Tips Bagaimana Cara Membuat Itinerary Liburan Perjalanan Traveling Ke Sumatera Barat - RAJANGIKLAN.COM | Jasa Iklan Adwords Situs Judi Online | Jasa Whatsapp Broadcast

Tips Bagaimana Cara Membuat Itinerary Liburan Perjalanan Traveling Ke Sumatera Barat

Pesona Ranah Minang Sumatera Barat sudah membius aura magis traveler semua global buat datang dan melihat estetika alam yang paling lengkap bahkan menjadi pilihan pertama buat melakukan wisata. Nagari yg anggun dilingkupi sang alam yang masih terjaga keasriannya membuat Sumatera Barat menjadi lokasi paling tepat untuk menghabiskan masa liburan apapun temanya. Seluruh jenis wisata yang terdapat di Sumbar ini seperti wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, sampai wisata kuliner mampu anda jelajahi buat beberapa ketika. Namun ingin mengunjungi holistik loka wisata ini wajib butuh waktu lebih menurut dua minggu. Rasanya pilihan waktu liburan sepanjang itu cita cita rasanya nir mungkin lantaran anda juga melakukan aktifitas keseharian bekerja tentu tidak mungkin libur cuti akan disetujui oleh pimpinan.

Poto oleh: pesonavitalis.com

Kali ini Plesirankotatua ingin menaruh sedikit sharing pengalaman bagaimana cara menciptakan planning bepergian itinerary singkat padat

1. Persiapan Budget.

Sebelum anda melakukan perjalanan tentu harus mempersiapkan sejumlah uang budget yang telah siap di rekening tabungan. Untuk jumlah memang sangat relatif tetapi cukup untuk melakukan perjalanan selama traveling. Budget ini di mulai dari biaya tiket pesawat, penginapan, transportasi, logistik, hingga jasa sewa tour guide jika diperlukan. Keseluruhan aspek ini akan mempengaruhi perjalanan anda karena tempat wisata penting di Sumatera Barat letaknya terpencar dari timur ke barat serta utara ke selatan.

2. Pilih Waktu Tepat Untuk Traveling.

Untuk waktu yang paling tepat memang di musim panas atau kemarau karena perjalanan anda akan tentu lebih menyenangkan untuk mengunjungi hampir keseluruhan tempat wisata. Waktu peak seasonnya musim kemarau sekitar bulan April hingga bulan Oktober setiap tahun. Selain dari bulan ini anda juga dipersilahkan traveling tetapi langkah anda akan terhambat dengan sedikitnya kunjungan tempat wisata seperti anda tidak bisa leluasa untuk melakukan wisata bahari, wisata mendaki gunung karena musim hujan, kunjungi danau, dan lainnya. Pilihannya lebih banyak ke wisata indoor seperti museum di Padang, Sawahlunto, Bukittinggi serta Istana Pagaruyuang dan Lobang Jepang. Waktu taveling akan menentukan jenis wisata yang akan masuk dalam itinerary anda nanti. Untuk menghemat biaya perjalanan hindari traveling di akhir pekan, libur terjepit, ataupun libur nasional karena waktu ini rata-rata harga komponen wisata anda sudah mulai merangkak naik.

Waktu libur secara serentak ini sudah pasti seluruh wisatawan yang ingin menghabiskan masa cuti mereka memilih wisata ke Sumatera Barat tentu akan melonjak drastik akibatnya perjalanan ke tempat wisata tersebut akan penuh dan menghabiskan waktu percuma. Jalan akan macet dan biaya yang telah anda persiapkan tentu terbuang begitu saja sedangkan tempat objek wisata yang dikunjungi hanya dapat beberapa jam saja. Jadi hindari pilihan seperti ini.

3. Buat Itinerary Menyeluruh, Rinci, dan Terstruktur.

Sebuah rencana perjalanan anda harus membuat itinerary secara terstruktur, lengkap, dan terinci. Inilah pedoman perjalanan anda untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Barat dimulai dari anda turun pesawat sampai anda naik pesawat kembali. Degan membuat itinerary yang baik anda bisa memprediksikan berapa jumlah uang yang akan dipersiapkan dan berapa banyak objek wisata yang akan dikunjungi. Pastikan rute yang anda pilih untuk perjalanan harus satu arah dan tidak bolak-balik karena akan mempengaruhi jumlah biaya transportasi yang akan terbentuk.

4. Kegiatan Traveling Mulai Pagi Hari.

Setiap langkah memang harus siap bangun pagi sekali dan berangkat setelah itu. Semua aktifitas yang akan anda lakukan untuk traveling waktu terbaik adalah pada pagi hari karena perjalanan akan terasa semangat, segar, dan cepat sampai ke pusat wisata. Waktu anda menuju ke pusat wisata akan bisa melihat pemandangan alam yang masih sejuk, tidak banyak kendaraan, serta bisa berhenti untuk melihat sejenak keindahannya. Misalnya anda melakukan perjalanan dari Padang ke Painan akan melihat pemandangan laut persis ditepi jalan utama serta bisa berhenti di Bukit Lampu untuk melihat pemandagan pulau sekitar yang mempesonakan mata anda. Berangkat lebih awal adalah solusi terbaik untuk meraih kesempatan menikmati tempat wisata se-efisien mungkin.

5. Sebaiknya Rombongan atau Anggota Tim.

Perjalanan memang sebaiknya dilakukan bersama-sama karena ada efek hemat dibalik kebersamaan. Tidak hanya itu saja, perjalanan anda akan terasa menyenangkan bahkan terasa berbeda ada kekompakan untuk menikmati berbagai jenis tempat wisata yang butuh teman seperti contoh wisata bahari ke pulau, mendaki gunung, ataupun eksplor alam menuju air terjun. Begitu juga untuk biaya transportasi dan biaya penginapan tentu anda akan bisa sharing biaya yang akan dibayarkan menjadikan liburan tetap terjangkau dan hemat. Seperti contoh saja penginapan hotel untuk bintang dua saja tarif per malam tarifnya IDR 400.000 anda bisa sharing cost menjadi IDR 200.000 saja. Begitu juga dengan transportasi rental mobil, jika anda berangkat sampai 5 orang dengan tarif IDR 500.000 termasuk bensin anda hanya mengeluarkan uang IDR 100.000 saja.

6. Transaksilah Kepada Pihak Ketiga Jujur Amanah.

Apabila anda membutuhkan service atau jasa dari pihak ketiga seperti tour, guide, atau rental sewa kendaraan pilih yang jujur dan terpercaya. Anda bisa mendapatkan informasi ini dari berbagai pihak seperti keluarga, teman, ataupun rekomendasi dari beberapa forum traveler yang memberikan informasi bisa anda terapkan. Seperti sewa kendaraan, sebaiknya kendaraan yang anda pilih jenis minibus terbaru serta sehat untuk dibawa beberapa medan perjalanan. Sekarang ini telah banyak perusahaan yang menyediakan service atau jasa seperti ini dalam bentuk blog, website, bahkan vlog. Lihat track record nya serta komentar dari beberapa konsumen yang telah memakai jasa mereka untuk traveling seperti anda.

7. Pahami Medan Perjalanan Serta BBM Penuh Terisi.

Jika anda mengetahui medan perjalanan untuk menuju tempat wisata yang akan dituju sebaiknya kendaraan bisa anda bawa tanpa sopir pada saat sewa rental kendaraan. Setelah kendaraan sudah ditangan anda jangan lupa BBM harus terisi penuh karena perjalanan ke pusat wisata terkadang sangat jauh dari SPBU bahkan terdekat dari objek wisata bisa mencapai 20 km. Jangan sampai kehabisan BBM akan merusak jadwal perjalanan anda, jika anda menemukan Pertamini di pelosok daerah itupun cukup untuk skala kendaraan bermotor dan harganya jauh diatas dari harga pasar Pertamina di SPBU besar. Selalu kalkulasikan perjalanan anda sehingga konsumsi bahan bakar cukup dan tepat.

8. Selalu Terkoneksi Internet Sinyal Stabil.

Smartphone akan terkoneksi dengan sinyal kuat dan stabil selama perjalanan nanti. Di Sumatera Barat sinyal yang cukup stabil dan dapat diterima dengan baik yaitu Telkomsel. Walaupun tidak 100% bisa 4G tetapi untuk koneksi telepon sudah sangat lebih dari cukup jika anda di pelosok daerah pusat wisata. Pengalaman yang banyak kami rasakan adalah berada di puncak gunung serta di kaki lembah provider ini masih bisa diterima oleh smartphone, sudah pasti bisa terkoneksi dengan media sosial populer.

9. Pilih Pilah Menu Makanan.

Kelezatan masakan Minang tentu tidak keseluruhannya cocok dengan lidah dan pencernaan anda. Pilih pilah menu yang lezat tersebut sesuai dengan kondisi tubuh seperti bagi yang tidak cocok pedas jangan pilih menu makanan yang banyak mengandung cabe ataupun merica. Ada masakan yang sejenis tetapi tidak pedas dapat anda pilih sebagai menu makan siang ataupun makan malam.

10. Belajar Bahasa Minang Percakapan Umum.

Belajar bahasa lokal penduduk sebagai jurus jitu untuk mendapatkan informasi akurat mengenai tempat wisata tambahan disekitar objek wisata utama. Penduduk lokal yang menentap tinggal di sekitar objek wisata tentu memiliki informasi penting lainnya mengenai objek wisata tambahan yang mungkin pemandangannya jauh lebih baik dari tujuan anda ini. Cengkrama dengan mereka pada saat anda singgah untuk makan di warung mereka ataupun membeli bahan logistik tertentu di toko dan lakukan komunikasi dengan sedikit Bahasa Minang. Anda tentu akan merasakan dampak manfaatnya dalam perjalanan traveling anda kali ini.

11. Tawar Harga Sewajarnya.

Saat anda masuk ke pusat pasar oleh oleh untuk membeli tawar lah harga sewajarnya. Wisata belanja sudah sangat dimaklumi apabila anda membeli dalam jumlah banyak sudah tentu pasti penjual akan memberikan diskon tambahan agar barang yang mereka punya bisa laris manis. Biasanya tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah di Pasar Ateh dan Pasar Bawah di Bukittinggi. Lokasi favorit ini akan selalu penuh dengan para wisatawan yang ingin membeli aneka jenis makanan khas serta suvenir cantik dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong. Dapat kan barang yang berkualitas dengan harga yang wajar untuk di tawar sehingga proses anda untuk mendapatkan jenis belanjaan yang dicari didapatkan dengan mudah.

12. Pakaian Sopan Untuk Berwisata.

Cerminan seorang traveling mengunjungi suatu daerah di Indonesia berpakaian yang sopan dengan budaya timur. Dengan pakaian sopan berarti anda telah menghargai diri sendiri serta Minang sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi kesopanan dalam tata krama tradisi lokal dan agama Islam. Penduduk lokal Minang akan sangat menyukai wisatawan yang berpakaian sopan dan akan menghargai anda, dengan sopannya anda tidak menutup kemungkinan di perjalanan anda membutuhkan petunjuk kepada mereka untuk menuju ke pusat wisata yang akan dituju.

13. Berpindah Hotel.

Jika anda memiliki waktu yang cukup lama melakukan eksplor tempat Wisata di Sumatera Barat sebaiknya anda berpindah hotel jika suatu daerah telah selesai semua untuk dikunjungi. Dengan berpindah hotel anda ikut mengemat biaya transportasi dan BBM karena tidak bolak-balik ke tujuan. Misalnya, anda menginap di Padang tetapi tujuan wisata anda telah memasuki ke kota Batusangka, Payakumbuh, dan Bukittinggi. Waktu tempuh ke kota Padang untuk menginap dari sekitar lokasi ini bisa mencapai 2-3 jam, sebaiknya anda memilih hotel di Bukittinggi sebagai lokasi di tengah pada daerah tersebut.

Itulah rangkuman tips bagaimana cara anda membuat sebuah itinerary liburan untuk perjalanan singkat ke Sumatera Barat sebagai destinasi wisata yang sangat disukai karena lengkap menyeluruh semuanya ada. Pastikan anda berkunjung di waktu yang sangat tepat agar biaya akomodasi yang dipersiapkan masih sangat terjangkau apalagi anda datang bersama rombongan tim agar biaya yang dikeluarkan bisa dihemat lagi. Semoga bermanfaat.

Want to get Attractive Offer Info?