Tips Persiapan Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil Pribadi

shape image

Tips Persiapan Perjalanan Jauh Menggunakan Mobil Pribadi

Menggunakan kendaraan beroda empat langsung pada bepergian jauh buat pulang kampung pada persiapan pulang kampung wajib dipersiapkan jauh hari minimal 2 minggu sebelum hari embarkasi telah siap & beres. Lebaran Idul Fitri tinggal menghitung hari telah niscaya anda membawa semua anggota famili buat bersilaturahmi memakai famili besar di kampung sudah pasti cara yg sangat hemat dalam biaya transportasi buat satu famili. Persiapan kendaraan beroda empat tertentu harus dilakukan pengecekan secara itensif

1. Pastikan Oli Mesin dan Minyak Pelumas Rem Telah Diganti.

Apabila mobil pribadi anda selalu melakukan service secara berkala sudah tentu pasti prosedur ini telah dilakukan secara akurat karena telah masuk dalam daftar pada buku petunjuk manual. Setiap jumlah kilometer yang telah ditempuh memiliki perhitungan tersendiri dan montir bengkel langsung mengetahui bahwa oli mesin sudah saatnya diganti serta minyak pelumas rem ditambah ataupun diganti sudah pasti mengikuti petunjuk baku buku. Service di ATPM tentu lebih akurat karena sistem yang dilakukan juga melihat apakah saluran tetap prima dan baik tidak ada kebocoran ataupun kelonggaran mengakibatkan cairan yang telah tergantikan tadi tidak merembes ataupun tumpah keluar saat penguncian tidak rapat.

2. Pengapian Saat Mobil Dihidupkan.

Komponen pengapian ini tertuju pada busi di masing-masing circuit yang memberikan pengapian baik saat mobil dihidupkan. Pengecekan seluruh busi yang dipakai sebelum dilakukan service sudah tentu pasti akan berbeda setelah diganti. Karena pengapian ini sangat penting karena tenaga yang dihasilkan akan prima dan kelajuan mobil tidak tersendat-sendat ataupun batuk-batuk. Pengapian sangat penting agar pembakaran sempurna tercipta tenaga mobil berlaju sebagaimana mestinya.

3. Sistem Pendingin AC.

Selama perjalanan berlangsung sudah pasti sistem pendingin AC menjadi hal yang sangat prinsip utama karena pada perjalanan jauh terutama pada siang hari harus ditopang oleh AC yang dingin tersebar keseluruh area kabin mobil. Semua sistem pendingin AC sudah dipastikan telah dilakukan penambahan freon, saringan udara yang baru, serta tidak ada kebocoran saluran yang terhubung dengan mesin. Pengecekan ini tentu harus dilakukan untuk membuat perjalanan anda nanti tetap stabil, nyaman, dan sekuruh anggota keluarga tetap enjoy menempuh perjalanan jauh.

4. Pengecekan Timing Belt.

Khusus mobil yang sudah berumur 4-5 tahun harus pastikan timing belt ini sudah diganti dengan yang baru agar proses pemutaran camshaft mobil yang tugasnya buka tutup valve atau klep yang ada pada ruang pembakaran tetap pada posisi timinnya. Jadi apabila timing belt ini sudah aus akan berakibat mobil yang akan anda bawa di perjalanan jauh akan mendadak mogok bahkan tidak bisa jalan sama sekali alias mogok total.

5. Tekanan Angin Seluruh Ban Mobil.

Ban mobil merupakan komponen penting untuk mobil berjalan yang melekat di kaki kaki kendaraan supaya melaju dengan stabil. Kondisi angin ban ini akan menentukan kenyamanan berkendara saat perjalanan jauh nanti. Untuk menjaga kestabilan angin harus dilakukan pengecekan di mesin Nitrogen untuk memastikan skala angin yang ada di dalam ban sesuai dengan rekomendasi yang dianjurkan. Tidak lupa pula, seluruh tools untuk membuka ban telah lengkap di dalam mobil termasuk kunci inggris, segitiga pengaman mobil, kunci pas, dongkrak beserta pengungkitnya. Saat terjadinya kebocoran ban di jalan nanti anda telah memiliki peralatan yang dibutuhkan nanti. PENTING! apabila ban anda sudah saatnya diganti harus dicermati jangan sampai keseluruhan ban yang terpasang sudah botak tidak ada raginya lagi yang sangat fatal jika dibawa perjalanan jauh karena mempengaruhi stabilitas mobil selama perjalanan jauh nanti.

6. Seluruh Filter Oli dan Bensin Ganti Serta Karet Wiper Kaca.

Komponen mesin yang terhubung dengan cairan harus masuk ke dalam saringan supaya cairan ini tetap bersih dan selalu berputar terbebas dari kotoran. Kedua komponen ini sebaiknya diganti setelah kilometer mobil telah memasuki 50.000 km supaya kebersihan mesin tetap terjaga. Apabila kareta wiper kaca depan dan belakang sudh tipis sebaiknya juga diganti supaya air hujan datang pada saat perjalanan bisa tersapu dengan kuat dan bersih.

7. Logistik dan Obat Keluarga

Selama perjalanan jauh anda harus mempersiapkan seluruh kebutuhan makanan dan minuman alias logistik termasuk obat penting keluarga. Kedua komponen ini harus dipersiapkan untuk perjalanan jauh menggunakan mobil tentu ada kendala diperjalanan seperti mual, masuk angin, pegal, dan kepala pusing. Persiapkan di sebuah kota P3K yang banyak dijual di toko asesoris mobil yang bisa anda beli untuk meletakan obat keluarga ini. Logistik yang paling utama adalah minuman tersedia cukup dilengkapi dengan makanan kering karena tidak selalu diperjalanan anda menemukan penjual ataupun toko mini market pada saat memasuki jalur hutan ataupun jalur sepi dari keramaian kota.

8. Uang Cukup Selama Perjalanan.

Sangat penting bahkan paling utama untuk persiapan uang cukup sebagai anggaran penting untuk biaya yang akan ditimbulkan saat melakukan perjalanan jauh nanti. Ketersediaan uang tunai di perjalanan harus mutlak karena seluruh pembelian harus menggunakan uang misalnya pembelian bahan bakar minyak untuk kendaraan anda. Kalkulasikan jumlah yang dipersiapkan selama perjalanan jauh untuk antisipasi lokasi yang jauh dari keramaian kota yang tidak tersedia ATM agar perjalanan anda kali ini tidak terhambat serta sesuai dengan jadwal yang telah dipersiapkan.

9. Kebutuhan Khusus Anak.

Saat perjalanan nanti apabila anda membawa anak-anak harus dilengkapi dengan perlengkapan lain agar mereka tidak rewel selama perjalanan. Kebutuhan standar ya pakaian ganti, makanan, minuman, perlengkapan ganti, tisu basah, minyak telon, ataupun mainan. Pengalaman seperti ini telah banyak dilakukan oleh keluarga yang memboyong anak mereka ikut serta dalam perjalanan jauh ini supaya anda tidak bingung harus mencari di pasar atau harus memutar jauh ke pusat keramaian yang tentu akan menambah biaya serta waktu tempuh sampai ke tujuan akhir.

10. Sehat Fisik Sangat Mutlak.

Anda sebagai kepala rumah tangga sudah pasti akan membawa kendaraan ini beserta anggota keluarga lain sudah pasti sehat fisik sangat mutlak. Jangan sampai sakit pada saat anda akan melakukan perjalanan jauh agar liburan bersama keluarga nanti sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Yang pasti anda harus menjaga stamina dari makanan dan minuman, jangan merokok, olah raga yang cukup, jangan begadang, harus sembuh total dari sakit sebelum berangkat. Usahakan anda harus memiliki sopir cadangan untuk menggantikan anda apabila terasa kantuk hebat. Jangan terlalu dipaksakan untuk berjalan apabila kondisi tidak memungkinkan dan harus istirahat di tempat yang telah tersedia seperti rest area ataupun di pom bensin.

Sebagai akhir tulisan ini perlu dicermati adalah kendaraan yang anda bawa nanti telah benar-benar prima dan telah dilakukan perawatan berkala. Sebaiknya pengecekan seluruh komponen mesin dan seluruh spare part penting telah ditukar dengan yang asli supaya aktifitas mesin tetap prima dan tidak ada masalah selama diperjalanan nanti. Perawatan yang paling diperharikan adalah seluruh lampu mobil semuanya nyala seperti lampu kota, lampu jauh, serta fog lamp. Untuk aki, kalkson mobil, alarm, kampas rem, break shoes, kampas kopling sudah terbebas dari aus dan karat. Jika ada beberapa sekring listrik arus mobil ada putus sebaiknya langsung diganti.

TIPS: untuk menikmati perjalanan lebih terasa enteng dilengkapi dengan sound system yang baik agar waktu terasa cepat dan anda merasa rileks selama perjalanan. Usahakan barang bawaan yang akan dibaawa sesuai dengan jumlah hari diperjalanan dan waktu liburan yang akan dihabiskan di tujuan nanti. Apabila anda harus meletakan barang diatas mobil pastikan tak dan penguncinya kuat serta barang-barang terbebas dari basah dari air hujan.

Dengan baiknya jaringan internet anda bisa menambahkan aplikasi Google Map untuk memberikan informasi yang akurat mengenai jalur transportasi yang terbebas dari macet. Jaringan 4G dan 3G sudah cukup memadai di beberapa titik penting keramai yang telah disiapkan oleh provider selular. Aplikasi ini sangat bermanfaat sekali agar anda bisa langsung mengetahui apakah rute yang akan dilalui ini terbebas dari penumpukan kendaraan.

PENTING!

1. Selama perjalanan jauh nanti anda harus membawa seluruh surat kendaraan yang masih berlaku termasuk SIM. Surat penting ini harus selalu dibawa karena peraturan yang mengharus pembawa kendaraan bermotor harus membawa seluruh surat penting yang diwajibkan.

2. Selalu mengerti rambu-rambu lalu lintas selama diperjalanan supaya anda dan keluarga terhindar dari kecelakaan.

3. Apabila rute anda banyak menghabiskan waktu di siang hari sudah tentu pasti menggunakan kaca film yangg direkomendasikan agar anda terhindar dari panas berlebihan pada saat diperjalanan nanti.

4. Seluruh titik sabuk pengalam telah anda pasang sempuran dan dipakai selama perjalanan. Sabuk pengaman sebagai cara terbaik untuk melindungi diri dan keluarga anda dari kecelakan.

5. Selalu paham dimana posisi berhenti total saat perjalanan jauh nanti. Pastikan lokasi ini memiliki fasilitas lengkap termasuk tempat mandi dan kebutuhan anda sekeluarga.

6. Ini yang sangat penting, kapasitas penumpang jangan berlebihan dan sangat penuh karena akan mempengaruhi kestabilan mobil berjalan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga. Jumlah yang cukup termasuk dengan jumlah barang yang dibawa tidak berlebihan.

Pengalaman ini dalam bentuk tulisan bisa bermanfaat bagi yang anda yang menggunakan kendaraan mobil pribadi untuk melakukan perjalanan jauh seperti liburan sekolah anak, liburan Lebaran Idul Fitri, Idul Adha, liburan akhir tahun, ataupun liburan cuti kantor. Apa pun temanya apabila anda menggunakan kendaraan sudah tentu pasti banyak aspek yang dipersiapkan agar supaya perjalanan nanti tetap nyaman dan sesuai dengan harapan anda. Selamat menempuh perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga khusus bagi anda yang mudik Lebaran Idul Fitri menuju kampung halaman pastikan waktu yang cukup untuk melakukan silaturahmi bersama keluarga dan liburan di kampung halaman dan selamat kembali sampai di rumah saat melakukan aktifitas kembali di hari berikutnya.

© Copyright 2020 Jasa SMS Blast | Jasa Whatsapp Blast

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang