan.

KESIMPULAN.

Pilihan transportasi kereta api sudah menjadi pilihan yang sangat terbaik untuk seluruh penumpang. Tidak hanya yang berkeluarga saja tentu untuk anak muda yang masih belum berkeluarga akan memilih kereta api sebagai cara yang sangat direkomendasikan untuk mudik pulang kampung halaman. Tidak macet dijalan, mempunyai jalur sendiri, untuk tenaga keamanan juga sudah tersedia, tidak ada lagi penumpang yang duduk di lorong, bahkan tingkat kenyamanannya sudah sangat jauh lebih baik.

Keluarga adalah hal yang paling utama untuk dipikirkan tingkat kenyamanannya saat pulang kampung nanti khususnya anak-anak. Sebaiknya pemilihan waktu keberangkat didahulukan sebagai solusi terbaik agar mereka tetap bisa pulang kampung dengan kenyamanan yang masih dapat diharapkan. Pemilihan kelas tergantung dari anggaran yang dipersiapkan apakah kelas ekonomi, bisnis, ataupun eksekutif. Pemilihan kelas ini diperuntukan agar mereka tidak rewel selama perjalanan dan tetap sehat selama trip nanti.

IV. Perjalanan Menggunakan Pesawat Udara.

Pilihan terbaik dan termahal saat melakukan mudik pulang kampung. Sangat praktis dan sangat cepat sampai ke kampung halaman. Dengan pilihan cepat dan terbaik ini tentu anda harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk seluruh anggota keluarga inti. Antisipasinya untuk ingin cepat sampai ya harus membagi beberapa cara alternatif diatas sesuai dengan keinginan. Untuk melakukan penghematan memang harus ada yang dikorbankan. Ada beberapa keluarga yang ikut naik pesawat sedangkan anda sebagai kepala rumah tangga menggunakan transportasi darat untuk membawa kendaraan untuk sampai ke kampung halaman seperti mobil minibus.

Tergantung dari kebutuhan anda waktu keberangkatan pulang mudik nanti, siapa saja yang ikut naik pesawat dan siapa saja yang ikut secara parsial dengan beberapa pilihan dari alternatif dari penjelasan diatas. Cara seperti ini memang sudah banyak dilakukan karena masalah penghematan biaya tadi. Saat liburan panjang seperti mudik lebaran ini semua tiket akan merangkak naik karena kebutuhan untuk pulang kampung sangat tinggi dan mengharuskan anda untuk memutar otak agar biaya yang dikeluarkan masih bisa dikontrol dengan baik.

PENUTUP.

Setelah anda mengetahui rencana yang akan dipilih tentu mengharuskan anda untuk menghitung plus dan minusnya sebuah perjalanan jauh seperti pulang mudik bersama keluarga di Lebaran Idul Fitri ini. Perjalanan tentu membutuhkan waktu yang sangat cukup diperjalanan, selama di kampung halaman, hingga waktu perjalanan pulang kembali ke rumah. Aktifitas seperti ini akan terus terulang dan akan butuh strategi pilihan terbaik agar semuanya bisa tetap nyaman dan keuangan anda tetap terkontrol selama perjalanan setahun sekali ini. Semoga bermanfaat, carilah alternatif kombinasi pilihan yang sesuai dengan karakter perjalanan anda yang akan diciptakan supaya silaturahmi tetap berjalan dan liburan bersama keluarga tetap terjaga kualitasnya serta keuangan tetap masih bisa terkontrol.

© Copyright 2020 Jasa SMS Blast | Jasa Whatsapp Blast

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang